Sabtu, 24 September 2011

[New post] Tentang Foto Makanan

Tentang Foto Makanan

Budi Rahardjo | 25 September 2011 pada 8:25 am | Tag: food, foto, postaday2011 | Categories: food, foto | URL: http://wp.me/p179-2ly

Kalau diperhatikan di blog ini, dan di tempat lainnya (facebook, tumblr, twitter), saya sering memotret makanan. Alasannya sederhana, makanan adalah obyek yang paling sering muncul di depan saya. he he he. Tentu saja mereka menjadi obyek yang paling sering dipotret.

Alasan kedua adalah memotret makanan lebih mudah dibandingkan memotret manusia (yang selalu bergerak dan sadar kalau mau dipotret). Yang juga mudah dipotret adalah langit (awan, skies).

Metoda saya ketika memotret makanan sederhana sekali. Lihat di kamera apakah foto yang (akan) dihasilkan menimbulkan minat untuk makan. Bikin ngiler. Jika iya, maka foto harus diambil. Kadang memang foto yang dihasilkan tidak menimbulkan selera. Nah, yang seperti ini memang tidak saya tampilkan.

Foto makanan saya sudah banyak sekali. Di facebook, saya kelompokkan setiap 100 foto ke dalam satu album. Jadi "Food 1.0" berisi 100 foto makanan. "Food 2.0" juga berisi 100 foto. Sekarang sudah ada "Food 3.0" yang sudah berisi 90-an foto. Sebentar lagi ada "Food 4.0". Artinya sudah ada (hampir) 300 foto makanan yang saya upload ke facebook. Padahal ada foto makanan lain yang tidak saya upload ke facebook (karena biasanya sudut pengambilan yang berbeda tidak saya upload ke tempat yang sama). Itu juga tidak termasuk foto yang tidak saya upload. Artinya sudah ratusan foto makanan yang saya ambil :)  Menunggu ribuan ah ...

Komentari tulisan ini



Trouble clicking? Copy and paste this URL into your browser: http://subscribe.wordpress.com

Tidak ada komentar: