Rabu, 21 September 2011

isnuansa dot com: FORNAS, Healthy And Fun

isnuansa dot com: FORNAS, Healthy And Fun


FORNAS, Healthy And Fun

Posted: 20 Sep 2011 07:07 PM PDT

Mendambakan tubuh yang sehat, buat sebagian dari kita adalah sebuah beban. Bagaimana tidak? Setiap pagi sudah harus bangun sebelum ayam berkokok, berangkat kerja menembus kemacetan dan keluar kantor sudah malam. Kapan waktunya berolahraga? Mana sempat! Pulang sudah lunglai dan tak ada waktu adalah alasan selanjutnya.

Paling banter, ya mencuci, menyetrika, mengepel dan beberapa pekerjaan domestik yang saya kerjakan yang bisa dianggap "olahraga". Sekedar jogging atau jalan kakipun jarang saya lakukan. Mungkin karena olahraga pada umumnya memang tidak menyenangkan.

Tetapi sebenarnya, banyak lho olahraga yang bisa dilakukan sambil bersenang-senang. Ambil contoh tarik tambang, layang-layang, senam dan bersepeda. Olahraga tersebut masuk ke dalam kategori olahraga rekreasi, bersama-sama dengan barongsai, pencak silat, cheerleaders, street soccer, basket 3 on 3, skateboard, inline skate, senam aerobik, dan olahraga tradisional egrang, terompah panjang, dagongan, panjat enau dan gebug bantal.


Video milik Clenoro2000.

Olahraga rekreasi, berada di bawah induk organisasi Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia [FORMI]. FORMI ini sudah ada sejak tahun 2005, tapi baru tahun ini pertama kalinya mengadakan sebuah event olahraga rekreasi tingkat nasional yang diberi nama Festival Olahraga Rekreasi Nasional [FORNAS] yang akan digelar di Parkir Timur Gelora Bung Karno Senayan Jakarta dari tanggal 6 hingga 9 Oktober 2011. Jadwal FORNAS hari pertama hingga ke tiga adalah babak penyisihan perlombaan, sedang jadwal hari ke empat adalah pertandingan final. Kabarnya, dana pembinaan yang akan didapat oleh pemenang sangat menggiurkan.

Walaupun nanti saya tidak berpartisipasi sebagai peserta dari salah satu olahraga yang dilombakan, tetapi saya tertarik untuk menonton festival ini. Akan ada pameran, bazaar, band, DJ performance, dance dan dilengkapi stand food court. Selain berolahraga, kita juga bisa terhibur nantinya.

Karena tertarik dengan event FORNAS ini, saya mencari informasi lanjutan di Facebook dan Twitternya, ternyata ada juga lomba-lomba di dua kanal social media mereka tersebut. Di Facebook Fanpage FORNAS mengadakan lomba foto tentang olahraga rekreasi. Tinggal upload fotonya ke fanpage FORNAS, bisa menangin hadiah uang, voucher pulsa, telepon genggam atau sepeda. Total hadiahnya 8 juta! *ngiler* Kalau di twitternya, setiap dua hari sekali akan ada pertanyaan seputar FORNAS dengan hadiah pulsa atau voucher belanja masing-masing IDR 100.000,- yang total hadiahnya 2 juta.

Mudah-mudahan nggak ada halangan ya, saya nanti bikin liputan event FORNAS ini. Sekarang yang jadi pikiran, di antara sekian banyak olahraga rekreasi tersebut, mana yang bisa saya kerjakan biar tubuh sehat? Tarik tambang, musti ada lawannya. Layang-layang, suka susah anginnya, dan nggak ada lapangannya. Sepeda, jelas nggak punya. Walah, bisa gagal nih usaha FORMI untuk menjadikan olahraga rekreasi sebagai gaya hidup. icon mrgreen FORNAS, Healthy And Fun

Tidak ada komentar: