Hari ini, 6 Oktober 2011, Steve Jobs meninggal dunia. Siapa Steve Jobs? Bagi yang suka dengan komputer dan gadget (nerds lah), Steve Jobs adalah tokoh yang tidak asing lagi. Dia adalah pendiri perusahaan Apple Computers. Bagi saja, Steve Jobs dan Apple memiliki kenangan khusus.

[image taken from Apple web site today]

Di sekitar awal tahun 80-an (mungkin tahun 1981?) saya berkeinginan membeli electric guitar. Kebetulan saya pergi ke Singapura. Dengan membawa uang di saku, saya pergi menuju toko alat-alat musik. Di tengah jalan, saya melihat toko komputer yang menampilkan Apple ][ di etalasenya. Maka, beloklah saya untuk melihat-lihat. Ternyata, saya tidak sekedar belok tetapi pulang dengan membawa Apple ][. Gitar tidak jadi terbeli :)  Perlu diingat juga bahwa pada masa itu sedang maraknya komputer Apple clone (gadungan). Yang saya beli adalah komputer Apple asli! Kebayang bagaimana terpikatnya saya dengan Apple.

Steve Jobs merupakan saya satu idola saya dalam hal kreatifitas dan juga cara dia memberikan presentasi. Hampir semua buku tentang Steve Jobs saya baca; biografi, video wawancara, sampai ke cara teknik presentasi Steve Jobs. Oh ya, minggu lalu saya mengajari cara presentasi di kelas dan yang saya jadikan contoh adalah ... Steve Jobs. Tentu saja.

Satu hal yang ada pada Steve Jobs tetapi jarang ditemukan di banyak orang adalah ... taste! Dia punya taste terhadap desain yang luar biasa. Sampai sekarang saya masih mengagumi NeXT computer. (Dan dulu pun saya sempat menggunakan NeXT computer yang memperkenalkan saya kepada World Wide Web.)

Selamat jalan, Steve Jobs. Semoga kreatifitas dan inspirasimu menjadi amal. Amin.