Tadi pagi kami pergi ke Jakarta dan siang pulang kembali ke Bandung dengan mengendarai mobil melalui jalan tol Cipularang. Perjalanan dari Bandung ke Jakarta relatif lancar. Justru orang Jakarta yang banyak terjebak macet. Ada saudara yang harus putar-putar cari jalan karena jl. Sudirman (Jakarta) ada car free day jadi ditutup. Lalu lintas dibuang ke sana ke mari. Macet. Kami, alhamdulillah, lancar.

Nah, pulangnya juga mulanya lancar sampai di km 120 (menuju Bandung). Tiba-tiba lalu lintas berhenti. Saya mencoba mencari tahu ada apa. Langkah pertama mencari informasi di radio (FM 89,30). Beritanya bermacam-macam sehingga kami harus menunggu. Saya coba akses twitter dengan handphone saya. Dalam waktu singkat saya dapat jawaban bahwa informasi tentang jalan tol dapat dilihat melalui CCTV di www.jasamargalive.com. Sayangnya koneksi internet di handphone ini agak lambat dan kurang handal. Saya tidak yakin saya bisa membuka tampilan CCTV.

Untungnya tidak berapa lama kemudian ada orang yang menelepon Radio ElShinta untuk memberitahukan adanya pohon tumbang dan menghalangi jalan. Penelepon ini hanya pendengar biasa, wisdom of the crowd. Tak lama kemudian saya juga mendapat informasi yang sama di twitter saya. Ini manfaat jejaring sosial.

Alhamdulillah akhirnya kami bisa melewati kemacetan. Penduduk setempat memotong ranting dan dahan pohon yang tumbang itu. Semoga amal mereka mendapat ganjaran yang lebih besar. Amin.