Hari Rabu kemarin (tanggal 12 Oktober 2011), Dennis Ritchie meninggal. Siapa dia? Dia adalah penemu (pengembang) bahasa C dan sistem operasi UNIX, bersama dengan Ken Thompson. Keduanya, C dan UNIX, merupakan dasar utama saya dalam mengimplementasikan berbagai ida / program.

Yang menarik dari Dennis Ritchie adalah tulisannya dan kode programnya sangat elegan dan simpel. Saya belajar bahasa C dari buku karangan Kernighan dan Richie, "The C Programming Language" yang kemudian dikenal dengan istilah "K&R book". Bukunya cukup tipis tetapi isinya sangat to the point. Saya sudah membaca buku ini berulang kali dan anehnya, setiap membaca ulang saya menemukan hal-hal yang baru yang mungkin dulu tidak saya perhatikan atau tidak saya mengerti. Pokoknya bukunya cocok sekali untuk saya.

UNIX, sama seperti C, juga sangat elegan dan simpel - bagi saya, tentunya he he he. Suatu saat saya melihat jeroan UNIX (karena harus mengimplementasikan sesuatu sehingga harus melihat internalnya dan ada supervisor saya yang membimbing saya untuk melihat jeroannya). Wah, kodenya elegan sekali.

Sistem internet sekarang masih banyak menggunakan program yang ditulis dalam bahasa C - atau turunannya. Demikian pula banyak server internet yang menggunakan UNIX atau turunannya (seperti *BSD, Linux). Itu adalah karya dari Pak Ritchie.

Selamat jalan Dennis Ritchie. May you rest in peace.

Berita terkait: Dennis Ritchie, Trailblazer in Digital Era, Dies at 70