Minggu, 27 November 2011

Pesta Keboen, Semarang Tempo Dulu Oleh Sauskecap.com

Pesta Keboen, Semarang Tempo Dulu Oleh Sauskecap.com


Pesta Keboen, Semarang Tempo Dulu

Posted: 27 Nov 2011 05:32 AM PST

Beberapa hari yang lalu saya diberi kesempatan untuk mengunjungi ibu kota provinsi Jawa Tengah, Semarang, selama 3 hari. Kesempatan tersebut tidak saya sia-siakan untuk berburu makanan enak di kota ini. Saya tidak sendirian, kebetulan saya ditemani oleh pemandu kuliner yang lebih mengenal jalanan kota Semarang, yaitu adik saya sendiri. Bermodalkan sandal jepit pinjaman, jaket, dan motor butut, kami pergi berkeliling kota Semarang untuk berburu makan malam.

Pesta Keboen

Jamu Beras KencurSetelah ditunjukkan langsung beberapa restoran di seputar Semarang, pilihan saya jatuh di sebuah restoran yang terletak di Jl. Veteran, Pesta Keboen. Saya tertarik karena eksterior bangunannya mengusung tema tempo dulu, bentuknya mirip rumah-rumah besar peninggalan Belanda. Setelah masuk ke dalam restoran, desain interiornya serasi dengan eksterior restorannya. Hiasan-hiasan dan barang jadul ditata di dalam restoran untuk menambah suasana tempo dulu. Bahkan, buku menu dan camilan juga disajikan dengan gaya tempo dulu.

Restoran ini memiliki dua bagian, bagian dalam ruangan tanpa asap rokok lengkap dengan panggung hiburan dan live music, dan bagian luar untuk pengunjung yang merokok atau ingin sekedar menikmati suasana kebun di restoran ini. Menu-menu yang disajikan di Pesta Keboen adalah perpaduan menu Indonesia (terutama Jawa) dan Western. Saya memesan nasi ayam asap dan es pesta kebun (jus sirsak dengan isi potongan buah-buahan), sementara adik saya memesan nasi buntut goreng dan es kopyor. Untuk camilannya kami sepakat dengan kue lekker. Sementara menunggu pesanan datang, setiap pengunjung mendapatkan sekaleng kecil keripik singkong dan jamu beras kencur.

Nasi Ayam Asap

Pesanan kami pun datang. Hidangan disajikan dengan menarik. Piring tanah liat, alas daun, dan nasi yang disajikan ala nasi tumpeng memperkental suasana tempo dulu. Nasi ayam asap disajikan bersama kering kentang. Rasa manis khas Jawa dan rasa sepet dari ayam asap berpadu manis di lidah. Sambal pedasnya membuat lidah kita semakin bergoyang. Nasi buntut gorengnya pun tidak kalah menarik. Nasi buntut disiram bumbu kental manis (bukan susu kental manis ya) menambah keotentikan rasa khas Jawa. Kue lekkernya mengingatkan masa kecil saya, saya sering membeli kue lekker isi pisang cokelat di depan sekolah saat masih SD. Kerenyahan kue lekker berpadu pas dengan pisang, cokelat, dan keju sebagai isiannya.

Nasi Buntut Goreng

Dari beberapa makanan dan minuman yang saya coba di Pesta Keboen tidak ada yang mengecewakan. Apalagi tempat ini sangat nyaman untuk makan malam, berkumpul bersama, pertemuan resmi, atau sekedar menikmati suasananya. Suasana tempo dulu yang diangkat oleh restoran ini berpadu cantik, mulai dari eksterior bangunan, interior, dan sejarah kota Semarang dapat anda pelajari melalui menu di Pesta Keboen. Dan yang cukup membuat saya kaget, harga makanan di restoran ini tergolong murah untuk restoran sekelas Pesta Keboen (meskipun menu di restoran ini tidak menampilkan harga).


Peta Lokasi Pesta Keboen

PESTA KEBOEN

Lokasi: Jl. Veteran 29, Semarang

No Telp: 024 310620

Harga: nasi buntut goreng (Rp 26.000), nasi ayam asap (Rp 21.000), es pesta kebun (Rp 19.500), es kopyor (Rp 23.500), lekker (Rp 12.000)

Tidak ada komentar: