Senin, 28 November 2011

isnuansa dot com: Curcol Boleh Ya?

isnuansa dot com: Curcol Boleh Ya?


Curcol Boleh Ya?

Posted: 28 Nov 2011 08:16 AM PST

Saya mau sekedar berbagi pengalaman saja seputar kegiatan ngeblog belakangan ini. Kalau yang sudah sering wara-wiri ke blog saya, pastinya tahu dengan kategori advertorial di isnuansa.com. Ya, saya memang semakin laris saja menerima tulisan berbayar di blog ini. Awalnya karena blog saya nggak rame dengan keyword-keyword maut, sehingga nggak ada brand yang mau pasang iklan banner di sini saya nggak mau memasang iklan banner. Kalaupun pernah mencoba pasang banner pay per click, ujung-ujungnya dari sepuluh ribu pembaca, cuma satu yang ngeklik banner. Akhirnya sampai saat ini hanya menerima iklan dalam bentuk tulisan.

Sekaligus juga mau minta maaf nih, kalau semakin banyak saja tulisan jenis advertorialnya sampai sampai ada yang kangen dengan tulisan saya yang normal. Tapi saya akan mulai konsisten kok, memasukkan kategori advertorial saat saya menerima bayaran atas tulisan saya tersebut. Kalau masuk ke dalam kategori lain, ya berarti saya tidak dibayar meski ada nama brand disebut di dalamnya.

Soal banyaknya tulisan berbayar itu, ada dua sebab utama. Satu, saya sibuk di dunia nyata alasan klasik ya sehingga nggak sempat mengimbangi dengan tulisan curcol saya yang nggak penting itu. Kedua, saya masih belum mampu menghindar dari rayuan agensi permintaan menulis [advertorial]. Jadi, ya gituuu dehh…

Kalau ada yang tanya, kok bisa dapat banyak tawaran nulis padahal blognya biasa biasa aja? Saya sendiri juga nggak tahu secara pastinya apa alasannya. Orang agensilah yang lebih tepat buat menjawab. Mungkin memang tema blognya cocok dengan target pembacanya. Mungkin juga dengan sikap profesional yang saya tunjukin; tepat waktu dalam mengerjakan dan membuat laporan analytics. Atau justru karena tampilan blognya yang sederhana dan rapi [inget kan, soal penampilan saat wawancara kerja?]. Kadang juga karena dapat rekomendasi dari teman blogger yang lain. Atau karena kualitas tulisan. Banyak faktor yang pasti.

Blog yang reguler update dengan tulisan-tulisan terbarunya, pasti juga disukai karena "lebih hidup" daripada yang cuma nulis sekali dua kali dalam sebulan. Makanya, diantara kegiatan saya di dunia nyata, saya mencoba tetap menulis meskipun kualitasnya terus menurun. Ada janji di dalam hati, bakalan kembali serius nulis jika kesibukan sudah mereda.

Gimana dengan blog teman-teman? Seberapa sering menulis dibayar?

Tidak ada komentar: