Kemarin saya memberikan ujian, tepatnya ujian tengah semester, ketika mahasiswa sedang tidak siap. Bagi saya ini merupakan sebuah shock therapy bagi mereka. Supaya selalu siap diuji kapan saja.

Membuat soalnya tidak terlalu mudah karena saya harus memikirkan makna dari soal itu. Misalnya, satu soal membahas pemahaman mereka tentang sebuah konsep. Jadi soalnya sangat mudah bagi yang mengerti (malah mungkin menakutkan bagi mahasiswa kok terlalu mudah ya?) tetapi akan susah bagi yang tidak mengerti. Soal-soal seperti ini tidak bisa dipecahkan dengan hanya menghafal saja. Ini soal pemahaman.

Ada hal lain yang juga saya ujikan, yaitu hal-hal yang saya jelaskan di kelas. Jika mereka memperhatikan dan memahami apa yang dijelaskan maka sebetulnya mereka tidak perlu belajar lagi. Ya itu tadi, karena soalnya menjadi sangat mudah. Tetapi kalau mereka tidak mengerti, ya biarpun ujian dilakukan lain kesempatan tetap saja hasilnya akan buruk. Jadi selalu perhatian di kelas. Kalau tidak mengerti, tanya!