Beberapa kali saya diminta mahasiswa untuk menjadi pembimbing kegiatan lomba mereka. Sering juga saya diminta untuk menjadi juri di berbagai kegiatan yang  terkait dengan bidang teknologi informasi. Kesemuanya ini bermuara pada satu hal, yaitu tulisan. Untuk yang terkait dengan lomba, tulisan berbentuk proposal.

Nah, satu hal yang sering terlihat kecil tetapi penting adalah penyajian atau tampilan dari proposal. Seringkali proposal yang saya temui memiliki tampilan yang tidak menarik. Sering saya katakan bahwa proposal ini tidak jauh berbeda dengan laporan praktikum. Hambar. Kering. Hanya berisi data yang tidak menarik. Para pembuat proposal ini tidak sadar bahwa yang membaca juga manusia, yang memiliki mood. Kalau tulisan tidak menarik, bagaimana bisa buat mood bagus dan akkhirnya memberi nilai yang bagus?

Sayang saya tidak punya contoh (gambar, screenshot, tampilan) tentang proposal yang tampilannya buruk. Lain kali saya potret ah.