Seringkali kita saya mengalami kesulitan menjelaskan konsep kepada seseorang. Kadang memang konsepnya agak "berat" sehingga membutuhkan waktu dan kesabaran, tetapi kadang konsepnya mudah (menurut saya, tentunya) tetapi kok susah dimengerti ya. Yang paling susah adalah jika kita juga diberi batasan waktu, misalnya pada presentasi thesis / disertasi ada batas waktu untuk menjelaskan konsep. Pokoknya berabe deh.

Tadi saya mengajar kuliah pengantar teknologi informasi untuk mahasiswa Farmasi kelas internasional. Saya menjelaskan tentang perbedaan antara painting program dan drawing program. Tentu saja sebelumnya saya menjelaskan mengenai bitmapped dan vector graphics. Pada awalnya mahasiswa pusing. Untungnya mereka terus bertanya, sampai akhirnya sang mahasiswa mengalami "aha moment". Aha ... saya mengerti sekarang. Nah, bagi yang mengajar itu momen yang menyenankan juga.

Memang menjelaskan konsep itu membutuhkan kesabaran ...