Senin, 10 Oktober 2011

INIJIE.com update - Kopitiam Oey, dari Pak Bondan untuk Surabaya

INIJIE.com update - Kopitiam Oey, dari Pak Bondan untuk Surabaya

Link to INIJIE.com - Food and Travel Blog

Kopitiam Oey, dari Pak Bondan untuk Surabaya

Posted: 10 Oct 2011 02:41 AM PDT

I don't like Kopitiam, I'm obsessed with it – itu yg gw tulis di Facebook. Makanya pas tau Big Boss kuliner Pak Bondan Winarno gunting pita buat Kopitiam Oey Surabaya, langsung gw tancap gas ke TKP.

Napa gw demen Kopitiam? Karena udah bosen ama cafe-cafe jaim yg ada di mall. Kalo di Kopitiam, suasananya juga lebih down to earth en lebih asiatic + exotic.

Kopitiam Oey namanya meroket secaraaaa ada sosok Pak Bondan Winarno di belakang mereknya. Konon, nama beliau kalo dipelintir ya jadi 'Bondan Oeynarno'. Masukkkkk!

Kopitiam Oey Surabaya - Bondan Winarno

Kalo Initialers melaju di daerah Embong Malang, harap nempel kanan jalan lalu kendorkan laju kendaraan toean dan njonja mendekati Rawon Setan. Nah, kedai Kopitiam Oey ini persis seberangnya JW Mariott. Ada neonbox bentuk oktagon yg khas didepannya.

Sepucuk poster dgn wajah Pak Bondan berseri-seri terpampang di area teras. Belum puas? Dua singa nyengir juga stand by di pagar  Bagian interior mirip2 sama Kopitiam Oey Sabang yg ada di Jakarta. Kesan oldies otomatis terasa pas udah duduk dimeja. Poster-poster iklan jadul nempel di sisi kanan kiri kedai.

Kopitiam Oey Surabaya - Embong Malang

Datang dgn empat lambung kosong, gw & man-teman pesen beberapa gelintir menu sekaligus dgn serakah. Yg pertama, belum sah dong kl nongkrong Kopitiam tanpa toast. Roti Kaya Saja mampir ke meja dgn humble.

Kopitiam Oey Surabaya - Roti Kaya Saja

Dua helai roti di panggang hingga kecoklatan dan agak crisp di permukaan luarnya namun masih soft bagian dalamnya. Selai Kaya-nya cukup legit, gak terlalu manis. Padanan yg pas dikeroyok bareng segelas Kopi Soesoe Indotjina yang medok karena perkawinan kopi hitam yg bold dan susu kental.

Kopitiam Oey Surabaya - Kopi Susu Vietnam

Dengan roti dan kopi yang maknyuss (pinjem istilahnya Pak Bondan), 100% sah sudah predikat Kopitiam buat kedai ini pemirsa.. Problemnya, seporsi Roti Kaya yg di slice 4 itu belum cukup mendamaikan perut ganas ku. Berturut-turut kita samber lagi Nasi Item, Nasi Briyani ama Selat Solo.

Kopitiam Oey Surabaya - Nasi Item - Sego Ireng

Nasi Item ini konon signature dish dan kreasi dari kelihayan Pak Bondan sendiri lho Intinya sih, ini nasi dengan bumbu keluwek dibungkus mungil dgn daun pisang. Lho, kayak rawon dong? Hm, Rawon versi kering kali ya.. *duh Pak Bondan, pardon for my poor knowledge*

Kopitiam Oey Surabaya - Nasi Briyani

Nasi Briyani ala Kopitiam Oey kata temen gw 'Habib' Carlos butuh disihir dikit biar tastenya klop ama lidah Surabaya yg doyan rasa yg lebih tajem.

Reach the last dish, Selat Solo. Ane zuzur, sering liat di tipi2 tapi baru kali ini jajal yg namanya Selat Solo yang mana daripada merupakan bistik (beef steak) khas jawa, east meet west. Dagingnya empuk dan manis, mungkin karena sudah dimasak konsisten dalam kuahnya.

Kopitiam Oey Surabaya - Selat Solo

Beda dgn steak ala western yg kental, kuah Selat Solo ini lebih runny. Selintas mirip kuah semur. Tambahan kentang rebus, keripik kentang dan buncis membuatnya sekilas identik dgn saudaranya jauhnya yg dari barat sana.

Overall, Kopitiam Oey punya advantage dr sisi lokasi yg pas ditengah kota ples ciri khas kedai yg tempo doeloe. Untuk menu, Roti Kaya dan Kopi udah default buat umat Kopitiam spt gw. Maincourse, -imho- butuh tweak buat Wong Suroboyo sing doyane porsi uakeh & rasa yg mengigit.. *awww*

Location

Kopitiam Oey Surabaya
Jl. Embong Malang 78K
Telp. 031- 5354123

Operational Hour

Monday – Thursday :  09.00 – 23.00
Friday : 09.00 – 24.00
Saturday :  08.00 – 24.00
Sunday :  08.00 – 23.00

Price

Kopi Soesoe Indotjina – IDR 6,444
Roti Kaya Saja – IDR 14,888
Sego Ireng / Nasi Item – IDR 14,888
Nasi Briyani – IDR 34,888
Selat Solo – IDR 24,888

Special thx : Katz, Carlos & Chris. My partners in culinary crime..

Related Posts :


Find my delicious writings on INIJIE.com

Tidak ada komentar: