Minggu, 25 Maret 2012

Jimmy Sun

Jimmy Sun

Link to Jimmy Sun

Akibat Sombong

Posted: 24 Mar 2012 05:27 PM PDT

Minggu lalu saya ikut training tentang sebuah produk yang sudah pernah saya ikuti sebelumnya, yaitu di tahun 2005, 7 tahun yang lalu! :tongue3: Training selama 3 hari, jam 6 sore sampai jam 8 malam tiap harinya. Di hari terakhir ada test untuk menentukan apakah saya sudah menguasai produk itu atau belum.

Saya, yang memang secara garis besar masih ingat tentang produk itu, menganggap remeh training tersebut. Saya pikir saya masih ingat semua. Karena itu, pada saat training saya kebanyakan tidak terlalu memperhatikan si trainer, bahkan saya selalu tertidur di kelas! :embarassed: Padahal di hari ke-2 saya duduk di paling depan. Saya jadi tidak enak hati dengan si trainer, pasti deh dia lihat saya tidur :mrgreen: Tapi ya gimana lagi? Ngantuk!! hahaha..

Nah, pada hari terakhir, setelah training sesi terakhir selesai, dikeluarkanlah kertas test. Saya masih menganggap saya pasti sanggup dengan mudah mengerjakan test multiple choice tersebut, paling lama juga 10 menit saya sudah selesai.

Tapi yang terjadi sungguh di luar dugaan :( Saya kesulitan menjawab pertanyaan-pertanyaan test itu! Untung boleh “open book”. Jadi saya bolak balik buku panduan mencari jawaban. Selang 5 menit, peserta di depan saya mengumpulkan kertas test dan keluar. Saya pikir cepat sekali dia selesai. Lalu sebelah saya juga selesai dan keluar! Satu per satu mereka keluar, sedangkan saya masih berkutat mencari jawaban :cry:

Saya panik, dan akhirnya di ruangan tinggal tersisa 2 orang: saya dan seorang bapak yang duduk di paling depan. Saya masih berpikir, “Ah.. ada teman, saya pasti bisa lebih dulu dari dia. Tidak mungkin saya jadi yang terakhir!” Sepanjang hidup saya, memang saya tidak pernah jadi yang terakhir untuk urusan test-test seperti ini..

Dan Anda bisa tebak kan? Ya, si bapak yang duduk di depan selesai duluan.. dan saya jadi yang terakhir! Di situ saya merasa sangat malu, harga diri saya hancur :brheart: Tentu, saya menyesal karena saya telah sombong, dan tidak mau memperhatikan training. Kalau saja saya serius ikut training, saya pasti bisa mengerjakan test dengan mudah. Ternyata memang sudah banyak update tentang produk tersebut dari 7 tahun yang lalu, saya saja yang terlalu sombong sehingga tidak menyadari hal itu.

So, sekarang saya sadar bahwa saya tidak boleh sombong dengan kemampuan saya. Masih banyak yang di atas saya, dan saya harus terus meningkatkan skill, terus belajar, terus cari ilmu. Anda pun demikian, setuju?

Akibat Sombong


Tidak ada komentar: