Senin, 05 Maret 2012

isnuansa dot com: Mengapa Orang Mau Menjadi Guest Blogger?

isnuansa dot com: Mengapa Orang Mau Menjadi Guest Blogger?


Mengapa Orang Mau Menjadi Guest Blogger?

Posted: 05 Mar 2012 05:52 AM PST

Pernah [atau, berkali-kali] ditolak ketika mengajak tukar link dengan rekan blogger yang lain? Anda nggak sendirian. Karena selain sudah nggak musim icon mrgreen Mengapa Orang Mau Menjadi Guest Blogger? , tukar link bisa dianggap sebagai sebuah kegiatan yang tidak saling menguntungkan. Secara hitung-hitungan kasarnya, sebuah blog yang ber-Page Rank 4 pasti males kalau sidebarnya dipenuhi oleh link-link ber-Page Rank 0.

Nah gambaran di atas akan saya pakai untuk menjawab mention pertanyaan dari seorang teman, “Saya lihat blog Mbak Nunik isinya Guest Post melulu. Gimana sih caranya menarik orang lain supaya mau menulis di blog kita?”

Jawabannya adalah, Guest Post merupakan sebuah kegiatan yang lebih saling menguntungkan jika dibandingkan dengan bertukar link. Tentu saja ada persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu oleh sebuah blog, sebelum dia siap membuka Guest Post di blognya. Jika syarat tersebut belum dipenuhi, ya orang akan malas menulis untuk blog tersebut.

Pada umumnya, sebuah blog sudah layak menerima tulisan dari orang lain jika blognya telah memiliki Page Rank, Alexa, dan trafik kunjungan [pembaca loyal] yang cukup. Hal tersebut penting karena, seorang Guest Blogger akan “dibarter” waktu dan usahanya untuk menulis dengan backlink berkualitas dan kunjungan dari pembaca blog yang menerima Guest Post tersebut.

Dan tidak hanya hitung-hitungan yang bersifat material seperti di atas, proses Guest Blogging juga melibatkan persahabatan. Bisa jadi, tanpa embel-embel Page Rank, backlink, dan trafik, seorang teman akan tetap mau menulis untuk blog kita. Beberapa orang bahkan tak hanya sekali saja menulis untuk saya, Bli Wira, Mas Imron, Satrya, Mas Darin, sudah menulis masing-masing dua judul di blog saya.

Mas Imron Rosyidi memberitahu saya via email, bahwa beliau mau menulis di blog saya salah satunya untuk mengasah kemampuan menulis. Karena blognya bukan tentang blogging, dan di Isnuansa.Com menulis tentang blogging, orang akan mengetahui kapasitas kemampuan menulisnya luas. Guest Blogging juga meluaskan networkingnya. Dan katanya, menulis Guest Post di Isnuansa itu mudah! Beliau pernah menulis untuk blog lain dan ditolak. Di Isnuansa.Com seingat saya, hanya pernah meminta penulis untuk merevisi beberapa tulisannya yang salah ketik [typo] saja.

Bahkan, Mas Darin membuatkan saya artikel khusus [lagi] yang akan tampil tiga hari ke depan dengan judul “Keuntungan Guest Blogging dan Tips Mengundang Blogger Tamu di Blog Anda“. Nantikan, ya!

Atau, teman-teman mau berbagi, sudah pernah menulis Guest Post di blog orang lain? Kenapa mau menulis di sana?

Tidak ada komentar: