Kamis, 01 Maret 2012

isnuansa dot com: 7 Cara Memanjakan Mata Pengunjung Blog

isnuansa dot com: 7 Cara Memanjakan Mata Pengunjung Blog


7 Cara Memanjakan Mata Pengunjung Blog

Posted: 29 Feb 2012 08:26 PM PST

Setiap kali membaca sebuah blog entah apapun isinya, kecenderungan manusia adalah mengamati bagaimana bentuk tulisan yang ada di blog tersebut, meskipun saya sendiri kesulitan untuk mengemas bagaimana sebuah blog menjadi menarik dan menawan tetapi tulisan – tulisan yang memberi value, memberi knowledge tanpa terkesan menggurui menjadi menu santapan wajib bagi semua blogger. Menulis merupakan sebuah seni tersendiri, dibutuhkan penghayatan agar tulisan terbaca dengan nyaman.

Ada beberapa syarat agar tulisan kita dilirik oleh banyak orang, meskipun sampai saat saya menuliskan postingan ini, pengunjung blog baru ratusan perhari, tidak ada salahnya berbagi pengetahuan dan informasi seputar aktivitas blogging kepada pembaca isnuansa.com

1.      Penggunaan Font
Setiap blogger tentu menyukai jenis – jenis font tertentu, tetapi alangkah baiknya gunakan font yang tidak terlalu membuat capek mata, gunakan font yang nyaman dimata, meskipun anda berkeinginan berkreasi tetapi minimal font yang digunakan sangat familiar dengan mata, terlalu artistik terkadang membuat capek mata.

2.      Tata Bahasa
Jangan terlalu ilmiah maupun terlalu gaul, bahasa yang baik adalah non formal tetapi juga etis, orang yang membaca merasa gampang mencerna tulisan kita dan makna maupun pesan yang akan disampaikan mudah diterima dengan analisa yang ringan. Penggunaan huruf kapital, penggunaan tanda baca menjadi aksesoris tulisan jika digunakan dengan tepat.

3.      Pengaturan Jarak Antar Paragraf
Jarak antar paragraf dibuat tidak terlalu lebar juga tidak terlalu dekat, dengan jarak terlalu lebar terkesan boros dengan jarak terlalu dekat justru terkesan capek dimata.

4.      Kesinambungan Kata
Hubungan antar paragraf yang baik membuat sebuah tulisan ibarat serial dalam sinetron, untuk mengetahui pesan di paragraf 2 harus membaca paragraf 1 dulu, sehingga sampai selesai setiap paragraf akan diikuti oleh pembaca.

5.      Makna
Ada beberapa blogger yang secara denotatif memberikan makna pada setiap tulisan, ada juga berbentuk kiasan sehingga pembaca diberi kesempatan membentuk persepsi dan membentuk pemahaman sendiri.

6.      Pemberian Cetak Tebal Dan Cetak Miring
Jika kata yang anda gunakan mengandung keyword alangkah baiknya diberi huruf tebal, lebih bagus lagi jika dihyperlink dengan artikel lain yang memiliki kedekatan isi dengan artikel yang kita tulis.

7.      Pemasangan Hyperlink
Pemasangan hyperlink yang bersifat inbound link membuat pembaca dibuat betah berlama – lama diblog kita karena dengan sekali klik mereka bisa mendapatkan banyak hal.

Semoga 7 saran tadi menjadi inspirasi bagi semua blogger untuk giat menulis, jika anda mengharapkan memiliki guest blogger, kirimkan email ke tentaralangit46@gmail.com dan berikan rincian tulisan apa yang diterima, tanpa memberikan outbond link sekalipun akan penulis terima.

~~~

Tulisan ini karya blogger tamu Imron Rosyidi, Tulisan pertama beliau di blog saya adalah Menentukan Tema Blog. icon wink 7 Cara Memanjakan Mata Pengunjung Blog

Ingin menulis di Isnuansa.Com? Baca ketentuannya di halaman Guest Blogger ya. Ditunggu!

Tidak ada komentar: