Jumat, 16 Maret 2012

INIJIE.com update - 2 Days of Wonderful Kuala Lumpur

INIJIE.com update - 2 Days of Wonderful Kuala Lumpur

Link to INIJIE.com - Food and Travel Blog

2 Days of Wonderful Kuala Lumpur

Posted: 16 Mar 2012 07:30 PM PDT

Niat hati mau ke Macau & Hong Kong. Kok ya pesawatnya melipir ke Kuala Lumpur (KL). Daripada mubazir numpang lewat di imigrasi LCCT KLIA, mendingan dimaksimalkan aja mbolang satu malam bareng ponakan2ku : Meyz & Jver. Ya toh?!

Tiket AirAsia Surabaya-Kuala Lumpur kena IDR 529 ribu. Mendarat di LCCT (terminal low cost carrier-nya AirAsia), kita sempet bingung gimana caranya meluncur ke pusat kota KL. Akhirnya dikasi tau kalo bisa naik Aerobus warna kuning ke terminal KL Sentral, trus lanjut naik monorail ke Bukit Bintang (tempat kita berteduh).

From LCCT to Bukit Bintang

Numpang Aerobus mesti bayar MYR 8 / orang. Oya, 1 Ringgit / MYR kira2 3 ribu Rupiah. Perjalanan naik bus ini ke KL Sentral sekitar 1 jam, ngelewatin Sirkuit Sepang tuh. Di KL Sentral, seret koper kamu ke terminal kereta monorail. Ngantri di semacam vending machine, tunjuk arah stasiun Bukit Bintang, bayar lalu ambil koin plastiknya. Koin ini yg nanti dipake buat ngelewati gate terminal.

rapid KL monorail

Dari KL Sentral ke Bukit Bintang bayar MYR 2.10/orang. Gara2 KL Sentral lagi renovasi total, kita jalan becek2 (ga ada ojek!) plus naik turun tangga angkat koper segede bagong (isi sangu di Macau HK). Fitness gratis, dijamin kekar.

Rapid KL coin

Pintu Kecemasan

Oya, OOT dikit. Bahasa orang Malaysia mirip2 sih sama Indonesia, maklum serumpun. Tapi ada banyak juga istilah yang berbeda. Seperti: Emergency Exit, mereka sebut Pintu Keluar Kecemasan Etapi bukan maksud kitorang menghina. Buat orang Malaysia, bahasa kita pun mungkin bikin mereka geleng2 kepala.

Malaysian Language

Paradiso Bed and Breakfast

Lanjooot. Kita nginepnya di Paradiso Bed & Breakfast, motel backpackers yg dibooking Meyz via internet. Murmer sih, per malam kena IDR 93 ribu. Ya maklumlah kamar tipe dorm. Sekamar rame2 ber 6. Kamar cowo sendiri, cewe sendiri, misah. Disini gw liat banyak orang lokal nginep, bule dan tentunya.. Indonesian.

paradiso bed and breakfast bukit bintang

Paradiso lokasinya strategis banget di Bukit Bintang. Lokasi idola turis banget dah. Tapi karena lokasi high traffic, suara lalu lintas terdengung 24/7 dari dalam kamar. Masalah koneksi Internet, ga usah kuatir, ada free internet cepat dari Paradiso. Kalo di Malaysia cuma sebentar, yg pake BB ga usah beli nomer lokal. Konek ke free wifi aja. Ada PC juga di ruang tamu buat digilir rame2.

Overall Paradiso ini bersih & nyaman. Ada sarapan ringkas berupa roti panggang, selai, kopi dan jus. Kalo malem2 lapar juga bisa beli Mie Instan di pantry. Ada satu pengalaman yg masih membekas, Jver ditegor orang motel karena liat dia mainin BB terus. "No life", katanya. Ooo.. So Indonesian!

Pak Hailam Kopitiam

Ga pengen buang waktu, sore itu juga gw & ponakan langsung melanglang buana. First thing first, isi perut. Blank mau makan dimana. Abis meneropong beberapa kedai di Bukit Bintang, akhirnya kita vonis buat singgah di Pak Hailam Kopitiam.

pak hailam kopitiam bukit bintang

Kalo makan di Malaysia, mostly sih Halal. Tapi better tanya dulu biar lebih nyaman dihati. Gw pesen Curry Laksa dan seporsi Glutinous Rice (ketan isi daging ayam + Jamur). Maap, karena saking tak kuasa menahan lapar, gw lupa nama pesenan Meyz & Jver. Makanan disini berkisar MYR 8 – 10. Mirip2 sama harga makanan di mall2 di Indonesia. Overall, I can't say it's special, tapi yang pasti mengenyangkan.

bukit bintang kuala lumpur at night

The Pavilion

Perut kenyang, moral terangkat, semangat pun terkembang. Di Bukit Bintang, kanan kiri atas bawah depan belakang semuanya rimba mall. Macam Orchard Road di Singapore. Semakin malam semakin gemerlap dgn lampu2. Kita langkahkan kaki ke The Pavilion, mall elit favorit turis.

the pavilion kuala lumpur

Di depan The Pavilon ada air mancur yg iconic –sasaran tembak kamera para turis. Mau foto disini ngantrinya repot. Apalagi KL lagi ujan rintik2. Peta turis pun gw fungsikan ganda selain jadi petunjuk jalan, gw jadiin payung darurat

the pavilion kuala lumpur bukit bintang

Dan seperti layaknya di negara-negara yang peduli turis, mall ini menempatkan sarana narsis buat para turis. Kali ini sederetan beruang2 lucu dengan corak aneka warna. Masing-masing mewakili negara tertentu. Indonesia? Ga ada sih

bear at the pavilion kuala lumpur

Inside the pavilion kuala lumpur

Sempet setor muka sebentar ke dalam mall Pavilion, tapi kita ga jalan2 disana karena sayang banget kan ke negara orang kok nge-mall. Geser kita ke Jalan Petaling di China Town. Kesini jalan kaki juga bisa, tapi karena teror hujan kita naik taxi aja. Taxi di KL ngakunya pake argo, cuma kalo jarak dekat dan mengendus aroma2 turis, langsung dah disikat tarif mahal. Ke Petaling ditagih MYR 25, tawar punya tawar bisa dinego antara MYR 15-20 *yeap, gw ga bakat nawar*

Petaling Street – China Town

Jalan petaling street kuala lumpur

Jalan Petaling itu pusatnya oleh2 dan jajanan di KL. Karena tujuan kita masih ada Macau & HK, jadi kita skip beli oleh2 disini. Meyz memang guide tulen, instingnya membawa kita ke bapak2 penjual Durian. Ah, cahaya surgawi terpancar dari antara tumpukan Duren-duren ranum.

Durian, Glorious Durian!

Durian at petaling street kuala lumpur

Diatas rombong, udah ada Durian yg di packing dalam styrofoam. MYR 5 per paket, isinya paling cuma 3-4 biji. Jangan beli yg ini. Mendingan beli per buah aja, dapetnya lebih banyak. Belinya ditimbang, MYR 10/kg. Nah, satu buah Duren utuh beratnya 2 kg. Tadinya kita sempet ragu, takut kalo diboongin, tapi setelah si bapak kita teror dgn berondongan pertanyaan *Matang toh? Enak toh? Manteb toh?* Akhirnya berpindah tangan jg buah Duren ke tangan kita. Very creamy, medhok.. FINGER .. LICKING .. GOOD!! *fly*

Air mata kucing jalan petaling street

Sebelum keluar dari jalan Petaling, gw jelalatan ke rombong Air Mata Kucing. Beh.. Di Surabaya sih banyak yg jualan minuman berbahan dasar Lo Han Kuo ini. Tapi panggilan jiwa mengatakan harus coba yg ORI. Beli yg dingin pake Lychee, MYR 2. Segar bugar, terasa jejak-jejak serpihan buah Lo Han Kuo asli.

KL Street Food Hot Pot

Street food hot pot petaling china town

Keluar jalan Petaling, ke kanan kita ketemu warung street food hotpot yg rame. Di tenda meja biru, semua bahan hotpot yg berupa stick semuanya dijejer. Kastemer tinggal pilih2 aja mau yg mana, MYR 1 / tusuk. Benernya, di Petaling tadi juga ada. Tapi muahal, diatas MYR 1.5. Disini mostly berupa bakso2an, nugget dan sayur. Trus nanti dimasak dalam kuah panas *yg pastinya bonus percikan hujan malam itu hahaha!*. Waktu disajikan tanpa kuah kok, tapi disiram sejenis saus coklat pedas. Mirip saus Otak2 ala Indonesia. Dahsyat banget makan yg anget pedes pas ujan2 gitu..

Pulang ke Bukit Bintang naik Bus. Murah sih cuma MYR 1. Tapi kena kibul sopir bus norak –ruang kemudinya penuh hiasan Jamaica. HUH. Katanya bisa dianterin sampe Bukit Bintang. Ternyata kita dituruninnya jauh dan mesti jalan kaki. Gak beda jauh nakalnya bus KL sama Indo punya.

Bigger BigMac

The McD Big Mac kuala lumpur

Selesai petualangan malam itu? Ternyata tidak. Khilaf liat outlet McD yg cuma selemparan batu dari Paradiso, akhirnya order BigMac. Ternyata di KL burgernya lebih besar dan sayurnya jauh lebih seger. Kriuk2. Ini mmg kebiasan gw sih, walaupun travelling tetep aja penasaran ngebandinging McD ato KFC di tiap2 kota yg gw datengin.

Good Bye Twins

Besoknya, hari kedua di Kuala Lumpur. Flight kita ke Macau jam 12 siang. Tapi jgn berleha-leha karena harus spare 3 jam ke KLIA. Perjalanan jauh sekitar 1 jam-an ke airport plus ngantri check in dan imigrasi.

Meyz and Jver at kuala lumpur

*what am I without you two?*

Sebelumnya, kita merasa wajib mengucap salam perpisahan buat si kembar Petronas Twin Tower dulu. Dari Bukit Bintang, naik monorail ke Bukit Nanas, MYR 1.20 / orang. Dari Bukit Nanas masih jalan kaki lagi sekitar 1 Km *pelit pangkal sehat*

The Petronas Twin Tower Kuala Lumpur

Sampe disini langsung dipuas2in foto ala turis. Mulai dari foto lempeng menara tanpa model,  dengan model jaim sampe model lompat2. Oleh2 foto wajib: Checked!

Jump at petronas twin tower kuala lumpur

Udah cukup? Foto lagi pake DSLR, pocket dan Blackberry. Totalitas banget. Kapan lagi coba bisa balik sini *pembenaran diri atas tindakan ndeso* Mungkin kalo sesi foto tadi dilanjutkan 1 menit lagi, kita sudah dideportasi dari KL dengan pasal narsisme berlapis *guilty as charged*

Petronas twin tower by blackberry camera

*cellphone cam is not so bad eh?*

Finally, kita harus lanjut ke Macau. Gw dapat banyak rekomendasi tempat oke di KL, sayang waktunya mepet. Overall gw ngerasa KL mirip2 sama Jakarta. Cuma masyarakatnya lebih heterogen, lebih bersih dan ga macet. I'll be back Pak Cik! *bungkus twin tower*

*Pictures were randomly shot with DSLR, Pocket & Cellphone*

My Delicious Posts :


    Find my delicious writings on INIJIE.com

    Tidak ada komentar: