Rabu, 14 Maret 2012

isnuansa dot com: Mau Ngeblog Tapi Temanya? Tidak Jadi Deh…

isnuansa dot com: Mau Ngeblog Tapi Temanya? Tidak Jadi Deh…


Mau Ngeblog Tapi Temanya? Tidak Jadi Deh…

Posted: 14 Mar 2012 05:03 PM PDT

Awal mulai ngeblog biasanya seorang blogger belum memiliki ide khusus mau dibawa kemana blog itu nanti. Tetapi kabar baiknya, bingung itu adalah salah satu proses untuk menemukan jati diri, asalkan tetap melakukan aktifitas blogging jadi bukan bingung lalu sudah selesai masalahnya. Mungkin kebingungan itu juga pernah dirasakan oleh beberapa artis blogger

Ada teman yang yang mulai tertarik ngeblog tetapi dia masih bingung menentukan tema, setelah itu dia membatalkan niatnya untuk ngeblog karena alasan tidak tahu tema yang tepat. Padahal dia itu seorang mahasiswa design yang menurut saya cukup pintar, saya juga menyarankan agar dia fokus kepada teman design saja tetapi dia tidak mau dengan alasan belum profesional.

Misalkan awalnya tertarik ngeblog karena diajak teman lalu menuliskan apa saja kegiatan yang sudah atau akan dilakukan. Jadilah blog tersebut sebagai diary digital online yang informasi di dalamnya bisa dilihat oleh orang lain. Syukur bisa memberikan manfaat karena pembaca bisa mendapatkan informasi dari kegalauan dalam aktifitas sehari-hari anda sehingga pembaca tersebut tidak terjerumus dalam lembah kegalauan seperti admin blog yang dibacanya.

Bisa juga blogger yang sangat suka untuk mengunggah (upload) makan siang atau makanan apapun miliknya sebelum dimakan, jadi pembaca mendapatkan referensi siang ini mau makan apa karena memang kenyataan kalau makan siang itu sering kali membingungkan hingga ada teman yang memberikan saran (padahal makananya itu-itu saja tetapi karena diberikan penekanan oleh orang lain untuk makan menu itu maka makanan itulah yang dipilih).

Seperti blog utama saya saja dulunya (sekarang juga masih begitu) berisi curhat dari kegiatan sehari-hari yang dilakukan, lama-kelamaan mulai menemukan jati diri yaitu sebagai blog yang berisi artikel tentang Inspirasi walaupun belum tentu memotivasi (maklum masih pemula).

Jadi kesimpulanya adalah asalkan tidak berhenti menulis, suatu saat nanti (semoga tidak lama) akan menemukan tema yang pas untuk blog yang dimiliki. Berdasarkan referensi dari beberapa panduan blogging, seorang blogger yang serius mendalami dunia blogging nantinya akan mendapatkan value (keuntungan) dari blog yang dimilikinya tersebut. Hanya saja kalau sudah berbicara keuntungan, harus ada modal awal yang harus dikeluarkan (minimal materi atau artikel yang bermanfaat untuk pembaca). Jadi modal bukan hanya dalam bentuk uang.

Mau tema apapun terserah anda, asalkan anda memang benar-benar memahaminya. Jadi kalau ada pembaca yang bertanya dalam komentar, anda bisa menjawab dengan baik dan benar. Mau curhat, teknologi, gosip, pariwisata, kuliner, inspirasi, bisnis dan lain-lainnya yang jelas anda harus memiliki passion (kecintaan) dalam menuliskan artikel (post) pada blog yang dimiliki, agar pembaca juga bisa merasakan semangat dan antusiasme dari blogger yang mengurus blog. Pembaca yang puas dengan kinerja admin blog tersebut biasanya akan mempromosikan blog yang disukainya.

Jadi tunggu apa lagi, ayo mulai saat ini juga!

~~~

Tulisan ini karya blogger tamu Fakry Naras Wahidi, boleh juga lho follow twitternya @optimaks kalau mau kenal lebih dekat. icon wink Mau Ngeblog Tapi Temanya? Tidak Jadi Deh...

Ingin menulis di Isnuansa.Com? Baca ketentuannya di halaman Guest Blogger ya. Ditunggu!

Tidak ada komentar: