Kamis, 01 Maret 2012

INIJIE.com update - AirAsia Airline Meals : Yummy In The Sky

INIJIE.com update - AirAsia Airline Meals : Yummy In The Sky

Link to INIJIE.com - Food and Travel Blog

AirAsia Airline Meals : Yummy In The Sky

Posted: 01 Mar 2012 07:00 PM PST

Kapan terakhir kali aku pesen makan diatas ketinggian 30ribu kaki? Gak pernah! Sampe akhirnya kemaren terbang jauh pake AirAsia ke Kuala Lumpur & Macau. Karena jarak tempuh yg panjang, akhirnya aku cicipi in flight meals mereka di 4 rute.

Destinasi utamanya sih ke Macau, cuma ga ada yang direct dari Surabaya, jadi mesti migrasi dari Surabaya-KL lalu sambung KL-Macau (SUB-KUL-MFM). Masing-masing sekitar 3 jam. What? 3 jam aja masa ga bisa nahan lapar Jie? *Me : geleng-geleng*

Sebelum lanjut, ada tips, kalau memang mau makan dalam pesawat AirAsia sebaiknya pre-booked dulu. Kenapa?

  • Biar ga kehabisan menu favoritmu. Di penerbangan AirAsia, passenger yg udah pre-booked meals bakal dilayani duluan. Yang belum pesen mesti sabar ngantri belakangan. Nah, ada resiko menu pilihanmu udah habis duluan sebelum pramugari cantik datang menghampiri..
  • Lebih murah. Pre-booked meals lebih hemat sampe 15% *I wish I knew it earlier*

Semua menu yg gw pesen di postingan ini gw lunasi pake Ringgit. Gw pilih maincourse yang harga RM 13 sama mineral water RM 3 (1 Ringgit = 3030 Rupiah).

SUB – KUL – MFM : Prepare the Tounge

Di rute SUB-KL, gw pesen Bukhara Chicken Briyani. Pramugari mengancam: "It's spicy sir", aku malah girang soalnya demen pedes. Kotaknya hangat pemirsa Di packing dalam aluminium foil. Masih tersegel rapi dengan sticker yang ada info nutriton fact dan ingredient-nya. Bagus juga, supaya kalo ada passenger yang alergi bisa hati-hati

Pas gw buka, wah ada potongan almond, baunya harum! Pakcik sebelah saya pasti ngiler MUAHAHAHA!   Nasi Briyani ini pake beras Basmati yang panjang-panjang, boleh lah ini pak cik.

Ayamnya juga boneless, jadi ga usah repot mengotori tangan atau 'main harmonika' dgn tulang Di pinggir terselip semacam acar yg spicy juga, kurang jelas dari apa tapi segar rasanya.

air asia meals chicken briyani uncle chin chicken rice

Di Rute KL-MFM, lagi-lagi khilaf. Mentang2 mendekati lahan nenek moyang di Negeri Tiongkok, aku bergaya pesen Uncle Chin's Chicken Rice. Cieh.. biar lidah ga grogi gitu pas landing *selalu ada alesan buat jajan*

Nasinya rasa dan aroma jahe sama garlic-nya kuat. Basically gw ga suka garlic, tapi karena sepertinya udah digerus halus tak kasat mata, I can live with that. Potongan ayamnya tebel-tebel. Juga tanpa tulang. Praktis. Titik.

MFM – KUL – SUB : I miss Indonesia

Rute pulang kampung MFM-KL, O-em-ji.. 8 hari jauh dari tanah air. Lidahku dah kangen makanan Indonesia. Langsung dah gw pesen Pak Nasser's Nasi Lemak. Konon menu ini yang paling dijagokan AirAsia. Isinya nasi uduk, (again) boneless ayam rendang, sambal, kacang sama telur separuh.

Yang juara itu sambelnya. I can eat the rice with the sambal alone! Kalo dari contekan di ingredientnya, sambelnya pake udang sama teri. Pantesan gurih banget. For the first time in 8 days, akhirnya makan sambal yg mirip ala Indonesia.

air asia meals pak nasser nasi lemak nasi kuning manado

Tips : kalau di daftar menu tertera Rupiah, ya lebih baik bayar pake Rupiah, bisa sih bayar pake Ringgit tapi bakalan lebih mahal karena pake kurs ala langit ke 7

Rute terakhir, KUL-SUB. Nanggung, tinggal satu flight dan masih ada segelintir duit jajan dikantong. Sekalian aja khilafnya digenapkan diatas pesawat Air Asia. Gw order Manado Yellow Rice. Nah, kalo ini asli makanan Indonesia.

Isinya: nasi kuning pake taburan kering ubi, ikan cakalang, kentang, daging sapi sama telur separuh. Rame benerrr, Indonesia banget kan. Tastenya agak turun sedikit karena mungkin rada kebanting sama Nasi Lemak Pak Nasser tadi. Satu hal yg gw salut, semua nasi – termasuk nasi kuning ini- dalam kondisi yg layak dimakan, ga blenyek atau 'berkeringat' parah.

Overall, gw suka semua menu meals AirAsia ini. Pastinya bakal gw pesen lagi kalo perjalanan jauh –atau perjalanan deket tapi (sengaja) khilaf wakakaka. Gw juga berharap lebih banyak menu-menu khas Indonesia bisa melanglang buana diatas pesawat AirAsia supaya Indonesia bisa kondang, dimulai dari lidah

Ps : apa yang dimakan diatas pesawat, mungkin bisa terasa berbeda ketika dibawa pulang kerumah. Ada yg mau mencoba?
Pss : Maap ya fotonya cuma pake #KameraHape , heboh kalo mesti keluarin DSLR di kabin

My Delicious Posts :


    Find my delicious writings on INIJIE.com

    Tidak ada komentar: