Senin, 07 Mei 2012

isnuansa dot com: Olahraga Apa Yang Cocok Untuk Blogger?

isnuansa dot com: Olahraga Apa Yang Cocok Untuk Blogger?


Olahraga Apa Yang Cocok Untuk Blogger?

Posted: 06 May 2012 06:05 PM PDT

Perlukah blogger berolahraga? Pertanyaan tersebut memang mudah untuk dijawab. Dengan jawaban yang hanya dua macam "perlu" dan "tidak". Tapi anda menjawab yang pertama atau yang kedua tentunya harus dengan alasan karena ini kan bukan soal PG (pilihan ganda) untuk peserta UN  yang cukup menghitamkan jawaban dengan pensil 2B. Sebetulnya olah raga memang merupakan kebutuhan setiap orang, termasuk seorang blogger disela-sela aktivitas kesehariannya duduk berjam-jam di depan komputer, harus pula diselingi dengan berolahraga. Maksud penulis olahraga untuk kesehatan lho, bukan untuk prestasi karena kalau untuk prestasi kan namnya juga atlit bukan blogger.

Kebanyakan blogger punya aktivitas lain selain ngeblog ada yang pelajar, mahasiswa, pegawai, guru, dosen, ibu rumah tangga, atau pebisnis, tentunya waktu kegiatan sangat padat. Tapi demi kesehatan  maka harus tetap menyempatkan diri atau menyisakan waktunya untuk berolahraga secara rutin, misalnya yang terjadwal minimal 2 kali per minggu. Alasannya selain berolahraga berfungsi sebagai jaga kondisi tubuh tetap prima, maka ketika berolahraga kadang-kadang suka saja mendapat ide untuk menulis blog contohnya ide dari tulisan ini.

Olahraga apa yang cocok buat seorang blogger?

Olahraga bagi siapa pun termasuk blogger tentunya harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi, serta keuangan karena dalam berolah raga kita memerlukan biaya juga. Makanya kita harus pandai memilih olah raga yang murah meriah sesuai dengan kebutuhan serta tidak mengganggu kegiatan blogging.

Misalnya untuk memilih jenis olahraga perlu juga disesuaikan dengan usia:

  1. Bila anda seorang blogger pelajar atau mahasiswa yang masih muda, maka olahraga yang cocok adalah: basket, main bola, futsal, atau berenang. Karena pada usia ini masih termasuk ke dalam massa pertumbuhan jadi perlu menggerakkan otot-otot besar. Dan secara fisik masih memungkinkan untuk olah raga yang membutuhkan stamina tinggi.
  2. Bila anda usia 25 sampai 30 tahun kira-kira olah raga yang cocok adalah: bulu tangkis, berenang, fitnes, jogging, tenis, golf (bila keuangan mencukupi). Pada usia ini tubuh manusia sudah mulai lewat masa pertumbuhan dan cenderung stagnan jadi olah raga hanya diperlukan sebagai sarana untuk menjaga kondisi fisik supaya tetap prima. Maka olah raga yang membutuhkan gerak dengan otot-otot besar seperti basket dan main bola sudah kurang cocok.
  3. Bila usia 36 tahun ke atas jenis olah raga yang cocok kira-kira: tenis, joging, fitnes, dan golf (bila keuangan mencukupi) pada usia ini fungsi otot tubuh sudah mulai menurun sehingga diperlukan olah raga yang tidak terlalu berat. Misalnya tenis lapangan termasuk jenis olah raga segala usia karena sifat dari tenis adalah olah raga yang santai  dalam hal gerakan sehingga aktivitas jantung untuk memompa darah tidak terlalu cepat, tidak seperti, main bola, basket dan  bulu tangkis yang banyak memompa darah ke jantung  karena aktivitas gerakan yang cepat.

Adakah diantara blogger pembaca yang tidak pernah berolah raga? Nah mulai sekarang sempatkan waktu dech. Biarpun hanya jogging dan jalan kaki keliling lapangan Monas, sekalian melihat keadaan di dunia nyata sebagai salah satu cara untuk mendapatkan ide menulis.

Demikian sedikit berbagi pengetahuan serta pengalaman dari blogger dalam bentuk tulisan bila ada kekurangan atau kesalahan mohon koreksi di kolom komentar.

~~~

Tulisan ini karya Asep Sanaul Zaman, pemilik GuruBelajar.Com.

Twitternya bisa difollow di @gurubelajar.

Mau menulis juga untuk isnuansa.com? Baca caranya di sini.

Tidak ada komentar: