Senin, 21 Mei 2012

isnuansa dot com: Lagi Baca Banyak Blog Tentang Panda Dan Penguin

isnuansa dot com: Lagi Baca Banyak Blog Tentang Panda Dan Penguin


Lagi Baca Banyak Blog Tentang Panda Dan Penguin

Posted: 20 May 2012 08:57 PM PDT

Sudah banyak sih, blogger Indonesia yang menulis tentang Google Panda dan Google Penguin yang membuat banyak blog kehilangan kunjungan. Saya juga sudah baca beberapa tips yang mereka berikan supaya terhindar dari update yang dilakukan Google tersebut. Meski selama ini nggak memperhatikan bener soal SEO, tetapi secara berkala saya selalu melihat Analytics.

Google%2520Analytics Lagi Baca Banyak Blog Tentang Panda Dan Penguin

Mungkin dalam kasus blog saya, nggak sepenuhnya terkena Panda atau Penguin, sehingga menyebabkan blog ini turun 23% pengunjungnya, dan blog satu lagi turun 33%. Memang lagi malas online, nulis artikel, baca artikel dan komentar di blog teman, sehingga mau nggak mau direct traffic menuju blog ini jadi turun drastis.

Mau nggak mau, akhirnya ya banyak cari sumber bacaan tentang SEO dari blog-blog luar. Buat pengetahuan aja sih sebenernya. Kayak contohnya setelah membaca tulisan ini, saya jadi tahu dengan pasti bahwa penurunan trafik blog ini bukan karena Panda dan Penguin. Saya cek lagi Google Analytics blog saya, tanggal-tanggal seperti 19 April, 24 April ataupun 27 April kunjungan malah sedikit meningkat. (Ada kemungkinan juga sih, update yang berlaku di Amerika belum tentu diterapkan pada saat yang sama dengan di belahan dunia lainnya seperti Indonesia)

Yang menarik dari tulisan ini, disebutkan “Words per page: Interestingly it seems spam pages have more text than non-spam pages (although over 1,500 words, the curve receded). Studies have shown the spam sweet spot to be in the 750-1,500 word region.” Apakah ini berarti memang seharusnya kita menulis pendek-pendek saja? icon lol Lagi Baca Banyak Blog Tentang Panda Dan Penguin

Dan terakhir, ini ada salah satu tulisan yang cukup berguna yang saya baca, ngasih tips:

1. Singkirkan semua link yang nggak ada kaitannya dengan blog Anda.
2. Dapatkan backlink hanya dengan menulis Guest Post di situs yang relevan atau karena menyediakan konten yang berkualitas.
3. Usahakan mendapatkan backlink dengan berbagai anchor text yang berbeda.
4. Batasi jumlah iklan. Dan juga perbaiki navigasi blog supaya lebih mudah bagi pembaca.
5. Letakkan link di dalam konten, bukan di sidebar atau di footer.

Gimana dengan blog teman-teman? Kena Panda dan Penguin, nggak?

Tidak ada komentar: