Rabu, 09 Mei 2012

isnuansa dot com: Mazda Makin Ramah Lingkungan dengan Teknologi SKYACTIV

isnuansa dot com: Mazda Makin Ramah Lingkungan dengan Teknologi SKYACTIV


Mazda Makin Ramah Lingkungan dengan Teknologi SKYACTIV

Posted: 08 May 2012 06:09 PM PDT

Para produsen otomotif sekarang ini semakin gencar menciptakan teknologi ramah lingkungan dan rendah konsumsi bahan bakar. Selama ini para produsen otomotif menghandalkan teknologi hybrid dan teknologi elektrik untuk menekan konsumsi bahan bakar agar lebih irit. Teknologi hybrid menggunakan dua mesin, yaitu bahan bakar dan elektrik. Sedangkan teknologi elektrik hanya menggunakan energi listrik dari baterai atau alat penyimpan energi lainnya. Namun kini Mazda, produsen otomotif asal Hiroshima, Jepang, berhasil menciptakan teknologi SKYACTIV yang menjadi alternatif baru.

Berkat teknologi SKYACTIV, kendaraan tidak harus menggunakan teknologi hybrid atau elektrik namun tetap ramah lingkungan dan rendah konsumsi bahan bakar. Sejak tahun 1920, Mazda telah menghasilkan mobil-mobil dengan performa tinggi. Untuk menjawab tantangan zaman, Mazda mulai menciptakan mobil-mobil dengan teknologi eco-friendly sejak tahun 2000. Mazda terus mengembangkan teknologi SKYACTIV pada mobil Mazda Demio 13-SKYACTIV yang lebih dikenal dengan Mazda2. Mazda2 yang mampu menempuh 30 km per liter bahan bakar itu berhasil meraih beberapa penghargaan Car Techology of the Year 2011-2012.

Melanjutkan kesuksesan Mazda2 tersebut, Mazda memperkenalkan Mazda CX-5 yang menggunakan teknologi SKYACTIV secara menyeluruh. Sejak pertama kali diperkenalkan pada Frankfurt Motor Show 2011, Mazda CX-5 begitu menarik perhatian para pecinta otomotif dunia. Pasalnya Mazda CX-5 merupakan generasi pertama mobil Mazda yang menggunakan teknologi SKYACTIV secara menyeluruh. Mobil bertipe compact crossover SUV yang dipadu dengan desain "KODO-Soul of Motion" ini akan segera diluncurkan di Indonesia pada tanggal 10 Mei 2012 nanti.

Teknologi%2520Skyactiv Mazda Makin Ramah Lingkungan dengan Teknologi SKYACTIV

Penggunaan teknologi SKYACTIV secara menyeluruh pada Mazda CX-5 memang ditujukan untuk efisiensi konsumsi bahan bakar. Jika Mazda2 bisa menempuh 30 km per liter bahan bakar, Mazda CX-5 lebih "hebat" lagi karena bisa menekan konsumsi bahan bakar hingga angka 20 km per liter. Selain itu, teknologi SKYACTIV juga memperbaiki kualitas emisi yang dihasilkan sehingga bisa dianggap sebagai kendaraan yang sangat eco-friendly. Tidak hanya efisiensi konsumsi bahan bakar, teknologi SKYACTIV juga mempertimbangkan semua aspek dalam berkendara. Teknologi SKACTIV mencakup empat komponen kendaraan, yaitu mesin bensin, transmisi, body, dan sasis.

Mazda CX-5 menggunakan mesin SKYACTIV-G yang merupakan mesin bensin injeksi langsung dengan perbandingan kompresi 14,0:1. Mazda mengklaim mesin bensin ini memiliki perbandingan kompresi tertinggi di dunia dan bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar mesin sampai 15 persen. Untuk system transmisi, Mazda memperkenalkan teknologi SKYACTIV-Drive. Transmisi otomatik ini sangat efisien karena bisa menggabungkan semua kelebihan transmisi otomatik konvensional, CVT, dan transmisi kopling ganda. Untuk transmisi manual, Mazda melakukan pembaruan untuk membuat gerakan perpindahan gigi menjadi lebih cepat dan mudah.

Teknologi SKYACTIV-Body menjadikan mobil Mazda CX-5 menjadi lebih ringan 8 persen namun memiliki bentuk body yang semakin kokoh. Dengan bentuk rangka yang dibuat dengan struktur lurus, Mazda CX-5 memiliki tingkat keamanan yang luar biasa dan selalu meraih top rating dalam setiap uji tabrakan. Teknologi SKYACTIV-Chassis juga berhasil menurunkan bobot strut (stabilizer mobil) depan dan suspensi multi-link mencapai 14 persen dari produk Mazda sebelumnya. Dengan teknologi SKYACTIV-Chassis ini sistem pengendalian dan kekuatan semakin mantap. Teknolgi SKYACTIV tidak hanya ramah lingkungan, tapi juga menambah tingkat keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara.

Kalau sudah membaca berbagai kelebihan dari teknologi Mazda CX-5 gini, nggak sabar rasanya buat nyobain naikin. Sebagai blogger saya usul, mbok ya Mazda bikin program gitu,  minjemin mobilnya gratis buat dicobain selama jangka waktu tertentu, biar bisa saya pakek jalan-jalan keliling kota Jakarta… *molai mimpi*

Tidak ada komentar: