Kamis, 24 Mei 2012

isnuansa dot com: 6 Langkah NabihBawazirDotCom Meraih Page Rank 5

isnuansa dot com: 6 Langkah NabihBawazirDotCom Meraih Page Rank 5


6 Langkah NabihBawazirDotCom Meraih Page Rank 5

Posted: 23 May 2012 05:56 PM PDT

Saya tidak mengerti apa yang terjadi dengan blog saya saat itu, blog saya tiba-tiba mendapat Page Rank 5 dari Google, padahal saya baru mengincar Page Rank 1, karena Alexa Rank saya saat itu masih 12 jutaan, baru-baru ini saja naik, menjadi 2,3 juta (masih terlalu besar untuk sebuah website ber-PR 5).  Saya tidak tahu apa yang saya lakukan sehingga mendapat Page Rank setinggi itu, oleh karena itu saya ingin berbagi beberapa hal yang saya lakukan sehingga mendapat PR 5, saya tidak mengerti faktor mana yang dominan, tapi tidak ada salahnya saya coba mendeskripsikan usaha saya:

1.       Jangan Malu Mengganti Judul dan Meng-update Postingan

Google analytics sangat membantu arah pergantian judul, karena dengan google analytics kita tahu kata kunci yang mendatangkan traffic bagi kita, biasanya seminggu sekali saya melihat google analytics dan menggunakan judul dan keyword  posting terkait sesuai google analytics (terutama postingan yang masih di peringkat 6-10).

2.       Memasang Plugin yang Membantu

Plugin yang paling membantu saya adalah Broken Link Checker + Headspace2, Broken Link Checker merupakan plugin untuk mengatur link yang sudah patah, biasanya saya putuskan saja jika link telah putus, jika postingan itu merupakan sumber utama traffic saya, maka saya akan meng-update-nya sekalian.

3.       Lihatlah Google Adwords

Bingung mencari judul yang mendatangkan traffic? Saya sarankan untuk mencoba fitur yang satu ini, di sini Anda akan mampu melihat banyaknya kata kunci diincar setiap bulannya, bagi posting tunggal saya sarankan pilih yang 1,000-5,000, kecuali jika akan Anda hubungkan dengan link terkait di blog anda.

4.       Posting dengan Rutin

"PR ditentukan oleh banyaknya pengunjung yang kembali"

Saya tidak tahu mengapa demikian, tetapi blog-blog papan atas yang google friendly banget justru PR-nya rendah, karena traffic-nya datang dari Google, bukan direct link, saya pun biasanya mengenali pola suatu blog terlebih dahulu, sebelum menjadi pembaca setianya, ada blog yang mingguan, atau harian, kalau harian maka saya akan lebih sering membuka daripada yang mingguan. Memiliki pola posting yang stabil akan lebih menjanjikan daripada tidak.

5.       Milikilah "Musuh" di Dunia Nyata

Saya memiliki teman di dunia nyata yang sedang mengembangkan website pribadinya, karena dia sering shalat di masjid yang sama dengan saya, maka dia sering bertanya "Alexa Rank-nya berapa?". Saat ini, saya masih kalah dengannya, namun dalam waktu dekat saya akan mengalahkannya, karena memiliki lawan dalam sebuah permainan itu serunya bukan main.

6.       Posting Panjang+Orisinil Lebih Baik

Sudah menjadi ide umum, posting panjang umumya lebih friendly terhadap berbagai keyword jadi umumnya memiliki tingkat akses yang lebih tinggi. Memang ada sebagian postingan motivasi pendek yang mampu mendapat respon yang luar biasa, tetapi saya sarankan untuk membuat posting yang lebih mengalir.

~~~

Tulisan ini karya Nabih Bawazir, pemilik NabihBawazir.Com.

Mau menulis juga untuk isnuansa.com? Baca caranya di sini.

Tidak ada komentar: