Kamis, 16 Februari 2012

isnuansa dot com: Belajar Manajemen Ide jadi Artikel Blog

isnuansa dot com: Belajar Manajemen Ide jadi Artikel Blog


Belajar Manajemen Ide jadi Artikel Blog

Posted: 16 Feb 2012 01:34 AM PST

Manajemen atau mengelola ide jadi artikel Blog perlu dilatih agar kita terbisa mencurahkan ide menjadi sesuatu yang sangat berharga, menjadi sebuah tulisan yang bermanfaat untuk dibaca orang. Karena sebagus apa pun ide kita kalau tidak bisa diolah dengan baik tidak akan ada gunanya ide hanya tersimpan dalam pemikiran dan angan-angan. Segala sesuatu perlu belajar dan berlatih karena tidak ada orang yang lahir langsung pintar semua ilmu atau keterampilan. Termasuk keahlian menulis dalam kegiatan bloging kita perlu Belajar manajemen ide jadi artikel Blog.

Semua artikel baik yang ada di koran, majalah atau Internet berawal dari ide yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi suatu bacaan yang menarik. Pada awal kita belajar membuat blog dituntut untuk terbisa menulis artikel karena kalau tidak menulis sendiri artikel, berarti kita sebagai blogger copy paste yang tentu melanggar peraturan. Walau kita sudah minta izin sama yang punya maka blog kita jadi tidak punya ciri khas atau tulisan kita di blog hanya sebagai duplikat saja. Tulisan para pakar baik di dunia nyata atau online berasal dari  ide yang sangat berharga. Tapi ide saja tidak cukup jadi harus dikelola menjadi sebuah artikel yang menarik. Kita mesti belajar manajemen ide jadi artikel blog.

Sekarang dengan didukungnya bahasa Indonesia sebagai penayang adsense google maka artikel Bahasa Indonesia sudah menjadi bahasa komersial di dunia online. Konten Bahasa Indonesia dipercaya untuk ikut memajang ektensinya google adword. Disejajarkan dengan bahasa-bahasa lain yang ada di Asia misalnya China, Jepang serta Korea. Maka para blogger harus lebih giat untuk berlatih mengasah kemampuan menulis agar  konten blog berbahasa Indonesia tetap exist di dunia maya.  Dengan konten yang diharapkan berkualitas tinggi jadi perlu manajemen ide jadi artikel blog.

Adakah jurus atau strategi menajemen ide agar jadi artikel blog?

Berikut yang saya lakukan  untuk manajemen ide jadi artikel blog menjadi tujuh langkah berdasarkan kepada  pengalaman:

  1. Bila ada ide langsung tuliskan, bila tidak memungkinkan tulis saja dulu di catatan kecil, atau memo handphone dengan tujuan supaya tidak lupa lagi.
  2. Kembangkan ide dengan cara merenung kira-kira tujuan tulisan kita untuk apa? Siapa yang dituju (pembacanya)?
  3. Perkuat ide-ide dengan referensi baik dari internet, majalah atau buku-buku bisa perpustakaan atau koleksi pribadi makanya seorang blogger harus punya perpustakaan pribadi dengan sejumlah buku yang di rawat.
  4. Tuliskan, ketik di Word dan kalau lagi tidak ada mood nulis tunggu saja dulu atau selingi kegiatan lain misalnya olah raga, nonton TV atau membaca, tidur juga kalau memungkinkan boleh.
  5. Bila sudah selesai baca ulang sambil edit untuk menyempurnakan ejaan dan kalimat yang salah.
  6. Baca kembali.
  7. Langkah terakhir posting.

Demikian cara untuk belajar manajemen ide jadi artikel blog , bagaimana dengan pembaca? Kalau ada cara lain saya minta masukan dan saran?

~~~

Tulisan ini karya blogger tamu Asaz, boleh juga lho follow twitternya @Asaz

kalau mau kenal lebih dekat. icon wink Belajar Manajemen Ide jadi Artikel Blog

Tidak ada komentar: