Kamis, 26 Juli 2012

isnuansa dot com: Blogger Jakarta Lebih Banyak Kesempatan?

isnuansa dot com: Blogger Jakarta Lebih Banyak Kesempatan?


Blogger Jakarta Lebih Banyak Kesempatan?

Posted: 26 Jul 2012 03:23 PM PDT

Beberapa waktu yang lalu, muncul pertanyaan dari beberapa teman, bagaimana caranya bisa mendapatkan undangan untuk menghadiri event-event yang diadakan untuk pers, dan juga blogger? Teman-teman tersebut sepertinya pengen juga merasakan kumpul-kumpul dan ketemuan dengan blogger yang sebelumnya hanya kenal di dunia maya.

Sebenernya sih, nggak ada rahasia khususnya. Semua bisa saja diundang, kok. Hanya, ya memang yang paling utama adalah kebanyakan acara tersebut diselenggarakan di ibukota Jakarta, dan beberapa kota-kota besar lainnya di Indonesia, seperti Surabaya, Yogyakarta, Makassar, Medan, Bandung. Selain itu, masih sangat terbatas, sejauh yang saya tahu. Maka berbahagialah blogger yang bertempat tinggal di kota-kota tersebut, karena bisa mendapatkan undangan untuk menghadiri acara gathering atau launching produk, sekaligus bisa dimanfaatkan untuk kopdar. Nah, yang tinggal di pelosok, meskipun ketika di dunia maya petualangannya bisa tak berbatas, kesempatan berkumpul secara nyata memang lebih sedikit.

Trus, dari mana dapat informasinya?

Rajin-rajin berjejaring. Ngeblog jalan terus, blog tetap diisi dengan tulisan-tulisan baru, sambil aktif juga di sosial media seperti Facebook dan Twitter. Gabung ke dalam komunitas blogger yang ada di kota tempat tinggalnya, minimal. Trus, bisa juga masuk komunitas dengan minat khusus, menjadi anggota group-group di facebook dan follow teman-teman blogger yang memang suka berbagi informasi tentang acara-acara yang lagi nge-hits.

Kita nggak pernah bisa memprediksi secara pasti, dari mana pertama kali bisa mendapatkan sebuah infomasi tentang kegiatan dan undangan, kecuali undangan tersebut adalah sebuah acara yang secara reguler diadakan. Bisa saja muncul di forum, milis, group facebook, bahkan tweet dan retweet-an yang tanpa sengaja bisa kita temukan di timeline. Yang pasti sih, siaga dan pasang mata serta telinga secara awas.

Pentingnya halaman kontak. Ayo, cek blog masing-masing!

Halaman%2520Kontak%2520Blog Blogger Jakarta Lebih Banyak Kesempatan?

Soal pentingnya halaman kontak, mungkin beberapa blogger banyak yang belum menyadari dan memasangnya di blog. Buat apa? Mungkin itu yang ada di pikiran. Lhah, bagaimana mau dapat undangan, kalau alamatnya saja nggak jelas? icon mrgreen Blogger Jakarta Lebih Banyak Kesempatan?

Semua orang yang perlu menghubungi kita, pasti akan mencari halaman kontak, di manakah Anda bisa dihubungi?

Yang sudah memasang halaman kontak, pasti pernah merasakan kejutan-kejutan yang tak terbayangkan sebelumnya. Penawaran “pekerjaan“. Penawaran test produk. Dan lainnya. Meski saya belum pernah ngaku secara detail di blog ini tentang apa saja yang saya dapatkan dari halaman kontak, yakinlah bahwa nggak ada ruginya memasang halaman kontak di blog Anda!

Atau, setidaknya, tulislah di halaman tentang saya, alamat email di mana teman-teman secara personal bisa dihubungi. Atau, akun Facebook dan Twitter. Atau nomer handphone. icon redface Blogger Jakarta Lebih Banyak Kesempatan?

Dan saya pernah punya pengalaman khusus. Perlu untuk “mengumpulkan” beberapa blogger dengan “spesifikasi” khusus. Pas saya googling, hampir semua blog yang saya temukan, nggak ada halaman kontaknya. Butuh waktu setengah hingga sejam buat ngubek-ngubek banyak halaman, sampai saya bisa mengontak blogger tersebut. Untung saya baik hati, tidak sombong dan rajin menabung sabar dan mau melakukan pencarian. Kalau seandainya ada brand besar mau menghubungi Anda dan dia nggak bisa menemukan halaman kontak, apa kira-kira mereka mau “berbaik hati” meluangkan waktu mencari. NO! Banyak blogger yang bisa mereka kontak yang menunggu antrian selanjutnya di daftar. icon lol Blogger Jakarta Lebih Banyak Kesempatan?

So, sudah ada bayangan? Atau malah makin pusing?

Tidak ada komentar: