Kamis, 05 Januari 2012

isnuansa dot com: Blog, Bloging, Blogger Dan Alasannya

isnuansa dot com: Blog, Bloging, Blogger Dan Alasannya


Blog, Bloging, Blogger Dan Alasannya

Posted: 05 Jan 2012 03:22 AM PST

Semua orang sudah tahu, internet adalah sumber informasi, sarana komunikasi dan hiburan. Banyaknya pengguna internet didunia tentunya memancing reaksi orang-orang berjiwa bisnis sehingga kegunaan internet bertambah yaitu menjadi lahan dan peluang bisnis yang sangat potensial.

Lihatlah Facebook, salah satu situs sosial yang paling digemari didunia. Hampir semua hal yang dibutuhkan orang di internet ada di Facebook, dari mulai pertemanan, komunikasi, hiburan dan yang terakhir peluang bisnis.

Dari sekian banyak hal yang bisa ditemukan di internet, salah satu potensi yang menarik banyak minat adalah mendapatkan penghasilan. Ada banyak cara untuk mengoptimalkan potensi ini, dan salah satu caranya adalah dengan memiliki blog.

Lalu pertanyaannya, ada apa dengan blog? Kenapa harus punya blog?

Setiap blogger tentunya memiliki alasan tersendiri mengapa mereka membuat blog dan melakukan aktifitas blogging. Ada yang sekedar ingin tahu, untuk mengisi waktu, dsb.

Ketika menghayal sebelum tidur, Blogger Addict menemukan lima alasan yang menjadikan seseorang menjadi blogger dan memiliki blog. Hasil penerawangan itu tentunya membatalkan niat untuk tidur. Meski sudah pukul 2 pagi, Blogger Addict bangkit dan menyalakan laptop untuk mengurai kelima alasan tersebut kedalam artikel. Kenapa harus ditulis malam itu juga? Karena jika menunggu sampai besok pagi, takut keburu lupa dan idenya bubar buyar.

Ini dia lima alasan yang mendasari seseorang membuat blog dan menjalankan aktifitas blogging.

1. Blog Merupakan Sarana Belajar

Ada banyak pelajaran di internet. Kaitannya dengan blog adalah seorang blogger akan sangat sangat banyak belajar jika ingin memiliki blog yang baik dan benar. Proses pembelajaran itu mengharuskan blogger untuk menggali semua informasi tentang teknologi informasi dan hal-hal lain yang berkaitan dengan blog. Bukan cuma itu, pemilik blog juga harus menambah wawasan dan pengetahuan tentang tema dari blog yang ia buat. Hal ini tentunya mengharuskan blogger untuk keluar masuk situs dan blog lain guna mencari informasi dan berita-berita terbaru. Jadi, blog merupakan sarana belajar dan menjadi blogger menjadikan seseorang terus belajar.

2.  Blog Meningkatkan Kemampuan Menulis

Memiliki blog tentunya tidak terlepas dari kegiatan menulis dan dengan memiliki blog, frekuensi menulis seseorang akan bertambah. Tidak ada aturan baku tentang cara dan gaya penulisan artikel di blog. Semuanya bergantung pada kemampuan – termasuk wawasan – dan gaya blogger tersebut. Biasanya blogger akan menulis hal-hal yang disukai karena lebih menguasai atau hal-hal yang dialami sehari-hari. Apapun tema tulisan itu, jika dikemas dengan baik dan gaya bahasa yang menarik, artikel tersebut akan mendapatkan  banyak perhatian dari pengunjung blog.

3. Blog Merupakan Sarana Berbagi

Dengan memiliki blog, seseorang seperti memiliki rumah sendiri untuk menyajikan informasi, berkomunikasi, bahkan menjalin pertemanan. Tentunya blog akan dijadikan media sharing. Jadi tidak hanya mengandalkan situs sosial populer seperti Facebook dan Twitter. Dengan blog, seseorang bisa menulis pengalaman, opini, hasil penelitian, konsep pemikiran, dan berbagai hal yang bisa dibagikan ke orang lain.

4. Blog Untuk Personal Branding

Apa mungkin seseorang bisa terkenal hanya dengan memiliki blog? Jawabannya, tentu saja bisa. Contoh: tahukah kawan siapa pemilik blog yang menampilkan tulisan ini? Saya yakin kawan tahu jawabannya. Jika belum, coba cari tahu di menu Tentang Saya. Dan bukan hanya kawan yang sedang membaca artikel ini yang tahu, masih ada ribuan orang lagi yang mengenal siap pemilik blog ini. Bagi saya pribadi, personal branding Isnuansa sudah sangat melekat di kepala. Meski belum pernah bertemu secara langsung tapi tulisan-tulisan beliau dengan gaya yang sederhana dan natural menjadikan saya tertarik untuk kembali dan kembali ke blog ini.

5. Blog Untuk Mendapatkan Penghasilan

MonetizeBlog! Ya, menjadikan blog sebagai sumber penghasilan. Tidak sedikit orang yang bisa mengubah kesenangan dan hobi menjadi sumber penghasilan, begitu juga dengan blog. Banyak cara untuk bisa mendapatkan penghasilan dari blog, contohnya penayangan iklan, affiliasi ataupun membuat artikel yang merupakan review dari sebuah produk/website/blog baru. Cara-cara yang lebih mendetail tentang monetize blog –  rencananya – akan Blogger Addict bahas di artikel-artikel lain yang akan di posting di kolom blog milik Blogger Addict.

Rasanya sudah cukup lima alasan ini untuk dijadikan pemicu awal bagi seseorang untuk membuat blog, melakukan aktifitas blogging dan menjadi blogger. Tentunya masih ada alasan-alasan lain yang belum terpikirkan oleh Blogger Addict. Sebab itu, kepada semua pembaca, diharapkan kesediaannya untuk memberi alasan-alasan lain di ruang komentar.

No body is perfect dan dua kepala akan lebih baik dari satu kepala. Mari berbagi pengetahuan, pengalaman dan opini untuk kemajuan bersama.

~~~

Tulisan ini karya Surya Yusman <Blogger Addict>, pemilik blog Kolom Pemuda. Jika Anda ingin menulis di Isnuansa.Com, baca ketentuannya di halaman Guest Blogger.

Tidak ada komentar: