Jumat, 30 Januari 2015

isnuansa dot com: Memulai Blog – Karena Cinta atau Harta?

isnuansa dot com: Memulai Blog – Karena Cinta atau Harta?


Memulai Blog – Karena Cinta atau Harta?

Posted: 30 Jan 2015 01:07 AM PST

Blogging Antara Cinta dan Harta, Darmawan PanduanIM

Blog saat ini sudah menjadi salah satu media online terbaik untuk melakukan pemasaran. Di samping itu, blog juga masih menjadi tempat yang menarik untuk menuangkan ide-ide penulisnya.

Tak heran dengan alasan tadi blog menjadi jenis website yang paling banyak jumlahnya di dunia.

Secara umum ada dua tipe blogger, yang memulai karena dasar cinta, atau yang mengejar harta. Menariknya, banyak juga yang mendapat harta atas dasar cinta dengan media blog.

Dalam artikel ini, saya akan memandu anda untuk memulai blog atas dasar cinta dengan tujuan harta.

Memilih topik

Ada hal medasar yang membedakan antara orang yang memulai blog dengan cinta dan yang memulai tanpa cinta. Topik blog.

Orang yang memulai blog dengan cinta biasanya memilih topik yang dia gemari. Misalkan orang yang hobi bermain gitar memulai blog tentang cara bermain gitar.

Sedangkan tipe yang satunya memilih topik yang menurutnya akan menghasilkan banyak uang.

Padahal sebenarnya dalam topik apapun, bahkan blog pribadi, bisa menghasilkan uang. Bahkan potensinya lebih besar. Nggak percaya? Saya jelaskan lebih lanjut di bawah.

Bukan berarti memilih topik blog yang tidak kita cintai berarti tidak bisa sukses lho, bisa saja.

Menulis di blog

Blog, isinya sebagian besar adalah tulisan. Maka daya tarik utamanya adalah tulisan yang anda buat. Meskipun bisa juga gambar, video, atau audio, tapi kita fokus dulu ke tulisan.

Blog yang memiliki tulisan yang menarik akan mendapatkan pembaca tetap. Lihat saja kenapa di blognya Mbak Isnuansa ini pembacanya banyak dan selalu datang kembali setiap ada tulisan baru.

Menulis blog yang dilandasi cinta dibandingkan dengan yang tidak, hasilnya berbeda.

Untuk membuat tulisan yang baik, isinya tidak boleh dangkal. Orang yang bisa membuat artikel mendalam dalam suatu topik biasanya orang yang cinta dengan topik tersebut.

Sebaliknya, kalau kita tidak cinta dengan topik yang kita pilih maka menulis akan terasa berat.

Tetapi ada caranya supaya blog tetap berisi konten secara konsisten walaupun anda tidak betah menulis. Dengan menggunakan jasa penulis artikel.

Perlu saya ingatkan kalau memang anda ingin menggunakan jasa penulis artikel yang benar-benar berpengalaman menulis dan kualitasnya tidak sembarangan.

Yang sering terjadi saat ini blogger menggunakan jasa penulis tidak profesional, alhasil kontennya tidak menarik sama sekali.

Mempromosikan blog

Promosi adalah hal terpenting yang harus dilakukan oleh pemilik blog setelah selesai menulis konten.

Ada dua jenis promosi tanpa biaya yang paling populer untuk blog, SEO dan media sosial. Di kesempatan ini saya akan bahas lebih ke arah SEO-nya.

SEO atau optimasi mesin pencari memiliki dua sisi, putih dan hitam.

Sisi putih SEO atau yang lebih dikenal dengan White Hat berarti kita menggunakan cara-cara yang jujur, bersih, dan alami untuk mengoptimasi website.

Sebaliknya Black Hat SEO berarti mengandalkan segala cara supaya website kita mendapat peringkat yang baik di mesin pencari. Umumnya, orang yang menggunakan teknik hitam akan membeli atau membuat backlink sendiri untuk website-nya dalam jumlah banyak.

Saya harus mengakui kalau sebagian teknik hitam ini masih sangat efektif untuk meningkatkan rangking dengan cepat. Tetapi Google makin lama makin ketat dalam menindaklanjuti website yang menggunakan teknik ini.

Jadi walaupun bisa meningkatkan rangking dengan cepat, resikonya juga sangat besar. Malah kita harus siap menunggu giliran blog kita sewaktu-waktu dihukum oleh Google.

Blogger yang mencintai blognya tentu akan ragu untuk menggunakan teknik hitam dan memilih mengandalkan teknik putih. Wajar kan, mana ada seorang ibu yang rela melihat anaknya mati begitu saja.

Tapi lagi-lagi saya perlu menyatakan bahwa orang yang menggunakan teknik hitam juga bisa sukses. Dengan meraup keuntungan semaksimal mungkin sebelum website-nya dihukum, kemudian membuat website baru kembali.

Kalau anda ingin belajar lebih lanjut mengenai topik ini, kebetulan saya punya panduan SEO untuk pemula.

Monetisasi

Anda yang sudah bekerja keras membangun blog pastinya ingin mendapatkan imbalan berupa penghasilan.

Ada banyak cara untuk memonetisasi blog. Yang termudah dan yang saat ini paling popular di Indonesia adalah dengan menjadi penerbit iklan AdSense.

Selain itu ada juga cara monetisasi dengan menjual produk afiliasi. Di Indonesia memang kalah populer jika dibandingkan dengan AdSense karena belum ada produk afiliasi Indonesia yang bisa memberikan penghasilan stabil. Dengan kata lain, anda harus membuat website dengan Bahasa Inggris.

Walaupun begitu, penghasilan dengan menjadi afiliasi relatif lebih besar daripada iklan.

Untuk anda yang memilih blog dalam topik yang anda cintai, ada beberapa peluang monetisasi lagi.

Pertama, dengan membuat produk informasi. Bisa dalam bentuk e-book, video pelatihan, membership berbayar, atau media lain. Sama sekali tidak sulit kalau anda menguasai dan mencintai topik blog anda. Menjual produk sendiri juga lebih menguntungkan dalam jangka panjang karena hubungannya dengan branding diri anda.

Kedua, dengan menjual diri. Ketika blog anda sudah dikenal oleh orang banyak, anda bisa memanfaatkan blog anda untuk menjual diri dalam bentuk pelatihan, kursus, menjadi pembicara, dan lain-lain.

Inilah kenapa tadi saya katakan kalau potensi blog pribadi lebih besar.

Investasikan kembali

Tepat saat anda mendapatkan penghasilan dari blog, berarti blog anda adalah sebuah bisnis dan anda adalah seorang pemilik bisnis.

Sebagai pemilik bisnis, tentunya anda harus menginvestasikan kembali pendapatan yang anda peroleh untuk membesarkan bisnis anda.

Tak jarang saya melihat pemilik website yang lupa menginvestasikan kembali hingga akhirnya mereka kalah oleh waktu.

Investasi yang anda dapat lakukan bisa dengan berpindah ke domain dan hosting berbayar (kalau belum), meng-upgrade tampilan dan fitur blog, dan meng-upgrade diri anda sendiri sebagai pemilik bisnis.

Inilah bagaimana kita bisa memulai blog yang mendatangkan harta dengan berlandaskan cinta.

~~~

Tulisan ini karya Darmawan, pemilik blog PanduanIM.com.

The post Memulai Blog – Karena Cinta atau Harta? appeared first on isnuansa.com.

1 komentar:

Pengobatan Alami Kanker Payudara Tanpa Operasi mengatakan...

Semangat dalam mencapai impian merupakan visi setiap orang. Semoga kita semua ada dalam kesuksesan. sehat selalu. aamiin