Kamis, 28 Juni 2012

isnuansa dot com: Blog Terkenal, Pemiliknya Tak Dikenal

isnuansa dot com: Blog Terkenal, Pemiliknya Tak Dikenal


Blog Terkenal, Pemiliknya Tak Dikenal

Posted: 27 Jun 2012 06:01 PM PDT

Dalam suatu waktu, saya sempat menerima keluhan dari beberapa teman blogger. Mereka memiliki blog dengan trafik yang tinggi, sering muncul di halaman pertama Google, dan banyak orang kenal dengan blognya.

Namun justru mereka sendiri sebagai pemilik blog tersebut sama sekali tidak terkenal. Atau dengan kata lain, mereka kalah tenar dengan blognya sendiri.

Mereka itu adalah para ‘penembak keyword‘ yang menulis artikel di blognya berdasarkan keyword yang sedang ngetrend saat itu. Karena terlalu fokus pada optimasi keyword, artikel yang ada pun memiliki tema yang sangat bervariasi, sehingga mereka menyebutnya sebagai “Blog Berita“.

Mereka lupa mengenalkan diri mereka melalui tulisannya. Cara mereka menulis artikel mirip seperti wartawan yang sedang diburu deadline dan harus menyelesaikan tulisannya secepat mungkin. Akhirnya mereka meninggalkan satu hal yang disebut sebagai ‘personal branding‘. Hal inilah yang membuat orang-orang tidak pernah mengenal siapa pemilik blog itu sebenarnya. Apalagi jika mereka kurang lengkap dalam menulis profilnya.

Tentu saja kriteria yang ideal bagi seorang blogger adalah baik blog maupun pemiliknya sama-sama terkenal. Seperti Poconggg, Bukik, Raditya Dika, Benakribo, dll. Mereka adalah blogger yang memiliki ciri khas dalam setiap tulisannya sehingga publik mengenalnya. Ditunjang dengan artikel dan blog yang berkualitas, sehingga keduanya sama-sama terkenal.

Memang tidak semua blogger senang dikenal oleh publik. Namun ada sedikit tips bagi Anda para blogger yang ingin dikenal oleh publik. Yaitu tonjolkanlah karakter diri Anda dalam setiap tulisan yang Anda buat. Jika Anda adalah seorang penggila bola, maka menulislah seakan-akan Anda adalah orang yang sangat paham dan antusias dengan bola. Tulislah aktifitas Anda yang berkaitan dengan bola, bahaslah hal-hal tersebut dalam setiap postingan Anda. Maka cepat atau lambat seiring bertambahnya visitor di blog Anda, Anda pun juga akan semakin dikenal oleh Publik.

~~~

@Miftahur
Seorang Muslim, Mahasiswa, & Blogger yang punya passion di dunia IT dan Entrepreneurship (pemilik Blog miftahur.com)

Tidak ada komentar: