Selasa, 04 Desember 2012

isnuansa dot com: Inilah Keuntungan Perusahaan Yang Mempunyai Blog

isnuansa dot com: Inilah Keuntungan Perusahaan Yang Mempunyai Blog


Inilah Keuntungan Perusahaan Yang Mempunyai Blog

Posted: 03 Dec 2012 11:41 PM PST

Saat ini telah banyak perusahaan yang membuat blog. Namun masih banyak perusahaan yang masih belum menyadari manfaat blog untuk bisnisnya.

Banyak pengguna atau pembeli suatu produk akan menuliskan saran, kritik, kepuasan, kekecewaan dan perasaan lainnya mengenai produk tersebut melalui blog Anda.

Dengan memiliki blog, perusahaan akan dapat turut serta dalam komunitas pelanggan sehingga dapat segera memenuhi apa yang menjadi kebutuhan pelanggan.

Jika sebuah perusahaan membuat blog, kemudian dapat mengelolanya dengan benar , maka perusahaan tersebut akan mendapatkan peluang untuk mendapatkan calon pelanggan, memelihara pelanggan lama, bahkan mendapatkan dukungan dari pelanggan.

Berikut adalah beberapa keuntungan membuat blog bagi perusahaan:

Memperkenalkan Perusahaan Lewat Blog

Dengan membuat blog, maka perusahan dapat mengenalkan lebih jauh tentang perusahaan itu berdiri, dengan beberapa artikel yang menjelaskan sejarah berdirinya perusahaan, bagaimana berkembangnya suatu perusahaan hinggai menjadi perusahaan seperti sekarang ini.

Membuat Blog Untuk Menguatkan Brand

Selain mengenalkan perusahaan lewat blog, dengan blog sebuah perusahaan dapat menguatkan brand yang ia usung, semisalnya dapat memberikan tips-tips tentang brand tersebut. Artikel –artikel blog tentang keuntungan atau kelebihan juga dapat membantu untuk menguatkan brand para perusahaan.

Mudah Berkomunikasi dengan Pelanggan

Tentu saja pelanggan akan lebih mudah berkomunikasi dengan Anda menggunakan blog, pelanggan akan merasa lebih dekat dengan perusahaan Anda, karena dengan blog para pelanggan dapat memberikan komentar langsung, namun jangan lupa untuk memoderasi komentar agar terhindar dari spam.

Berinteraksi Dengan Pelanggan Dengan Membuat Blog

Anda dapat membuat beberapa artikel blog untuk lebih berinteraksi dengan pelanggan, semisal memberikan tips-tips berguna yang berkaitan tentang produk yang Anda jual. Ini merupakan teknik marketing yang efektif atau lebih tepatnya disebut "Soft Selling".

Menarik Perhatian Pelanggan

Perusahaan yang membuat blog akan lebih cepat menadapat perhatian pelanggan karena berbeda dengan perusahaan lain yang bersifat kaku dengan tampilan website yang statis.

SEO Friendly

karena sifat blog itu dinamis dan berubah-ubah, blog dapat membantu Anda meningkatkan rank web dan SEO web kita.

Pada dasarnya search engine dengan sendirinya akan mengindeks web yang rajin update contentnya. Jadi sebaiknya rawatlah blog tersebut dengan memperbanyak konten yang relevan dengan isi website perusahaan..

Dengan ada postingan blog tersebut tentunya kita dapat mengoptimalisasi setiap postingan content untuk kepentingan Search Engine Optimation. Bisa berupa memperkuat keyword yang telah ditentukan baik melaui meta deskripsi, on page optimation, internal link bulding, external link bulding. Dan pada akhirnya kata kunci yang Anda tentukan diharapkan bisa berada pada halaman 1 google.

Blog bagi perusahaan sebenarnya bukanlah tujuan utama untuk melakukan penjualan. Sebuah perusahaan tidak dapat menggantungkan pemasaran produk sepenuhnya pada blog. Fungsi blog bagi perusahaan adalah untuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan dan berbagai media lainnya.

~~~

Tulisan ini dikirim oleh Iqbal Maulana yang saat ini sedang mengelola sebuah blog perusahaan dari PT Indolok Bakti Utama http://indolokbaktiutama.blogspot.com yang telah menerapkan berbagai keuntungan diatas dengan menjual berbagai alat pemadam api, brankas dan CCTV yang dikemas dengan tips dan artikel yang bermanfaat. 

Tidak ada komentar: