Jumat, 28 Desember 2012

INIJIE.com update - Flashback Tren Kuliner Surabaya 2012

INIJIE.com update - Flashback Tren Kuliner Surabaya 2012

Link to INIJIE.com - Food and Travel Blog

Flashback Tren Kuliner Surabaya 2012

Posted: 28 Dec 2012 07:17 AM PST

2012 udah di ujung tanduk. Well, mungkin udah 2013 waktu dirimu membaca postingan ini hehe. Tahun yg yang di warnai gagalnya kiamat beberapa tren di dunia kuliner Surabaya: jatuh bangun, putus sambung dan pergerakan move on dari para player yg patut disimak.

Rise of The Middle Class

Ini tren yang paling menonjol. Selama 2012 menjamur kafe yang meng-capture kebutuhan ngeksis dengan range harga middle class. I can't say 'cheap', but more like 'affordable'. Misal, secangkir Cappuccino yang kalo di Coffee Bean bisa jedok di angka 35 rb, maka di cafe middle cukup merogoh saku 15 hingga 18 ribu.

Sebut aja.. Aiola Eatery dan Folks di Jalan Slamet. Atau intip Oost di Kaliwaron. Semuanya menyajikan arena hangout dengan harga terjangkau tapi dengan konsep yg ga malu2in.

aiola eatery surabaya*Aiola Eatery*

Dim Sum yang tadinya hanya bisa dinikmati di resto dan hotel elit, kini hagau dan siumay bisa dijumpai wara wiri di tenda kaki lima dengan harga start 7 ribu perak. Salah satunya yg lagi happening adalah Dim Sum "Mbledos" di Ngagel dan MERR. Konon, bapak yg jualan wisudawan dari Tong Hai Abalone.

dim sum mbledos ngagel surabaya

Yang paling hot? D'stupid Baker. Cafe-Bakery yg satu grup dengan D'Cost ini baru aja buka lapak di Spazio (seberang Supermall PTC). Secangkir Cappuccino dilepas di angka 8 ribu rupiah. Gila? Nama perusahaannya aja "PT Bocuan Gapapa". Artinya? Ga untung pun ga masalah. Edan kuadrat.

dstupid baker surabaya

Year of Invasion

2012 juga dibumbui dengan masuknya brand-brand solid dari luar angkasa negeri (yg udah survive di Jakarta), khususnya Asian food. Mulai awal 2012 ada Paradise Dynasty dengan Lamian dan Xiao Long Bao signature-nya.

Kemudian pada semester kedua berturut-turut bagai kereta api: Hakata Ikkousha (HR Muhammad), Crystal Jade (Lenmarc) dan Din Tai Fung (Galaxy Mall). Yang paling fenomenal sih ramen Ikkousha, mengikuti hype yg di Jakarta.

hakata ikkousha surabayahakata ikkousha ramen*Hakata Ikkousha*

din tai fung surabaya*Din Tai Fung*

Semuanya brand hi-end, berarti selain middle class yg mekar, yg premium juga masih bagus marketnya. Apalagi yg berbau lifestyle dan bergengsi. That's the reason why some people love to capture their Starbucks cup

Get Fancy

Desain resto dan cafe semakin cakep. Ga mau kalah sama sodara2nya di Jakarta. Sebut aja Carpentier (ORE), The Capital dan Stilrod. Also my personal favorite Le Cafe Gourmand

stilrod cafe surabaya*Stilrod Cafe*

carpentier ore surabaya

Personally gw harus thanks to Hare and Hatter sebagai salah satu pioneer cafe cantik di Surabaya. Hai Ferry!

Move On

Putus cinta dengan franchisor. Dante akhirnya berubah wujud jadi Gekko. Dan beberapa gerai Rotiboy menjelma jadi Roti'O. Ga ada info apa penyebabnya, tapi bisa jadi habis kontrak atau internal problem.

rotiboy rotio surabaya

Shift Happens

Segmen pasar yang bergeser. Terutama buat player di mall. Yang tadinya nembak segmen dining akhirnya mesti nikung jadi tempat nongrong. Ada yang tadinya favorit anak muda, mulai nembak ke segmen family. Well, 2012 memang bikin puter otak hehe..

Surabaya Restaurant Award 2012

Sebagai round up buat tahun 2012, ini dia daftar pemenang Surabaya Restaurant Award (SRA) 2012. SRA 2012 dipilah menjadi 2 kategori, Favorit berdasarkan polling dan Terbaik. Maap telat kopi paste nya, harusnya ini udah sejak Oktober *salah gue*

Untuk kategori Favorit berrdasarkan polling adalah sebagai berikut,

  • Japanese Restaurant: 1) Sushi Tei. 2) Hachi-Hachi Bistro. 3) Hanamasa. 4) Sushi Hana. 5) Bentoya.
  • Indonesian Restaurant: 1) Ikan Bakar Cianjur. 2) Primarasa. 3) Bon Ami. 4) Dapur Desa 5) Frangipani.
  • Chinese Restaurant: 1) X.O Cuisine. 2) Jade Imperial 3) Duck King 4) Wok. 5) Tawan.
  • Western Restaurant: 1) Boncafe. 2) Café Pisa .3) Pizza Hut. 4) The Rocks. 5) Angus House.
  • Café: 1) Starbucks. 2) Excelso. 3) J.Co Donnuts & Coffee. 4) De Boliva. 5) Bakerzin.
  • Depot: 1) Bu Kris. 2) Leko. 3) Bu Rudy. 4 Mie Tokyo. 5) Kwetiaw Medan Apeng.
  • Pastry & Bakery: 1) Harvest. 2) Igor's. 3) Breadtalk. 4) Bon Ami. 5) Holland Bakery.

Nah, di kategori Terbaik (ada rumus ngitungnya), pemenangnya adalah:

  • The Best Japanese Restaurant 2012: Sushi Tei.
  • The Best Indonesian Restaurant 2012: Ikan Bakar Cianjur.
  • The Best Chinese Restaurant 2012: Jade Imperial.
  • The Best Western Restaurant 2012: Boncafe Steak & Ice Cream

Dan.. Piala Walikota Surabaya untuk The Best Overall jatuh pada.. *drum rolls*

  • The Best Restaurant 2012: Boncafe Steak & Ice Cream (4th consecutive time!)
  • The Best Café 2012: Starbucks.

boncafe graha famili surabaya

Congratz for all the winner! *convetti on the air*

My Wish for 2013

Udah lah, sebelum artikel ini lebih panjang lagi, kita akhiri dengan doa.. eh.. bukan, maksudnya my personal wish buat 2013 *gesek2 telapak tangan* Sekarang ini Surabaya masih belum banyak ragam International food-nya. Masih kalah dgn Jakarta yg variasinya udah global, mau makanan Maroko, Spanish, Lebanon, India, Jerman, Afrika.. semua lengkap.

Moga2 di tahun 2013, mulai makin banyak lagi yg unik-unik muncul, lalu kita juga semakin berani keluar dari comfort zone rantai makanan yg itu2 aja supaya lidah kita belajar makin cerdas. Wish you all a happy delicious New Year 2013!
—————
Credit:

Related Posts :


Find my delicious writings on INIJIE.com

Tidak ada komentar: