Rabu, 07 Oktober 2015

isnuansa dot com: 10 Manfaat Internet Jika Digunakan Secara Positif

isnuansa dot com: 10 Manfaat Internet Jika Digunakan Secara Positif


10 Manfaat Internet Jika Digunakan Secara Positif

Posted: 07 Oct 2015 01:45 AM PDT

10 Manfaat Internet Secara Positif – Di era modern seperti saat ini keberadaan internet sudah tidak asing lagi di pendengaran kita. Berbeda jauh ketika internet pertama kali muncul. Sekarang hampir semua lapisan masyarakat di seluruh pelosok dunia sudah bisa merasakan manfaatnya internet. Karena internet adalah dunia tanpa batas yang artinya semua orang mempunyai hak sama untuk mengakses internet dimanapun orang tersebut berada. Dengan catatan kita mempunyai fasilitasnya seperti jaringan, kuota, media koneksi, dan lain sebagainya.

Dengan internet (interconnection networking) akan membuka jaringan komunikasi global yang terbuka lebar. Karena internet mampu menghubungkan milyaran jaringan komputer di seluruh pelosok dunia dengan berbagai tipe dan jenis. Tentunya hal ini akan mampu memperkaya informasi serta pengetahuan kita.

Manfaat internet

Globalisasi sebagian besar dipicu oleh keberadaan internet, karena internet mampu menghilangkan batas-batas dunia. Internet bisa membuat jarak yang berjauhan seakan-akan sangat dekat. Di manapun dan saat kondisi apapun kita bisa mengakses internet dengan mudah. Jangkauan layanan internet bersifat Internasional. Semua orang bisa mengunggah milyaran data atau informasi yang didalamnya memiliki segudang manfaat.

Informasi apapun kini sudah bisa didapatkan hanya dengan mengakses internet. Kita bisa mendapatkan informasi dari internet secara gratis. Penjelajahan ke seluruh pelosok dunia bisa kita lakukan hanya sambil duduk manis saja. Tanpa harus mengeluarkan banyak modal, dengan internet membuat wawasan kita setiap saat akan terus bertambah.

Berikut 10 Manfaat Internet Jika Digunakan Secara Positif

Banyaknya manfaat internet bagi perkembangan ilmu pengetahuan manusia dan memang itu sangat dirasakan sekali manfaatnya oleh kita maka dari waktu ke waktu pengguna internet terus meningkat. Atas dasar itu maka saat ini media untuk keperluan koneksi internet semakin bertambah. Dulu koneksi internet hanya bisa dilakukan di komputer saja. Namun saat ini internet bisa kita akses menggunakan smartphone dan gadget.

Dari banyaknya manfaat internet, berikut adalah 10 manfaat internet terbesar jika kita gunakan dengan benar atau cara positif:

  1. Menggali Informasi Baru

Melalui mesin pencari seperti Google, apapun pertanyaan yang kita pikirkan maka setelah berselancar di internet akan ditemukan solusinya. Banyak orang yang berlomba-lomba dalam kebaikan untuk menyajikan informasi apapun di internet. Sehingga keuntungan bagi kita yang membutuhkan informasi bisa mengetahuinya secara gratis. Apalagi jika Anda adalah seorang pelajar yang terkadang membutuhkan referensi untuk menjawab tugas-tugas sekolahnya.

  1. Membuat Website atau Blog

Internet selain bisa kita manfaatkan untuk menggali informasi baru, bisa juga kita gunakan untuk berbagi ilmu pengetahuan. Salah satu sarana untuk berbagi ilmu adalah dengan membuat website atau blog. Kita tidak perlu khawatir dengan ilmu bagaimana cara membuat blog. Karena seperti yang sudah saya jelaskan diatas, pengetahuan apapun bisa kita cari di internet. Sekarang membuat website atau blog bisa kita lakukan walaupun latar belakang kita bukan lulusan universitas.

Apapun ilmu dan pengetahuan yang kita miliki bisa kita tulis hingga menjadi sebuah artikel kemudian diterbitkan di blog kita sendiri. Artikel yang kita terbitkan bisa saja sangat dibutuhkan oleh orang lain.

Saat ini banyak sekali blog gratis yang bisa kita manfaatkan sebagai sarana berbagi ilmu pengetahuan atau sekedar cerita pengalaman pribadi. Seperti membuat blog di WordPress, Blogspot, dan masih banyak lagi.

  1. Berkirim Surat Elektronik (Email)

Dulu ketika kita ingin mengirim surat maka akan menggunakan jasa kantor pos. Mengirim surat melalui kantor pos prosesnya bisa memakan waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Namun jaman modern seperti saat ini mengirim surat bisa dilakukan menggunakan internet. Kirim surat melalui media internet adalah surat elektronik atau email. Bahkan selain bisa berkirim surat, email bisa kita manfaatkan untuk mengirim foto, video, berbagi file softcopy, dan lain-lain. Mengirim surat elektronik menggunakan email hanya membutuhkan waktu dalam hitungan detik saja.

Jangan sampai ketinggalan untuk memanfaatkan media internet dengan kepemilikan alamat email. Cara membuat alamat email baru prosesnya tidak sulit. Sudah banyak tutorial-tutorial di internet bagaimana cara membuat alamat email seperti di Gmail, Yahoo, dan Hotmail.

  1. Berbelanja Online (E-Commerce)

Bagi Anda yang suka belanja-belanja sekarang sudah tidak jamannya lagi berbelanja secara offline. Atau mungkin setidaknya belanja online adalah alternatif lain selain berbelanja offline. Untuk memanjakan konsumen sekarang Anda bisa berbelanja jarak jauh cukup dengan mengoperasikan komputer saja. Proses pembayarannya bisa transfer menggunakan internet banking dan pesanan akan datang ke rumah Anda.

Di Indonesia sekarang sudah banyak website yang khusus untuk melayani belanja online. Contohnya Anda bisa mencoba belanja di www.lazada.com, www.tokopedia.com, www.bukalapak.com, dan masih banyak lagi.

  1. Belajar Jarak Jauh (E-Learning)

Saat ini banyak universitas yang telah membuka pembelajaran untuk mahasiswanya dilaksanakan dengan sistem e-learning atau e-education. Hal ini tentunya banyak sekali manfaatnya bagi kita. Seperti yang sudah kita tahu, modal untuk koneksi internet tentunya jauh lebih murah dibanding dengan sistem pembelajaran tatap muka langsung.

  1. Mengobrol Jarak Jauh (Chating)

Jika mempunyai saudara yang tinggalnya berjauhan dengan kita, saat ini Anda tidak perlu khawatir jika suatu saat Anda ingin berkomunikasi dengannya. Canggihnya teknologi saat ini, kita bisa berkomunikasi yang tidak mengenal jarak (chating). Bahkan bukan hanya suara dan tulisan saja yang dapat kita gunakan dalam berkomunikasi jarak jauh. Saat ini kita bisa komunikasi seolah-olah kita bertatap muka dengan orang lain (video call). Salah satu layanan internet yang menyediakan fasilitas video call adalah Skype.

  1. Mencari Lowongan Pekerjaan

Selain dengan membaca koran, jaman canggih seperti saat ini Anda bisa mencari informasi lowongan pekerjaan menggunakan fasilitas internet. Bahkan saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan media internet dalam proses pendaftaran (registrasi) calon karyawannya. Banyak sistem test bagi calon karyawan baru yang menggunakan sarana online.

  1. Sebagai Sarana Sosial

Selain makhluk individu manusia dilahirkan sebagai makhluk sosial. Artinya dalam segala hal manusia tidak bisa mengerjakannya sendirian. Kita sering membutuhkan orang lain untuk saling berbagi dan bertukar ilmu pengetahuan. Atau terkadang kita ingin mencurahkan perasaan setelah lelahnya beraktifitas sehari-hari. Salah satu media internet yang cocok untuk kegiatan bersosial adalah website jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain.

Website jejaring sosial banyak sekali manfaatnya jika kita menggunakannya secara positif. Contohnya akan bertambah jumlah teman, mendekatkan hubungan keluarga yang tinggalnya berjauhan, berjualan produk, mengabadikan momen penting, berbagi foto dan video, dan masih banyak lagi.

Saya pikir Anda akan ketinggalan jika saat ini Anda masih belum mempunyai website jejaring sosial. Luangkan waktu Anda sebentar untuk mencoba membuat akun Facebook atau mungkin membuat akun Twitter. Jika bingung, sudah banyak juga artikel yang membahas bagaimana cara membuat akun Facebook dan cara membuat akun Twitter.

  1. Internet Banking

Memang manfaat internet ini sangat banyak sekali. Hampir setiap kebutuhan manusia sekarang sudah bisa dipecahkan dengan media internet. Bukan hal yang sulit jika saat ini kita ingin transfer uang ke orang lain yang tinggalnya berjauhan seperti yang tinggal di luar negeri. Anda bisa memanfaatkan fasilitas internet banking atau electronic banking (e-banking). Kini Anda bisa transfer uang cukup dengan duduk manis saja di rumah tanpa harus datang langsung ke kantor bank. Dan kini hampir seluruh bank di Indonesia yang sudah menyediakan fasilitas internet banking.

  1. Sebagai Sarana Hiburan

Demi menyegarkan pikiran maka meluangkan waktu untuk melakukan hiburan bisa dikatakan penting. Setelah seharian sibuk beraktifitas sebaiknya Anda untuk menyempatkan waktu untuk hiburan. Sekarang tidak perlu bingung jika Anda ingin hiburan seperti menonton video, bermain game, mendengarkan musik, dan lain-lain. Semua itu bisa Anda peroleh hanya dengan mengakses internet.

Itulah ke-10 manfaat internet jika kita gunakan di jalan yang benar atau secara positif. Manfaat internet ini kalau kita bahas semuanya maka saya yakin satu artikelpun tidak akan cukup. Namun menurut saya 10 manfaat internet mampu mewakili beberapa manfaat lainnya.

 

~~~

Tulisan ini karya blogger tamu One's Excellent, pemilik blog yang menulis Info Menarik Tentang WordPress. icon wink Pentingnya Memahami Kondisi Psikologis Pengunjung Blog Anda

Ingin menulis di Isnuansa.Com? Baca ketentuannya di halaman Guest Blogger ya. Ditunggu!

The post 10 Manfaat Internet Jika Digunakan Secara Positif appeared first on isnuansa.com.

Tidak ada komentar: