Sabtu, 02 Mei 2015

isnuansa dot com: 6 Faktor Paling Berpengaruh Pada Traffic Blog

isnuansa dot com: 6 Faktor Paling Berpengaruh Pada Traffic Blog


6 Faktor Paling Berpengaruh Pada Traffic Blog

Posted: 02 May 2015 12:58 PM PDT

Ada banyak artikel tentang tutorial blog di internet, mulai dari cara membuat blog, cara utak-atik HTML, tips SEO, dll. Dengan menggunakan keyword tertentu kita akan disuguhkan tutorial-tutorial yang sebagian besar isinya hampir mirip. Ending dari semuanya itu adalah agar blog memiliki banyak pengunjung.

Untuk membuat blog yang ramai pengunjung ada enam faktor penting yang harus diperhatikan. Enam faktor itu adalah konten, SEO, backlink, desain, loading, dan tombol share. Saya akan mengurutkan faktor-faktor tersebut dari yang paling penting sampai yang “agak penting” dengan menggunakan harga anak catur sebagai pembanding.

 

 

Konten

Konten adalah bagian paling penting dari sebuah blog, salah satu pebisnis tersohor dunia Bill Gates pernah mengatakan “Content is King”. Konten yang berkualitas adalah konten yang bisa memberikan informasi yang dibutuhkan pengunjung dan mampu memuaskan pengunjung. Konten tersebut menarik, informatif, bermanfaat, dan unik. Prinsip dasar membuat konten berkualitas adalah menulis untuk pengguna bukan untuk mesin pencari. Dalam permainan catur konten ibaratkan rajanya, nilainya tidak terhingga.

 

Desain

Desain memiliki pengaruh besar karena menyangkut indera penglihatan. Setiap orang pasti suka melihat hal-hal yang indah, sehingga template yang direkomendasikan adalah template dengan desain yang menarik, user friendly, rapi dan sesuai dengan tema blog. Template yang tata letaknya teratur dan navigasinya mudah akan membuat pengunjung betah berlama-lama menjelajahi blog kita. Dalam permainan catur desain ibaratkan ratu atau menterinya, nilainya 9 poin.

 

SEO

Mengoptimalkan SEO akan membantu blog berada di posisi yang bagus di mesin pencari. Ini termasuk mendaftarkan blog di search engine, penggunaan meta tag, submit blog di blog directory, dll. Banyak yang bilang SEO adalah yang terpenting setelah konten, tapi bagi saya desain masih lebih penting daripada SEO. Perlu diingat bahwa meskipun tanpa SEO halaman blog tetap akan terindeks oleh mesin pencari seperti Google, asalkan kita tidak melakukan pengaturan yang mencegah mesin pencari megindeks. Dalam permainan catur SEO ibaratkan bentengnya, nilainya 5 poin.

 

Backlink

Backlink yang mengarah pada sebuah blog juga dapat meningkatkan jumlah pengunjung. Apabila sebuah blog menaut blog lain sebagai rujukan untuk pembacanya maka akan membuka keran traffic ke blog yang ditaut. Jumlah backlink salah satu tolak ukur pentingnya sebuah blog atau situs dan digunakan oleh mesin pencari untuk menentukan peringkat halaman. Backlink juga bisa “dijemput” dengan cara bertukar link (sudah tidak musim), berkomentar di blog orang lain atau menjadi guest blogger. Dalam permaian catur backlink ibaratkan gajahnya, nilainya 3 poin.

 

Tombol Share

Saat ini ada banyak media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan pengunjung, ada Facebook, Google+, Twitter, dsb. Menyediakan tombol share media sosial akan memudahkan pengunjung yang ingin membagikan artikel blog. Pengunjung yang menganggap artikel anda menarik dengan senang hati akan membagikannya di jejaring sosial miliknya. Aktifitas ini akan dilihat oleh teman-temannya di jejaring sosial tersebut sehingga akan membuka peluang datangnya pengunjung baru. Dalam permainan catur tombol share ibaratkan kudanya, nilainya 3 poin sama dengan backlink.

 

Loading

Jangan sepelekan loading (waktu muat), blog harus bisa diakses dengan cepat karena pengunjung tidak suka menunggu lama untuk mendapatkan informasi yang dicari. Blog yang loadingnya lama akan membuat pengunjung pergi ke “toko sebelah”, mereka malas menjelajahi lebih lanjut. Kurangi pemasangan widget-widget yang tidak terlalu penting dan hindari penggunaan javascript yang berlebihan. Gambar-gambar yang filenya terlalu besar sebaiknya dicompress atau resize terlebih dahulu. Dalam permainan catur loading adalah pionnya, nilainya 1 poin.

 

Itulah faktor-faktor paling berpengaruh dalam meningkatkan jumlah pengunjung blog, dari yang paling penting sampai yang “agak penting”. Atau mungkin anda punya pendapat lain?

~~~

Ditulis oleh LAJUPU untuk Isnuansa.com – CC BY-SA

The post 6 Faktor Paling Berpengaruh Pada Traffic Blog appeared first on isnuansa.com.

Tidak ada komentar: