Rabu, 27 Mei 2015

isnuansa dot com: 5 Penyebab Utama Blog Sangat Sulit Terkenal

isnuansa dot com: 5 Penyebab Utama Blog Sangat Sulit Terkenal


5 Penyebab Utama Blog Sangat Sulit Terkenal

Posted: 26 May 2015 10:11 PM PDT

Siapa sih orangnya yang tidak ingin sesuatu hal yang sedang dijalaninya menjadi sukses? Begitupun dengan seorang webmaster atau blogger pasti tujuan utamanya adalah sebuah kesuksesan. Sedangkan pilar utama sukses ini adalah menjadikan blog yang dikelolanya menjadi terkenal. Dengan kata lain jika blognya menjadi terkenal dan banyak pengunjung yang datang maka bisa dikategorikan sebagai blogger sukses.

Namun untuk menjadikan blognya sebagai ladang kesuksesan itu tidak semudah mengedipkan mata. Membuat blog menjadi terkenal dan menjadi idola pengunjung bukan hal yang mudah. Semua itu membutuhkan perjuangan yang terkadang rintangan dan tantangannya sangat berat. Banyak yang harus dikorbankan, seperti materi, waktu, tenaga, dan lain sebagainya.

Tetapi walaupun begitu bukan sesuatu hal yang mustahil jika hanya dengan modal sebuah blog, bisa sukses. Banyak sekali contohnya blogger-blogger yang bisa meraih kesuksesan. Baik blogger luar negeri dan blogger dalam negeri (Indonesia). Lalu pertanyaanya apakah kita yakin bahwa diri kita sendiri akan mampu mengikuti jejak mereka yang sudah terkenal dan sukses lebih dulu? Jawabannya kita harus optimis bahwa pasti bisa dan mampu. Karena jika sesuatu hal kita kerjakan dengan sungguh-sungguh seperti halnya menjadi blogger, maka pasti ujung-ujungnya kita akan menemukan sebuah kesuksesan.

Sebelum berangan-angan untuk menjadi blogger sukses, saya telah merangkum 5 penyebab utama yang biasanya menjadi penghambat atau sulitnya blog menjadi terkenal. Karena terkenal dan sukses ini masih mempunyai korelasi yang tidak bisa dipisahkan. Blogger sukses biasanya terkenal dan blogger terkenal tentunya lebih mudah sukses.

Blog Populer Terkenal

 

Berikut Yang Menjadi Penghambat Utama Blog Sulit Terkenal

  1. Kurang Tepat Mengambil Niche Blog

Hal pertama yang sangat mengdasar sekali adalah sebelum membuat blog kita meski menentukan niche blog yang akan kita buat. Salah mengambil niche blog maka akan menjadi penghambat. Usahakan niche blog yang kita buat adalah niche yang paling banyak dicari oleh orang-orang. Dalam hal ini kita bisa mencari niche yang paling banyak digandrungi orang-orang dengan memanfaatkan Tools Google Trends.

Namun bukan berarti blog gado-gado sulit untuk menjadi blog terkenal. Banyak juga contohnya dengan modal blog gado-gado menjadi sukses. Namun alangkah baiknya jika blog yang kita kelola mempunyai niche tertentu. Dan perlu diperhatikan juga, menentukan niche harus disesuaikan juga dengan skill yang kita miliki. Karena jika kita tidak menguasai dengan benar materi yang akan ditulis sesuai niche, maka ujung-ujungnya sulit untuk mengembangkan blog.

  1. Salah Melakukan Promosi Blog

Kegiatan promosi blog sangat diwajibkan, terutama bagi blog yang baru lahir. Kegiatan promosi ini bisa kita lakukan dengan berbagai macam cara, dan tentunya dengan cara yang benar. Jangan sampai salah langkah dalam melakukan promosi blog yang kita kelola. Dengan cara yang salah tentunya bukan blog menjadi terkenal, malah akan sebaliknya.

Untuk promosi blog bisa kita lakukan dengan cara blogwalking ke blog-blog terkenal. Ketika melakukan blogwalking jadilah tamu blog yang beretika. Jangan sekali-sekali melakukan teknik spam. Contohnya meninggalkan jejak di kotak komentar dengan komentar yang alakadarnya yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan artikel yang dibaca. Dari kegiatan blogwalking ini kita akan mendapat dua keuntungan sekaligus. Pertama akan mendapat backlink yang mengarah ke blog kita. Kedua akan mendapat kunjungan balik dari pemilik blog atau dari pengunjung lain yang membaca komentar kita di blog tersebut.

Salah satu teknik yang salah ketika melakukan promosi blog adalah dengan cara membagi-bagi link artikel seperti di media sosial Facebook, grup-grup Facebook, Forum-forum, dan lain sebagainya. Kegiatan membagikan link ini bukan berarti sama sekali jangan dilakukan. Namun cobalah teknik membagikan link ini menggunakan cara yang benar. Misal jika kita aktif di grup Facebook ada member yang bertanya yang kebetulan kita mempunyai penjelasannya yang ditulis di artikel blog, maka berilah link URL artikel tersebut. Jadi jangan tiba-tiba masuk grup langsung membagikan link hanya dengan ucapan "Kunjungi ya, pasti nanti saya berkunjung balik."

  1. Kurang Jelas Menyajikan Artikel

Yang menjadi penyebab sulitnya blog menjadi terkenal adalah artikel yang kita tulis di blog kurang lengkap dan sulit dipahami pengunjung. Mungkin yang menjadi faktor penyebab ini adalah kurangnya pengetahuan kita dalam membahas artikel tersebut. Maka dari itu kita harus berusaha jika menulis artikel itu harus benar-benar materinya yang kita kuasai. Jika banyaknya artikel yang ditulis sulit dipahami pengunjung, maka otomatis pengunjung akan merasa kecewa. Mereka pikir hanya membuang-buang waktu secara percuma. Dan akhirnya mereka jera untuk kembali lagi ke blog tersebut. Pengunjung datang ke blog kita tujuan utamanya adalah mencari informasi yang seharusnya mereka akan puas dengan yang dibacanya tanpa harus berputar-putar mencari informasi lainnya.

  1. Tidak Tepat Melakukan Teknik SEO

SEO untuk blog sangat penting. Tanpa melakukan teknik SEO maka blog sulit terkenal. Mau tidak mau kita harus sedikit-sedikit belajar tentang ilmu SEO. Karena memang artikel-artikel yang kita tulis tujuan utamanya adalah agar datang pengnjung yang berhasil menemukan blog kita melalui search engine.

Teknik SEO ini sebaiknya kita menggunakan dengan teknik yang benar. Menguasai ilmu SEO ini memang membutuhkan waktu yang lumayan cukup lama. Bagi saya pribadi ilmu SEO ini sangatlah misterius. Namun yang terpenting kita jangan melakukan teknik SEO blog dengan cara yang salah jalan. Hindari penggunaan teknik SEO Black Hat. Karena percuma, sekarang Google sudah semakin canggih dan sangat pintar. Bentuk apapun teknik SEO yang salah maka ujung-ujungnya blog kita akan ditendang jauh-jauh dari peredaran dunia maya. Google akan mengkarantina blog yang menerapkan teknik SEO yang salah di kurungan pasirnya Google (Google Sandbox).

  1. Habis Ide Menulis Akhirnya Melakukan Copy Paste

Nah hal ini terkadang paling sering dialami oleh para blogger termasuk saya pribadi. Kehabisan ide menulis itu adalah hal yang biasa. Namun dari habisnya ide ini, kita jangan sekali-sekali untuk melakukan copy paste dari blog lain lalu diterbitkan di blog kita. Algoritma Google sudah canggih dengan adanya Google Panda dan Google Penguin. Efeknya artikel hasil plagiat akan sulitnya diindex dan bahkan akan hilang dari SERP. Dengan begitu hilanglah tujuan utama kita yaitu ingin membuat blog menjadi terkenal.

Pengalaman saya jika ketika sulit untuk menentukan ide menulis, biasanya saya suka membaca-baca blog orang lain. Maksudnya siapa tahu akan menemukan ide menulis yang topiknya sesuai dengan materi yang saya kuasai. Jika terpaksapun harus melakukan copy paste, maka usahakan jangan sampai full copy paste. Tapi sebaiknya kita edit lagi dengan gaya bahasa kita sendiri. Istilah lainnya gunakan jurus ATM (Amati, Tiru, dan Modofikasi).

Mungkin hanya itu saja yang menjadi penyebab utama sulitnya blog menjadi terkenal. Sebenarnya jika dibahas semuanya, saya yakin tidak akan cukup dalam satu artikel. Untuk itu sebaiknya Anda mencari sendiri di internet untuk memperkuat pemahaman. Salam sukses.

~~~

Penulis: One’s Excellent, pemilik blog yang menulis Info Menarik Tentang WordPress, senantiasa akan selalu menyajikan Info Seputar EPS-Topik Korea – Pendidikan – Photoshop – Software – WordPress Terlengkap dan Gratis.

The post 5 Penyebab Utama Blog Sangat Sulit Terkenal appeared first on isnuansa.com.

Tidak ada komentar: