Sabtu, 21 Maret 2015

isnuansa dot com: Sarapan Dengan Cake Buatan Sendiri

isnuansa dot com: Sarapan Dengan Cake Buatan Sendiri


Sarapan Dengan Cake Buatan Sendiri

Posted: 21 Mar 2015 12:57 PM PDT

Menu paling sering yang saya bikin saat sarapan itu adalah nasi goreng telur. Mulai dari telur ceplok, telur dadar, sampai telurnya dicampur di nasi. Kalau udah lumayan bosen, masih tetep nasi goreng sih, tapi tanpa telur. Hahaha, tetep aja ya judulnya nasi goreng. Sehari atau dua hari dalam seminggu, biasanya makan roti. Rotinya bukan buatan sendiri, beli jadi aja yang tinggal makan, dengan isi keju atau isi coklat.

Sarapan itu kan memang pengennya yang ringan-ringan. Ringan makannya, juga ringan membuatnya. Maksudnya, gampang dan cepat gitu. Maklum, pagi hari itu kan paling rempong ya, buat ibu-ibu bekerja yang harus beberes rumah dulu, nyiapin segala macem, trus harus ngantor juga sesudahnya. Kalau cuma berkutat di dapur aja, jangan-jangan matahari udah di atas kepala, makanan baru siap, hahaha.

Eits, tapi jangan salah. Setelah saya praktek, baru saya bisa bilang, ternyata buat cake sendiri itu juga nggak terlalu ribet kok. Waktunya juga nggak sampai 1 jam, sudah mateng, sudah beres semuanya. Jadi, kalau mau bangun (sedikit) lebih pagi dan nyiapin bahannya, saat anak bangun nanti, cake sudah matang dan bisa dihidangkan dalam kondisi fresh from the oven. Yuk, coba.

Sponge Cake Rasa Pandan Dengan Olive Oil

• Prep time: 20 min
• Cook time: 30 min
• Total time: 50 min
• Yield: 20
• Difficulty: easy
• Recipe type: Breakfast/Snack

Ingredients:
• 6 butir telur
• 1 bungkus sponge cake instan
• 100 gram margarin yang dilelehkan
• 30 ml Olive Oil

Directions:

  1. Panaskan oven terlebih dahulu, supaya ketika adonan siap, oven sudah panas. Lalu kocok telur selama kurang lebih 2 menit hingga mengembang.
  2. Masukkan sponge cake instan sedikit demi sedikit, sambil dikocok dengan kecepatan tinggi selama 7 menit.
  3. Matikan mixer, masukkan margarin yang telah dicairkan dan Olive Oil, lalu aduk dengan spatula sampai merata.
  4. Tuang ke dalam loyang yang sudah dilapisi margarin, dan oven dalam suhu 180 derajat Celcius selama 30 menit hingga matang. Siap disajikan.

Cake Olive Oil

Note:
Saya terlalu semangat praktek, sampai-sampai tidak tahu ukuran loyang dibandingkan dengan banyaknya resep. Saat saya tuang, ternyata kebanyakan dan adonan meleber ke mana-mana. Hahaha. Jadi, harus diperhatikan ya, untuk 1 bungkus sponge cake instan dengan penambahan 6 butir telur, kalau pakai loyang tulban ukuran 22 cm diameternya, bakalan nggak muat. Jadi, lebih baik kalau pakai setengah resep saja (3 telur dan setengah bungkus sponge cake instan).

Kalau masih ada yang bingung, kenapa bikin cake kok pakai Olive Oil segala, bisa gabung ke Olive Oil ID dan Bergabunglah di Revolusi Olive Oil. Biar dikasih pencerahan kalau Olive Oil itu lemak sehat. ;-)

Sarapan saya jadi beda deh, nggak nasi goreng melulu. Mau nyicip? Sini, sini.

The post Sarapan Dengan Cake Buatan Sendiri appeared first on isnuansa.com.

Tidak ada komentar: