Rabu, 04 Maret 2015

isnuansa dot com: Dalemannya Yang Penting ;-)

isnuansa dot com: Dalemannya Yang Penting ;-)


Dalemannya Yang Penting ;-)

Posted: 03 Mar 2015 07:37 PM PST

Saya pernah punya pengalaman beli smartphone belom genap satu tahun barangnya sudah rusak. Kalau dinyalain lebih dari 30 menit, udah langsung panas banget gitu handphone-nya. Akhirnya saya lem biru aja, dan jadi ilfil deh sama merek yang itu. Padahal tipe yang saya beli bukan yang low-end lhoh. Dih. Nggak akan mau beli merek itu lagi, kecuali dikasih sama produsennya buat direview, hehehe.

Jadilah saya balik lagi ke handphone jadul yang sudah menemani sejak tahun 2010. Meskipun belom termasuk kategori smart, lumayanlah, kameranya mumpuni, dan nonton video di handphone itu kualitasnya udah HD. Maklum, anak bayi saya lagi hobi-hobinya nonton kartun, mulai dari yang lokal seperti Sopo dan Jarwo, hingga Marsupilami dan Monk the Little Dog.

Kerjaan saya belakangan ini jadinya download video-video begitu tersambung di wi-fi. Soalnya mau mengurangi kebiasaan anak nonton langsung di Youtube. Biaya streaming-nya bikin quota internet langsung nyungsep, hehehe.

Kalau ada rejeki, bulan depan pengen beli handphone satu lagi. Hamasak iya, jaman sekarang masih pakek handphone keluaran 2010 terus. Udahlah, yang itu biar buat anak nonton film kartun hasil download-an saya aja.

Pilih-pilih handphone selama ini sih, faktor ‘penampilan luar’ masih dominan dalam pengambilan keputusan saat membeli. Handphone harus terlihat tipis dan nggak terlalu besar di genggaman tangan. Modelnya juga harus kece. Tapi sekarang enggak lagi. Udah lumayan baca-baca, kalo bagian terpenting dari hanphone itu ternyata bukan di bagian yang terlihat.

Qualcomm Snapdragon

Dalemannya yang penting.

OS-nya sih, sudah pasti pilih android ya. Memory-nya yang lumayan gede, kalo bisa minimal 16/32 GB, 1,5/2 GB RAM. Dan kayaknya pilihan mengerucut ke Oppo N3.

Karena oh karena, prosesornya Qualcomm Snapdragon 801. Kabarnya, prosesor inilah yang menentukan, sebuah gadget mampu diajak multitasking atau enggak. Qualcomm Snapdragon 801 ini kan quad core, jadi punya 4 inti, yang masing-masing bisa menerima instruksi yang berbeda dalam waktu yang sama. Jadinya nggak perlu takut handphone lemot atau hang saat menjalankan aplikasi-aplikasi dengan spesifikasi berat bersamaan.

Jadi si Qualcomm Snapdragon 801 ini dikenal dengan sebutan chipset. Chipset ini terdiri dari sekumpulan mikrochip, atau disebut juga SoC, system on a chip. Isinya berbagai komponen mulai dari prosesor, pengolah grafis,  manajemen daya, hingga pengontrol konektivitas jaringan. Jadi, kalau udah pakai si Qualcomm Snapdragon 801, nggak perlu ganti gadget lagi ntar saat jaringan 4G udah bener-bener bisa dirasain. ;-)

Yang bakalan paling sering saya pakai manfaatnya nanti adalah bikin video ultra HD dari handphone. Dan juga buat main game anak-anak buat Diana. Nggak bisa dihindari deh kayaknya, kalau gadget kebanyakan disita sama anak buat maen game. Anak umur 2 tahun sekarang ini kan udah jago banget maen boneka di handphone mamanya. Udah dicoba di-download-in game edukasi yang ngitung-ngitung gitu, belom tertarik.

Ya udah deh, yang penting sekarang udah ngerti bagian-bagian handphone sampai ke dalemannya. Enggak lagi terpesona sama bentuk dan tampilan luarnya doang. Kalau mau kinerja handphone maksimal tanpa lemot dan hang saat dipakai kerja dan maen game berbarengan, ya harus dipastiin dulu deh, chipset yang dipakai di dalemnya apaan. Kalau Qualcomm Snapdragon 801, berarti udah nggak salah pilih. ;-)

The post Dalemannya Yang Penting ;-) appeared first on isnuansa.com.

Tidak ada komentar: