Kamis, 26 Februari 2015

isnuansa dot com: Membaca Google Analytics Secara Real Time

isnuansa dot com: Membaca Google Analytics Secara Real Time


Membaca Google Analytics Secara Real Time

Posted: 25 Feb 2015 10:50 PM PST

Cara Membaca Google Analytics Realtime

Klik gambar kalo mau lihat lebih detail.

Belakangan ini saya lagi lumayan sering membuka Google Analytics. Yap, memang buat melihat satu postingan yang saya garis bawahi merah di gambar di atas. Pembaca datang ke tulisan yang saya ikutkan lomba tersebut secara organik (dari mesin pencari). Sayangnya, saya nggak tahu kata kunci apa yang digunakan buat datang ke tulisan ini, karena not provided (tandanya mereka googling sambil sign in di akun gmail mereka).

Saya seneng sama Analytics, karena bisa membaca secara real time. Jadi pas lagi selo, bisa mantengin kinerja blog saya. Setiap kali ada orang datang, kita langsung tahu beberapa saat setelahnya. Yuk, mari saya kasih tunjuk apa saja yang bisa dibaca dari Analytics secara real time ini.

Cara Membaca Google Analytics

Klik gambar kalo mau lihat lebih detail.

 1. Waktu Nyata

Buat membukanya, ya pastilah buka Google Analytics masing-masing ya. Pilih Real Time atau Waktu Nyata seperti yang terlihat pada lingkaran nomer 1 gambar di atas. Lalu lintas pembaca blog kita akan terpampang nyata.

2. Jumlah Pengguna Yang Aktif

Dari gambar di atas, di lingkaran yang nomer 2 bisa terlihat, saat saya membuka Google Analytics tersebut, sedang ada 6 orang yang membaca blog saya. Angka tersebut akan naik turun secara real time, naik begitu ada yang datang, dan turun begitu ada yang meninggalkan blog kita. Keren, kan?

3. Laman Aktif Teratas

Lingkaran gambar nomer 3 di atas, bisa terlihat, dari jumlah 6 pembaca yang aktif di blog saya, pada postingan berjudul apakah mereka berada? Tanda / berarti sedang ada di Home. 5 pembaca lainnya berada di 5 judul yang berbeda seperti tertera di bawahnya.

4. Kata Kunci Teratas

Apa keyword yang diketikkan di Google dan membawa mereka datang ke blog? Nah, semua itu bisa dibaca di bagian yang saya beri tanda panah nomer 4. Sayangnya, tidak semua data ditampilkan oleh Analytics. Jika pengunjung blog mengetikkan keyword saat mereka aktif log in di akun Gmail mereka, kata kunci tersebut akan muncul sebagai not provided.

5. Tayangan Laman Per Detik

Tanda panah yang nomer 5 di gambar di atas, menunjukkan waktu lamanya pengunjung berada di blog kita. Bagusnya sih kalau nggak ada yang di bawah 15 detik trus kabur ya. Lebih bagus lagi kalau bertahan di atas 2 menit baru kabur dan atau pindah membuka halaman yang lain lagi.

Gimana? Seru, kan memperhatikan kinerja blog yang kita memiliki memakai Google Analytics secara real time? Tertarik buat ‘membaca‘ kinerja blog kita? Yuk, buka Analytics masing-masing. ;-)

The post Membaca Google Analytics Secara Real Time appeared first on isnuansa.com.

Tidak ada komentar: