Sabtu, 14 Februari 2015

isnuansa dot com: Extra Virgin Olive Oil, Sumber Omega 3 Otak Si Kecil

isnuansa dot com: Extra Virgin Olive Oil, Sumber Omega 3 Otak Si Kecil


Extra Virgin Olive Oil, Sumber Omega 3 Otak Si Kecil

Posted: 14 Feb 2015 09:04 AM PST

Extra Virgin Olive Oil

Selama ini sudah sering denger kan soal ALA, DHA, EPA yang dibutuhkan oleh pertumbuhan otak si kecil? Yap! Berbagai macam iklan susu formula yang berlomba-lomba menambahkan kandungan minyak esensial itu ke dalam produk mereka. Suplementasi zat-zat tersebut ke dalam susu formula, dikarenakan pada susu sapi, ALA, DHA dan EPA tersebut tidak ada, sedangkan pada ASI ada.

Jadi, apa sebenarnya ALA, DHA dan EPA tersebut?

Mereka adalah 3 tipe utama dari lemak sehat Omega 3. ALA (alpha-linolenic acid), DHA (docosahexaenoic acid) dan EPA (eicosapentaenoic acid) bersama-sama dengan AA (arachidonic acid) atau Omega 6, sangat dibutuhkan oleh tubuh, tetapi tidak bisa diproduksi sendiri. Fungsi lemak Omega 3 ini adalah untuk pertumbuhan sel otak, mengatur sistem saraf, memperkuat sistem kardiovaskular, meningkatkan kekebalan, dan membantu tubuh menyerap nutrisi. Omega 3 juga penting untuk fungsi otak yang sehat dan penglihatan.

Sumber Omega 3 yang selama ini sudah banyak diketahui oleh umum adalah telur, ikan (kembung, kakap, salmon, tongkol, tuna), brokoli, alpukat, kacang (kedelai, kenari), bayam dan susu (yang telah ditambahkan suplementasi tersebut). Oiya, ada satu lagi yang terkenal sebagai suplemen buat si kecil, yang bahannya minyak hati ikan cod. Yang belum terlalu populer adalah belut dan lele, yang juga sumber Omega 3 yang baik. Satu lagi: Extra Virgin Olive Oil. Makanan-makanan tersebut bisa disebut “brain food”.

Olive Oil itu mengandung 9,7% Omega 6 dan 0.76% Omega 3. Menurut BabyCenter, anak usia 1 hingga 3 tahun, setidaknya membutuhkan 7.000 miligram Omega 6 dan 700 miligram Omega 3 dalam sehari. Anak usia 4 hingga 8 tahun membutuhkan 10.000 miligram Omega 6 dan 900 miligram Omega 3 dalam 1 hari. Tetapi kabar gembiranya, kebutuhan tersebut tidak harus dipenuhi setiap hari, tetapi bisa dipenuhi sekaligus dalam beberapa hari atau satu minggu.

Bagaimana memberikan Extra Virgin Olive Oil ke makanan si kecil?

Ini yang paling gampil sebenarnya. Extra Virgin Olive Oil biasanya digunakan untuk dressing salad. Nah, untuk memperoleh manfaat yang paling optimal, Extra Virgin Olive Oil ini bisa langsung ditambahkan ke dalam makanan si kecil, sesaat sebelum diberikan. Contohnya? Saya biasa menambahkan satu sendok Extra Virgin Olive Oil dalam semangkuk sup. Atau dalam semangkuk sayur bayam. Masukkan saja, nggak perlu khawatir rasanya berubah. Justru makin yummy, kok.

The post Extra Virgin Olive Oil, Sumber Omega 3 Otak Si Kecil appeared first on isnuansa.com.

Tidak ada komentar: