Kamis, 21 Februari 2013

isnuansa dot com: Kisah Sukses Publisher Lokal Di Google Adsense

isnuansa dot com: Kisah Sukses Publisher Lokal Di Google Adsense


Kisah Sukses Publisher Lokal Di Google Adsense

Posted: 21 Feb 2013 02:10 AM PST

Cerita ini bermula ketika saya sebagai seorang buruh bangunan disuruh teman untuk membuat email, dalam hati selalu bertanya alamat email itu apa gunanya. Akhirnya karena sedikit penjelasan dari teman saya memberanikan diri untuk membuat email di warnet dekat rumah. “Sungguh terlalu,” mungkin itu kata-kata yang bisa diucapkan oleh penjaga warnet yang melihat saya selama 30 menit hanya tertegun di depan layar monitor komputer. Kenapa? Karena untuk menghidupkan komputer saja belum bisa, sampai akhirnya saya dibantu penjaga warnet untuk membuat email tersebut dan pilihan saya jatuh pada google mail.

Mungkin itu saat yang paling tidak terlupakan ketika email membuat hidup saya berubah dengan menjadi seorang blogger. Dan karena rasa tertarik yang besar dengan dunia maya membuat saya terus berinteraksi dengan internet hingga pada tanggal 28 Maret 2011 saya secara tidak sengaja mendaftar di program Google Adsense dan di luar dugaan diterima dalam waktu satu jam. Ingat betul saat itu jam 3 sore dan email pemberitahuan diterima jam 4 sore. Kabar gembira ini tentu saja membuat semangat blogging berkobar-kobar dan juga sering menjadi topik dalam percakapan. Namun kenyataanya tidak semua teman menganggap baik kabar itu, bahkan ada yang menganggap saya gila.. Apakah itu membuat patah semangat? Ternyata tidak. Dalam hati ingin membuktikan bahwa menghasilkan uang lewat blog dengan mengikuti program Google Adsense adalah sulit tetapi bukan hal yang tak mungkin.

Singkat cerita 10 bulan setelah itu saya mendapatkan pembayaran pertama dari Google Adsense dan sampai saat ini hampir tiap bulan selalu mendapatkan bayaran dari Google. Dengan pekerjaan sehari-hari sebagai buruh bagunan membuat saya tidak minder dalam bloggging dan justru lebih bersemangat agar blogging bisa menjadi alternatif penghasilan dalam hidup saya. Dan saat ini banyak teman dari kalangan mahasiswa sering berkumpul dengan belajar tentang Google Adsense bersama-sama.

Saya telah membuktikan bahwa blogging dan Google Adsense tidak mendiskriminasikan pangkat dan jabatan seseorang, mereka bisa berpartisipasi asal mau dan berusaha serta sabar. Walau sampai saat ini saya masih menggunakan blogspot dalam blogging, bukan karena tidak mau membeli Top Level Domain tetapi karena kesulitan cara membayar, maklum sebagai orang desa hal ini cukup sulit.

Dan berikut ini tips bagaimana saya menghasilkan 100 sampai 500 dollar per bulan dari Adsense;

1. Membuat blog baru dengan membidik micro site dengan bantuan dari Amazon.com sehingga blog tadi hanya berisi sekitar 25 postingan. Keuntungan dari blog micro ini adalah pengunjung yang tertarget sehingga tidak butuh terlalu banyak pengunjung, biasanya hanya dengan 100 sampai 200 pengunjung per hari anda bisa dapatkan 3 sampai 5 klik dengan nilai per klik lebih dari 1 dollar.

2. Membuat blog micro site sebanyak 10 buah dengan menulis sendiri atau menulis ulang ide yang sesuai kata kunci yang saya bidik. Dan sampai saat ini tidak pernah membeli atau menggunakan jasa penulisan artikel baik dalam negeri atau pun luar negeri.

3. Mendaftar di forum terkenal seperti forum digitallpoint dan juga warrior forum dan berusaha aktif selama masa awal pembuatan blog micro site.

4. Karena hanya membidik topik yang lebih sempit dari kata kunci utama , misalkan tentang pemanggang untuk luar ruangan yang sangat populer di Amerika, saya juga fokus pada trafik organik yang mengandalkan kekuatan artikel.

5. Tidak pernah blogwalking dengan menggunakan URL blog micro site di blog blog lokal atau pun luar . Hal ini saya lakukan untuk melindungi akun Adsense saya .

6. Selanjutnya adalah menunggu sampai waktu 3 bulan dari perkiraan paling lambat blog micro site itu mulai menghasilkan kurun waktu 6 bulan.

Paling tidak itu yang saya lakukan dan semua itu saya pelajari dari forum dan juga blog blog terkenal seperti Dailyblogtips.com dan juga Problogger.net

Kesimpulan dari perjalanan seorang publisher lokal hanyalah sedikit cerita bukan untuk pamer atau pun menyombongkan diri tetapi agar bisa memotivasi orang orang di sekitar kita agar meraih dan berusaha membuat angan-angan dan mimpi itu menjadi kenyataan.

~~~

Jumanto adalah seorang buruh bagunan yang sekaligus blogger paruh waktu yang berdomisili di Kota Kudus, ia blogging dengan blogspot yang menghasilkan minimal 100 dollar per bulan dan paling banyak 540 dollar sebulan. Salah satu blognya adalah http://candikota.blogspot.com

Tidak ada komentar: