Selasa, 05 Februari 2013

isnuansa dot com: Inilah Penyebab Bounce Rate Blog Saya Turun

isnuansa dot com: Inilah Penyebab Bounce Rate Blog Saya Turun


Inilah Penyebab Bounce Rate Blog Saya Turun

Posted: 04 Feb 2013 11:58 PM PST

Seperti yang saya tulis sebelumnya, saya masih punya utang untuk menjelaskan apa yang bisa menyebabkan bounce rate blog saya tiba-tiba menjadi 0,99%. Setelah diselingi dengan satu buah tulisan guest blogger, tiba saatnya saya punya waktu buat menulis sendiri. Yuks, mari disimak…

www.google.com%2520screen%2520capture%25202013 1 15 12 36 48 Inilah Penyebab Bounce Rate Blog Saya Turun

Seperti gambar screenshot di atas, masih belum ada perubahan bounce rate saya sampai tanggal 13 Januari [saat saya membuatnya], masih di kisaran 1%. Belum pernah naik drastis lagi menjadi 70an% seperti sebelumnya. Berarti, perubahan yang saya lakukan di blog saya tersebut berhasil membuat pengunjung membuka [setidaknya] 1 halaman lagi saat membaca tulisan saya.

Hanya satu yang saya lakukan, makanya saya yakin itulah penyebabnya: Mengganti Recent Post dengan Popular Post di sidebar blog. Ciyus?

Yap!

Lantas, saya pun tergerak untuk menduplikasi keberhasilan saya tersebut di blog saya yang satu lagi, untuk meyakinkan bahwa Popular Post bakalan berhasil membuat bounce rate blog menjadi turun.

www.google.com%2520screen%2520capture%25202013 1 15 13 4 33 Inilah Penyebab Bounce Rate Blog Saya Turun

Ternyata gagal.

Bounce rate blog bayi saya tetap tinggi, 76%.

Padahal sidebarnya sudah dibikin semirip mungkin dengan blog saya yang bounce rate-nya 1% itu. Malah sidebar blog bayi lebih simpel karena iklannya hanya ada 1.

Berarti, penggunaan Popular Post di sidebar tak selalu berhasil menekan angka bounce rate menjadi kecil. Lalu, saya berpikir, mungkin soal pilihan tema yang ikut andil dalam menurunkan angka bounce rate blog saya. Jelas ada perbedaan jauh di antara dua buah blog saya tersebut, meskipun sama-sama temanya spesifik, yang satu seputar bayi yang satu lagi soal pariwisata.

Untuk sementara kesimpulan saya, pencari informasi tempat wisata akan tertarik dengan objek wisata lain yang banyak dibaca orang (popular post) meskipun itu tidak sedang dibutuhkannya, sedangkan ibu rumah tangga yang nyasar ke blog bayi saya ketika mencari informasi, kurang tertarik dengan masalah bayi lainnya (yang sedang tidak dibutuhkan) saat membaca meskipun ditawari dengan judul tulisan lain yang banyak dibaca.

Ini saya kutip lagi komentar Mas Okto di tulisan sebelumnya soal pengalamannya dengan bounce rate blognya:

1. Cara kita menarik pengunjung ke blog bisa berpengaruh. Jika pengunjung yang datang melalui Search engine biasanya akan betah berlama-lama berbeda dengan pengunjung yang sifatnya referral (dari blog commenting)
2. Tergantung topik blog. Jika pengunjung betah berlama-lama berarti memang topik yang ditawarkan sesuai kebutuhan mereka
3. Jumlah artikel. Semakin banyak jumlah artikel semakin besar kemungkinan pengunjung betah berlama-lama karena banyak pilihan artikel untuk dibaca
4. Judul. Semakin menarik judul semakin penasaran pengunjung untuk membaca
5. Aspek lainnya, seperti popularitas blog (mencakup jumlah share tiap artikel, fanpage, followers, dll) bisa berpengaruh kepada psikologi pengunjung untuk memutuskan apakah akan berlama-lama di sebuah blog atau tidak.

Jadi begitu ya teman-teman, untuk sementara informasinya… Maaf terlambat nulisnya. icon biggrin Inilah Penyebab Bounce Rate Blog Saya Turun

Tidak ada komentar: