Jumat, 05 Oktober 2012

isnuansa dot com: Berapa Avarage Time on Site Blogmu?

isnuansa dot com: Berapa Avarage Time on Site Blogmu?


Berapa Avarage Time on Site Blogmu?

Posted: 05 Oct 2012 09:21 AM PDT

Okesip, lanjut ngomongin soal alexa. Yang belum baca tulisan sebelumnya, baca dulu ya. icon wink Berapa Avarage Time on Site Blogmu?

Jadi, pasca saya melahirkan, saya memang terlihat berhenti ngeblog. Wah, siapa bilang? Saya malah makin rajin nulis, lho. Cuma tempatnya aja yang pindah sementara. Blog ini apdet cuma kalo ada, …., ah sudahlah.

Saya membangun sebuah blog bayi di sub domain dari blog ini juga. Jumlah tulisannya ya sudah lumayan banyak.

Dan, secara perlahan, jumlah kunjungan menuju blog baru tersebut lumayan bagus. Pembaca tersebut datang dari search engine dan refferal banner yang saya taroh di sidebar blog saya dan blog suami. Saya belum pernah blogwalking menggunakan akun blog baru tersebut.

Kalau begitu, jumlah kunjungan ke blog saya adalah penjumlahan dari blog utama dan subdomain blog baru tersebut -yang bisa dibilang belum seberapa-.

Nah, selama membangun blog baru dan blog tersebut belum memperoleh kunjungan, nilai alexa blog saya menurun secara perlahan, seiring jarangnya saya apdet di blog utama, jarang blogwalking, dan kata kunci yang ada di blog saya makin lama makin turun kemumpuniannya.

Saya pikir, teori tentang alexa yang mengatakan bahwa nilai alexa akan semakin membesar jika kita jarang apdet blog, ada benarnya juga.

Lalu saya akhirnya membantah sendiri setelah alexa saya berangsur-angsur membaik, padahal saya tak juga mengapdet blog utama saya. Bagaimana bisa?

Saya melongok ke dalam Google Analytics. Sub domain saya rupanya sudah mulai mendapatkan kunjungan. Dan avarage time on site-nya berlipat lamanya dari yang biasa saya dan suami dapatkan di blog masing-masing.

Oh, rupanya itu kali ya kuncinya. Kalau ada kunjungan dari search engine dalam jumlah besar, trus, mereka bertahan lama di blog kita, berarti bisa disimpulkan blog kita berguna bagi pembaca. Alexa lebih suka blog yang begitu, kali ya..

Kalau sudah begini, saya ubah pertanyaan deh. “Berapa avarage time on site blog teman-teman?”

Tidak ada komentar: