Jumat, 27 November 2015

isnuansa dot com: Strategi Blogging yang Menghasilkan Bagi Seorang Pelajar

isnuansa dot com: Strategi Blogging yang Menghasilkan Bagi Seorang Pelajar


Strategi Blogging yang Menghasilkan Bagi Seorang Pelajar

Posted: 27 Nov 2015 01:08 AM PST

Ngeblog bagi Pelajar
Ngeblog bagi Pelajar

Salah satu cara untuk mengisi waktu luang dengan hal yang produktif dan bermanfaat bagi seorang pelajar adalah ngeblog. Blog pada saat ini tidak hanya untuk karyawan, pengusaha, mahasiswa, dan penjual online, namun, pelajar saat ini juga harus memiliki blog guna mendongkrak pembelajaran mereka.

Pada artikel ini kita tidak hanya akan berbicara mengenai cara membuat blog, lalu, membangunnya dan meningkatkan hasil belajar, tapi, kita akan berbicara cara membuat blog, lalu, membangunnya, nilai meningkat, dan kita mendapatkan tambahan uang saku dari blog tersebut.

Bagaimana caranya ?

Artikel ini akan dibagi ke beberapa bagian, yakni situs untuk membuat blog, strategi membangunnya, dan cara–cara menghasilkan uang dari blog tersebut.

Keuntungan Ngeblog bagi Pelajar

  1. Mengisi Waktu Luang dengan Hal yang Bermanfaat

Manfaat terbesar bagi seorang pelajar yang ngeblog adalah mengisi waktu luang dengan hal–hal yang bermanfaat. Dengan ngeblog, pelajar bisa terhindar dari salah pergaulan, pacaran, dan kegiatan negatif lain yang bisa merusak diri pelajar itu sendiri.

  1. Media Penyalur Bakat dan Minat

Bakat dan minat merupakan kegiatan yang bisa diketahui dalam jangka waktu cepat atau lambat. Salah satu cara menentukan bakat dan minat kita ada dimana adalah dengan ngeblog.

Salah satu aktivitas yang paling menonjol dari ngeblog itu sendiri adalah menulis. Nah, dengan menulis tersebut kita bisa mengetahui apa minat dan bakat yang tertanam dalam diri kita, bisa saja menulis itu sendiri adalah bakat dan minat Anda yang telah dianugrahi oleh sang Maha Pencipta.

  1. Mendongkrak Nilai Pembelajaran

Keuntungan lain yang dapat kita peroleh sebagai pelajar yang ngeblog adalah mendongkrak nilai pembelajaran di sekolah. Dengan adanya blog, kita bisa termotivasi untuk terus mengupdate blog tersebut dengan materi–materi pembelajaran sekolah, secara tidak langsung ini akan membuat otak kita memahami pelajaran yang dipublish di blog.

  1. Menambah Uang Saku

Bukan hal yang aneh lagi bila saat ini telah ada pelajar yang mampu membangun bisnis dengan omset jutaan rupiah per bulannya. Apakah Anda bisa ? Tentu bisa, salah satu caranya adalah dengan membangun blog pembelajaran yang menghasilkan.

Banyak cara menghasilkan uang melalui internet yang dapat pelajar lakukan di masa pendidikannya. Apa saja itu?

Belajar Membuat dan Membangun Blog

Untuk membuat blog itu tidak bayar kok, cukup buka situs, seperti blogger.com atau wordpress.com, kita sudah bisa membuat blog dengan mudah dan profesional. Namun, untuk menjadikan blog pelajar tersebut menghasilkan, tidak hanya kemampuan untuk membuat blog saja yang dipenuhi, ada beberapa langkah agar blog yang dibuat tersebut bisa sukses dan menghasilkan.

Berikut rincian langkah–langkah yang harus dipenuhi tersebut :

  1. Tentukan Niche Blog

Pertama, kita menentukan terlebih dahulu topik konten (niche blog) yang hendak di-publish di blog nantinya. Contoh dari topik konten tersebut adalah konten tentang pelajaran biologi, sosiologi, fisika, matematika, ekonomi, agama, prakarya, TIK, kimia, dsb.

Sebaiknya dalam menentukan niche blog tersebut, pilihlah topik konten, mata pelajaran apa yang paling Anda sukai dan mudah untuk memahaminya, bila Anda suka dunia biologi, jadikanlah biologi sebagai topik konten utama di blog.

  1. Membuat Blog

Kedua, setelah niche ditentukan mulailah untuk membuat blog, sebaiknya gunakan platform blogger.com sebagai tempat untuk membuat blog yang gratis. Kenapa blogger?

Karena, blogger.com bisa dioptimasi secara bebas untuk menghasilkan uang, template yang tersedia banyak, dan mudah untuk pengaturannya.

  1. Menulis Konten Blog

Ketiga, menulis konten di blog. Ini adalah bagian yang menentukan apakah blog tersebut akan sukses atau tidak. Biasanya, blog dengan konten yang bermanfaat dan berkualitas lebih mudah untuk menghasilkan.

Dalam blog sebagai media pembelajaran, konten tentang pelajaran harus rajin–rajin di-publish di blog Anda. Bila niche yang dipilih adalah biologi, rajin–rajinlah menulis dan meng-update blog Anda dengan materi–materi pelajaran biologi. Semakin rajin Anda meng-update, semakin besar pula peluang untuk menjadikan blog Anda sukses.

Ingat pula, konten yang di-publish di blog tersebut merupakan konten hasil tulisan sendiri, bukan hasil dari copy dan paste.

  1. Mendatangkan Trafik

Keempat, agar blog yang dibangun tersebut dikenali oleh orang – orang, maka kita perlu melakukan cara untuk mendatangkan dan meningkatkan trafik ke blog yang dibangun.

Untuk mendatangkan dan meningkatkan trafik ke blog ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yakni :

  • Aktif di media sosial, seperti facebook dan twitter.
  • Aktif di forum, seperti kaskus dan bersosial.
  • Aktif mempromosikan blog di sekolah, misalnya melalui pemberitahuan kepada teman atau melalui kaos.

Aktif dalam hal ini berarti ikut berpartisipasi memberi tahu informasi dan sharing artikel blog di berbagai media seperti yang disebutkan di atas.

  1. Menghasilkan Blog

Kelima, adalah cara–cara untuk menghasilkan melalui blog. Ini adalah moment yang sangat spesial bagi blogger pelajar. Apa saja cara–cara untuk mendatangkan uang dari blog yang kita bangun? Berikut rinciannya:

  • Periklanan, apabila blog yang Anda bangun sudah memiliki banyak pengunjung, sediakanlah slot khusus untuk iklan. Dari iklan tersebut kita bisa mendapatkan uang. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang periklanan adalah Google Adsense. Anda dapat bergabung dengan Google Adsense apabila memenuhi syarat–syarat dari Google Adsense itu sendiri.
  • Menjual Produk, cara berikutnya adalah menjual produk. Salah satu produk yang dapat dijual di blog pendidikan yang kita bangun adalah slide presentasi mengenai media pembelajaran. Buatlah slide yang menarik, dan sertakan informasi yang lengkap dalam slide tersebut mengenai suatu materi pembelajaran, lalu, tawarkan pada pengunjung situs Anda.

Demikian saja pembahasan mengenai strategi blogging untuk pelajar. Kesuksesan tidak ada yang instan, setiap manusia memiliki jatah gagalnya masing–masing, jangan pernah takut untuk gagal, karena, kita tetap akan melalui tahap–tahap menggapai kesuksesan dengan menghabiskan terlebih dahulu jatah kegagalan.

Semoga artikel sederhana ini memberikan manfaat kepada pembaca. Salam blogger pelajar!

~~~

Tentang Penulis

Saya adalah seorang pelajar kelas XI SMA yang bernama Reyhan Ivandi, biasa dipanggil Ivan. Mengenal dunia blogging sejak tahun 2013. Menyukai bacaan mengenai bisnis, motivasi, dan inspirasi. Saat ini sedang mengelola situs PROLAPAK.COM | Portal belajar IM dan SEO dengan alamat http://prolapak.com.

The post Strategi Blogging yang Menghasilkan Bagi Seorang Pelajar appeared first on isnuansa.com.

Tidak ada komentar: