Minggu, 27 September 2015

Jimmy Sun

Jimmy Sun

Link to Jimmy Sun

Buku Harian (Diary) / Jurnal dengan Twitter

Posted: 26 Sep 2015 06:34 PM PDT

dear diary

Saya senang membuat catatan pribadi, semacam jurnal tentang apa yang terjadi, dan buat saya menarik untuk dicatat. Kadang, curahan hati pun bisa dicatat 😀 , yah jadi seperti buku harian. Tapi saya malas menulis di buku harian karena:

  1. Malas menulis di buku.
  2. Takut dibaca orang lain.
  3. Malas menulis / mengetik panjang lebar.

Untuk problem yang pertama sebetulnya sudah bisa diatasi dengan berbagai macam software diary yang tersedia, baik online seperti Penzu maupun offline. Problem kedua pun bisa diatasi setelah mengatasi problem pertama, dengan menggunakan password dsb. Sedangkan problem ketiga, tidak bisa diatasi. Tahu kan biasanya (terutama perempuan) kalau menulis diary itu dimulai dengan, “Dear Diary.. ” bla bla bla panjang lebar menuliskan perasaannya atau apa pun yang ingin ditulis. Nah, kalau saya senang yang singkat-singkat saja. Apa yang sedang ada di pikiran saat itu, bisa langsung ditulis. Kalau menulis diary yang panjang lebar kan butuh waktu khusus, misalnya sebelum tidur atau saat senggang, kadang keburu lupa apa yang mau ditulis.

Setelah dipikir-pikir software apa yang cocok untuk tujuan saya ini, sepertinya Twitter cocok. Cukup untuk menulis jurnal-jurnal singkat, bisa pakai foto, pakai password, dan ada aplikasinya di handphone untuk memudahkan posting. Lalu muncul pertanyaan: Twitter kan umum, bagaimana bisa post kita tidak terbaca orang lain? Jawabannya adalah dengan membuat semua posting / tweet kita menjadi protected sehingga tidak akan bisa dibaca oleh non-follower. Cara untuk membuat tweet menjadi protected bisa dilihat di sini.

Tips lain supaya tweet Anda benar-benar hanya menjadi konsumsi Anda pribadi:

  1. Buat account baru dengan username yang unik dan aneh supaya tidak bisa dicari orang.
  2. Jangan follow orang lain dan jangan biarkan orang lain untuk follow Anda (kecuali orang yang Anda perbolehkan / inginkan untuk membaca tweet Anda).
  3. Jangan gunakan aplikasi Twitter di handphone Anda karena untuk menggunakan aplikasi ini Anda tidak perlu login lagi. Kalau ada teman / keluarga yang kebetulan mengutak-atik handphone Anda dan membuka aplikasi Twitter, atau amin-amit handphone Anda hilang, kebaca deh semua.. Agak repot sedikit tapi lebih aman: gunakan mobile browser di handphone, dan jangan lupa untuk selalu logout setelah posting. Bisa juga sih posting dari komputer tapi lebih repot lagi kan karena kita tidak selalu ada di depan komputer, tapi kalau handphone sudah hampir bisa dipastikan akan selalu ada di sisi kita.

So.. selain buat social media, Twitter bisa juga nih difungsikan buat hal lain yang berguna :)

Buku Harian (Diary) / Jurnal dengan Twitter

Tidak ada komentar: