Minggu, 13 September 2015

Jimmy Sun

Jimmy Sun

Link to Jimmy Sun

Jangan Memulai Chat dengan PING!!!

Posted: 12 Sep 2015 06:30 PM PDT

ping!!!

Seringkah Anda disapa orang lain di BBM dengan PING!!!, atau mungkin di Yahoo Messenger dengan BUZZ!!!? Kalau orang yang ngeping itu teman atau orang yang memang sudah Anda kenal, mungkin tidak terlalu masalah, tapi kalau orang yang tidak dikenal? Menurut saya pribadi ini sangat tidak sopan dan terkesan kurang ajar. Ini banyak dialami oleh para pemilik toko online.

Ini contoh yang keterlaluan:
bbm ping

bbm ping

Ini contoh yang agak mendingan karena setelah ngeping dia langsung bertanya:
bbm ping

PING!!! dan BUZZ!!! diciptakan untuk memanggil orang yang diajak chat kalau dia tidak menjawab dalam waktu yang cukup lama, atau kalau ada sesuatu yang penting dan mendesak, dan tidak diciptakan untuk menyapa atau memulai pembicaraan. Bukankah akan jauh lebih baik dan sopan bila memulai chat dengan: “Selamat pagi / siang..”, atau kalau tidak perlu terlalu formal bisa kan dengan “Halo..” dan lainnya?

Berdasarkan pengalaman saya, jauh lebih banyak orang yang memanggil dengan PING!!! atau BUZZ!!! adalah anak sekolah / remaja. Ya mungkin masih bisa dimaklumi ya :) Tapi kalau orang dewasa apalagi profesional atau pebisnis, ini tidak bisa dimaklumi.

Saya pernah ngobrol dengan seorang bos besar, dia bercerita bahwa pernah ada seorang salesman yang baru saja berkenalan dengannya menawarkan produk, lalu meminta pin BBM sang bos, dan di-add lah BBM-nya. Sehari kemudian dia tanpa basa-basi langsung ngeping si bos di BBM. Hasilnya, pin BBM si salesman dihapus dan si bos tidak mau ngorder. Menurut sang bos, si sales itu sangat tidak sopan.

So.. gunakan PING!!! dan BUZZ!!! dan yang lainnya di program chat lain (kalau ada, setahu saya di Whatsapp dan Line tidak ada) dengan bijak.

Jangan Memulai Chat dengan PING!!!

Tidak ada komentar: