Sabtu, 27 Desember 2014

Jimmy Sun

Jimmy Sun

Link to Jimmy Sun

Cari Reseller / Dropshipper Sebanyak-banyaknya

Posted: 26 Dec 2014 08:59 PM PST

Beberapa hari yang lalu saya menemukan satu supplier dropship yang menerapkan sistem target kepada para dropshippernya. Dia menetapkan syarat yaitu dalam 2 minggu minimal dropshipper harus menjual 3 produknya, kalau target tersebut tidak tercapai, maka slot untuk dropshipper yang tidak mencapai target tersebut akan diberikan kepada dropshipper lainnya.

Menurut saya pribadi, ini adalah aturan yang kurang pas, karena:

  1. Reseller / dropshipper bukanlah karyawan, mereka tidak digaji. Berbeda dengan profesi lain seperti salesman perusahaan yang diberi gaji pokok, kalau target tidak tercapai, maka salesman tersebut terancam dipecat.
  2. Reseller / dropshipper mempromosikan produk tanpa minta ganti biaya promosi. Mungkin saja mereka promosi dengan pasang iklan di facebook, adwords, atau yang lainnya. Bahkan mereka hanya update status di BBM saja pun harus sudah keluar biaya. Mereka sukarela mempromosikan produk yang dijual produsen, kenapa produsen harus memberikan target?

Bila Anda memiliki produk sendiri yang ingin Anda pasarkan secara online, misalnya yang sangat laku dijual online: produk bayi dan makanan ibu hamil, atau offline sekalipun, bukankah akan lebih baik bila lebih banyak orang yang menjual produk Anda? Jangan batasi mereka dengan peraturan yang “menyusahkan”. Bisa jadi mereka mau jualan karena hobi dan bukan karena butuh, kalau dikasih target begitu, mereka jadi malas jualan. Sekalipun ingin diberi target, mungkin bisa dengan memberi bonus atau diskon tertentu apabila target tersebut tercapai. Tidak perlu sanksi di-terminate apabila tidak mencapai target (seperti marketing / salesman).

Sama seperti vendor produk-produk digital, mereka biasanya mencari affiliate marketer sebanyak-banyaknya untuk memasarkan produk-produknya. Kalaupun ada peraturan yang diterapkan, paling peraturan penundaan komisi untuk mengatasi konsumen yang melakukan refund, atau pemotongan komisi untuk biaya administrasi apabila tidak ada penjualan dalam beberapa periode.

Nah, kembali ke supplier yang saya temukan tadi.. kalau ternyata dropshipper selalu mencapai target, apakah akan dapat reward lebih? Ternyata tidak! :( Sebetulnya sistem yang mereka terapkan itu bisa positif dan negatif. Positifnya mungkin bisa membuat dropshipper jadi rajin jualan demi mencapai target. Negatifnya bisa membuat dropshipper jadi malas.. kebetulan saya masuk ke yang negatif nih :D Bagaimana dengan Anda?

Cari Reseller / Dropshipper Sebanyak-banyaknya

Tidak ada komentar: