Selasa, 25 Maret 2014

isnuansa dot com: Gunakan Alat Gratis Ini untuk Riset Kata Kunci

isnuansa dot com: Gunakan Alat Gratis Ini untuk Riset Kata Kunci


Gunakan Alat Gratis Ini untuk Riset Kata Kunci

Posted: 24 Mar 2014 11:17 PM PDT

Pernah lihat blog yang memiliki ribuan pengunjung setiap harinya? Blog yang dimiliki pribadi loh bukan yang dimiliki perusahaan. Pasti pernah kan melihatnya. Salah satu cara agar blog memiliki banyak pengunjung yaitu riset kata kunci.

Sebelum membuat dan menentukan nama blog atau membuat artikel di blog sobat sebaiknya riset kata kunci terlebih dahulu untuk melihat jumlah pencarian kata kunci tersebut. Apakah banyak yang mencari atau bahkan tidak ada yang mencarinya. Jumlah pencarian penting untuk melihat prediksi kunjungan orang yang akan berkunjung ke blog sobat.

Salah satu alat untuk riset kata kunci dengan gratis dan cukup memiliki fitur yang dibutuhkan untuk melihat kompetisi kata kunci tersebut dan siapa saja kompetitor blog sobat nanti yaitu Keyword Revealer. Silahkan menuju ke websitenya di www.keywordrevealer.com.

Cara Menggunakan Keyword Revealer


Bagaimana cara menggunakan alat gratis ini?
Menggunakan alat ini sangat mudah. Setelah menuju ke website Keyword Revealer, sobat terlebih dahulu harus mendaftar agar dapat menggunakan alat ini. Pendaftarannya cukup mudah kok hanya menggunakan email lalu isi username dan password.

Misalkan sobat ingin membuat blog atau artikel yang berhubungan dengan smartphone Samsung dan harganya. Maka langkah selanjutnya yaitu :

1. Masukkan Kata Kunci

Misalkan ingin meriset kata kunci "samsung", maka masukkan kata kunci tersebut ke http://www.keywordrevealer.com/keyword_tool.php. Lalu setelah itu pilih lokasi pencarian, apakah di Indonesia atau negara lain. Setelah itu tekan "submit". Tunggu hingga selesai.

Screenshot 1 KR Gunakan Alat Gratis Ini untuk Riset Kata Kunci

Jika sobat ingin meriset kata kunci yang banyak sekaligus, Keyword Revealer juga bisa diandalkan. Sobat dapat mengklik Import Keywords lalu paste semua kata kunci yang ingin diriset. Seterusnya caranya sama dengan yang satu kata kunci tadi.

2. Pilih Kata Kunci

Pilihlah kata kunci berdasarkan jumlah pencarian dan tingkat kesulitannya. Bagi sobat yang masih pemula dalam hal SEO maka bisa mengambil kata kunci dengan jumlah pencarian antara 1000-5000 dan tingkat kesulitannya dibawah 25. Cari kata kunci berdasarkan jumlah pencarian dengan menggunakan fitur "filter options" agar lebih mudah. Cara menentukan tingkat kesulitan dibahas di poin 3.

Screenshot 2 KR Gunakan Alat Gratis Ini untuk Riset Kata Kunci

Setelah berhasil menaklukkan kata kunci tersebut, sobat dapat mengambil kata kunci yang lebih tinggi jumlah pencariannya dengan tingkat kesulitan rendah atau medium. Jika sobat tertantang, bolehlah mengambil kata kunci dengan tingkat kesulitan tinggi.

3. Cek Tingkat Persaingan dan Kompetitor

Bagaimana mengetahui tingkat kesulitan kata kunci tersebut?
Pada kolom "Keyword Difficulty", tekan "Evaluate" pada kata kunci yang ingin diketahui tingkat kesulitan dan kompetitornya. Misalkan kata kunci "samsung" kita cek dan inilah hasilnya. Semakin tinggi nilai "Keyword Difficulty" maka semakin tinggi tingkat kesulitan dan persaingan kata kunci tersebut.

Screenshot 3 KR Gunakan Alat Gratis Ini untuk Riset Kata Kunci

Berdasarkan hasil diatas, kata kunci "samsung" memiliki tingkat kesulitan 66 yang artinya persaingan sangat ketat dalam menuju halaman 1 Google. Hasil tersebut juga menunjukkan 10 website kompetitor yang berada di halaman 1 dengan berbagai keterangan seperti domain authority, jumlah backlink, pagerank, dan lainnya. Hal ini berguna dalam menentukan strategi SEO blog sobat.

Ok sobat, itulah cara sederhana menggunakan alat gratis riset kata kunci Keyword Revealer. Selain Google Keyword Planner, sobat dapat juga menggunakan alat ini untuk meriset kata kunci sehingga dapat mengoptimalkan blog sobat menjadi lebih banyak pengunjung.

~~~

Artikel ini ditulis oleh Fadli Firmansyah, Freelance Copywriter untuk website www.screenprinter.co.id. Follow akun twitterku @fadfir.

Tidak ada komentar: