Rabu, 16 April 2014

isnuansa dot com: Hassle Free Roll-up Cake a la Me

isnuansa dot com: Hassle Free Roll-up Cake a la Me


Hassle Free Roll-up Cake a la Me

Posted: 16 Apr 2014 05:32 AM PDT

Sudah pernah maen ke pasar kue subuh di Blok M? Saya sudah, dan pulang-pulang langsung kalap nenteng kue-kue dua plastik besar. Dibagiin sih ke sodara. Yakali habis dimakan sendiri, bisa meletus deh tuh perut.

Buat yang pengen ngemil tapi nggak mau ribet, udah cocok banget kalo maen-maen ke pasar kue subuh. Tinggal maen tunjuk-tunjuk doang, dan bawa pulang makanan idaman. Tapi apa bahan-bahan yang dipakai buat kuenya berkualitas dan menyehatkan? Kalau concern soal kesehatan, ya ada baiknya sih bikin sendiri.

Kayak saya yang lagi nyobain bikin salah satu kue tradisional jajanan pasar Indonesia ini. Namanya dadar gulung, tapi saya pengen yang sedikit praktis cara bikinnya.

Seperti biasa, gunakan Olive Oil ya. 3 sendok makan untuk satu adonan kulit dadar gulung. Kulitnya super lembut, karena saya nggak pakai air, tapi saya ganti dengan susu dan santan. Yummy! Pas percobaan pertama, saya gagal bikin dadarnya, karena itu adonan mudah banget sobek saat mau diambil dari wajan. Saking lembutnya gitu kali ya. Pantang menyerah, saya coba menambahkan telur, dan berhasil. Yeay!

Memang ya, kalau nyobain satu resep itu kayaknya nggak bisa sekali bikin langsung berhasil. Karena saya memodifikasi dari beberapa resep dadar gulung yang sudah ada. Untuk kulitnya, bisa juga sih, pakai air dan telur doang, itu juga sudah enak kok hasilnya.

Dadar Gulung Anti Ribet Dengan Olive Oil
• Prep time: 10 min
• Cook time: 30 min
• Total time: 40 min
• Yield: 15
• Difficulty: easy
• Recipe type: Snack

Ingredients:
• Tepung terigu protein sedang 200 gram
• Telur 1 butir
• Susu cair 200 ml
• Santan 200 ml
• Garam 1/4 sdt
• Pewarna makanan hijau
• Olive Oil 3 sdm
• Kelapa parut 1/2 butir
• Kacang goreng yang dicincang kasar 50 g
• Gula merah 50 g
• Gula pasir 2 sdm

Dadar%2520Gulung Hassle Free Roll up Cake a la Me

Directions:
1. Untuk membuat kulit dadar, campurkan tepung terigu, telur dan garam, lalu tuang sedikit demi sedikit susu dan santan sampai adonan tercampur rata. Tambahkan pewarna hijau dan Olive Oil. Buat dadar satu per satu di wajan anti lengket.
2. Untuk isian, saya pakai cara anti ribet, dengan mencampurkan semua bahan (kelapa parut, kacang cincang, gula merah dan gula pasir) di dalam wadah, kemudian mengukusnya berbarengan dengan menanak nasi. Nasi mateng, isian untuk dadar gulung mateng.
3. Ambil kulit dadar, isi dengan 2 sendok makan adonan isian, kemudian lipat.
4. Sajikan untuk keluarga tercinta.

Tidak ada komentar: