Minggu, 09 September 2012

Jimmy Sun

Jimmy Sun

Link to Jimmy Sun

TP-Link MR3020: Bangun Sendiri Wi-Fi yang Terkoneksi ke Jaringan 3G / EVDO di Rumah Anda

Posted: 08 Sep 2012 09:00 PM PDT

Sejak pakai Samsung Galaxy Tab 8.9, ada 1 kesulitan yang saya alami. Karena Tab saya ini tidak ada fasilitas 3G nya, hanya ada Wi-Fi, maka saya tidak bisa connect ke internet dari tablet tersebut di rumah, karena di rumah saya tidak ada Wi-Fi-nya. Saya di rumah internetan pakai komputer dengan modem EC1260-2 menggunakan Flexi EVDO.

Karena itu saya lalu mencari sebuah alat seperti modem ADSL yang bisa memancarkan sinyal Wi-Fi (seperti modem speedy dari Telkom), tapi untuk koneksi internetnya menggunakan modem milik saya (EVDO). Setelah mencari di Google dengan kata kunci “wifi modem evdo”, saya ketemu dengan produk dari TP-Link ini: TP-Link TL-MR3020.

Produk ini merupakan Portable 3G / 3.75G Wireless N Router. Walaupun disebutnya hanya 3G / 3.75G, tapi dia bisa juga connect ke internet dengan EVDO, yang penting modemnya dapat terdeteksi. Bila modem Anda ternyata tidak kompatibel dengan alat ini, Anda bisa kontak ke Tp-Link untuk menanyakan apakah modem tersebut sudah di-support sekarang, dan kalau sudah, Anda bisa minta update firmware-nya. Untuk melihat daftar kompatibilitas modem, silakan klik: Daftar Kompatibilitas Modem USB 3G/3.75G (TL-MR3020).

TP-Link TL-MR 3020

TP-Link TL-MR 3020

Seperti yang dapat Anda lihat di atas, alat ini ukurannya kecil, sehingga mudah untuk dibawa ke mana-mana. Cara penggunaannya pun sangat mudah, tinggal colok ke sumber listrik pakai adaptor atau via USB komputer / laptop, lalu colok modem 3G / EVDO ke alat ini melalui port USB, dan otomatis langsung terhubung ke internet! Tentu untuk awalnya harus di-setting dulu ya :) Oh ya, kalau Anda lihat gambar di atas kan modemnya modem SmartFren, tapi modem itu saya dapatkan sudah unlock jadi bisa saya pakai operator lain (Flexi).

Tidak perlu khawatir, cara setting-nya mudah koq, sudah ada panduannya. Pertama kali Anda nyalakan alat ini, dia sudah langsung memancarkan sinyal wi-fi. Anda tinggal nyalakan wi-fi di komputer / tablet atau apapun yang ada wi-fi-nya, connect ke TP-Link TL-MR3020 ini, lalu buka browser, akses http://192.168.0.254, lalu masukkan username “admin” dan password juga “admin” (keduanya tanpa tanda kutip ya :D ), dan Anda bisa langsung setting semua yang diperlukan, mulai dari username dan password untuk connect ke internet (bila diminta oleh ISP Anda), password jaringan wi-fi Anda supaya tidak sembarang orang bisa ikut internetan gratis dan menghabiskan bandwidth Anda :shame: , dan juga password untuk masuk ke admin area alat ini.

Secara keseluruhan, TP-Link TL-MR3020 ini merupakan alat yang sangat berguna bagi Anda yang mau membuat jaringan wi-fi sendiri, yang terhubung ke internet melalui jaringan 3G ataupun EVDO menggunakan modem USB. Bentuknya yang kecil dan ringan membuatnya mudah dibawa bersamaan dengan modem dan masuk ke dalam tas. Menurut saya hanya satu kekurangannya, yaitu tidak ada baterai internal, sehingga harus selalu ada sumber listrik supaya alat ini bisa bekerja. Tapi itu bukan masalah besar, terutama untuk saya yang banyak menggunakannya di rumah. Kalau tidak salah ada model lain yang ada baterainya, tapi saya lupa tipenya :embarassed:

Nah, sekarang, dengan device apa pun, selama ada fasilitas wi-fi, terhubung ke internet sudah bukan masalah lagi :thumb2:

TP-Link MR3020: Bangun Sendiri Wi-Fi yang Terkoneksi ke Jaringan 3G / EVDO di Rumah Anda


Tidak ada komentar: