Jumat, 24 Juni 2016

Jimmy Sun

Jimmy Sun

Link to Jimmy Sun

WhatsApp Web – Cara Mudah WhatsApp di Komputer

Posted: 23 Jun 2016 07:36 PM PDT

Banyak yang sudah tahu, tapi banyak juga ternyata yang belum tahu cara paling mudah buat chating via WhatsApp di komputer, termasuk saya yang belum lama tahu 🙂 . Oh, dan cara ini tidak menggunakan simulator Android di komputer yang kadang suka lemot dan susah instalasinya, tapi menggunakan fasilitas dari WhatsApp sendiri yaitu WhatsApp web yang bisa digunakan juga oleh pengguna iPhone, BlackBerry, Windows Phone. Kenapa juga harus WhatsApp-an di komputer? Tentu saja supaya lebih cepat dan mudah karena bisa ngetik di keyboard komputer daripada ngetik di keyboard handphone.

Langsung saja ya.. begini langkah-langkahnya:

  1. Pastikan handphone Anda online.
  2. Buka WhatsApp di handphone.
  3. Klik menu di kanan atas (yang ada tanda 3 buah titik). Lalu pilih WhatsApp Web seperti gambar di bawah:
    whatsapp in computer
  4. Lalu akan muncul tampilan seperti ini:
    whatsapp web
    Di sini WhatsApp membuka camera handphone Anda untuk scan QR code yang ada di langkah selanjutnya.
  5. Buka web browser dan masuk ke https://web.whatsapp.com dan akan muncul QR code, seperti ini:
    how to chat whatsapp on computer
  6. Scan QR code tersebut pakai handphone Anda yang sudah terbuka di langkah nomor 4.
  7. And the magic happens! Web page WhatsApp web tadi akan berubah menjadi tampilan WhatsApp seperti di handphone dan Anda sudah bisa langsung chatting via komputer. Selesai!

 
Ingat, handphone Anda harus selalu online ya, kalau handphone terputus koneksinya, maka WhatsApp web ini juga jadi offline.

Nah, ada keuntungan lain menggunakan WhatsApp web ini selain mengetik jadi lebih cepat dan mudah. Kalau Anda punya lebih dari 1 nomor yang digunakan untuk chatting di WhatsApp, Anda bisa menggunakan WhatsApp web untuk setiap nomor. Caranya mudah, hanya dengan menggunakan browser yang berbeda. Misalnya Anda punya 3 nomor, handphone nomor 1 Anda pakai di Chrome, handphone nomor 2 Anda pakai di Firefox, handphone nomor 3 Anda pakai di Internet Explorer, dan seterusnya..

Dan lagi, kalau menggunakan simulator Android, maka WhatsApp di handphone Anda akan ter-logout karena simulator Android dianggap sebagai handphone baru. Tapi dengan WhatsApp web, WhatsApp yang ada di handphone tidak akan tergaggu sama sekali.

PENTING!

  • Ketika Anda menggunakan komputer umum, jangan lupa untuk meng-uncheck “Keep me signed in” ketika Anda membuka page https://web.whatsapp.com (lihat gambar langkah nomor 5 di atas). Jika tidak di-uncheck maka setiap orang yang buka web browser tadi dan buka https://web.whatsapp.com akan langsung terkoneksi ke WhatsApp Anda dan bisa menggunakannya.
  • Kalau sudah terlanjur masuk dan checkbox “Keep me signed in” tadi belum di-uncheck, tidak perlu khawatir, sesudah selesai menggunakan WhatsApp web, lakukan lagi langkah nomor 3 di atas, dan akan muncul tampilan seperti ini:
    whatsapp web
    Lalu pilih Log out of all computers. Aman.. sekarang kalau ada yang buka https://web.whatsapp.com di browser tadi akan disuguhi QR code yang baru lagi dan tidak akan bisa akses WhatsApp Anda.

 
Saya selalu menggunakan ini ketika sedang di depan komputer dan perlu chat via WhatsApp. Karena komputer sendiri, saya check “Keep me signed in” supaya tidak perlu scan QR code lagi dan lagi. WhatsApp web ini juga sangat berguna buat para pelaku toko online / customer service yang banyak menerima order atau pertanyaan via WhatsApp. Gampang dan berguna sekali kan? 😀

WhatsApp Web – Cara Mudah WhatsApp di Komputer

Tidak ada komentar: