Jumat, 17 Juni 2016

Jimmy Sun

Jimmy Sun

Link to Jimmy Sun

Rating yang Menyesatkan di Google Play

Posted: 17 Jun 2016 06:36 AM PDT

Saya senang mencoba-coba aplikasi dan game baru yang kelihatannya menarik, baik di komputer maupun di handphone (dalam hal ini Android, karena saya pakai handheld Android 🙂 ). Tapi belakangan di komputer sudah agak jarang, lebih banyak di handphone karena praktis dan mudah. Nah, sebelum men-download aplikasi yang ingin dicoba, saya selalu melihat dulu rating yang diberikan user lain untuk aplikasi tersebut. Kalau rating di Google Play di bawah 4, biasanya saya agak malas untuk coba. Rating 4 sampai 4.3, saya pikir-pikir tapi kemungkinan besar akan download. Rating di atas 4.3 biasanya saya tidak pikir lagi, langsung download saja. Review tetap dibaca dulu tentunya, tapi kalau rating sudah di atas 4.3 biasanya reviewnya positif.

Tapi ternyata rating di Google Play tidak bisa dipercaya sepenuhnya. Sama seperti di Amazon dimana banyak rating dan review positif yang ternyata bohongan, di Google Play juga ada rating bohongan. Contohnya bisa dilihat di screenshot ini:

google play rating

misleading google play rating

false google play rating

google play rating fake

Aplikasi tersebut bernama Dreamsday Countdown, yang fungsinya untuk menghitung dan menampilkan jumlah hari sampai ke tanggal yang kita tentukan. Saya memang sedang mencari aplikasi untuk countdown ini, dan ketika browsing di Google Play, mata saya langsung tertuju ke aplikasi ini karena.. wow.. ratingnya 4.8!

Tapi seperti mimpi di siang bolong saja.. setelah baca sedikit reviewnya, ternyata aplikasi ini meminta para user-nya untuk memberikan rating 5 bintang untuk bisa mendapatkan item tambahan di dalam aplikasi tersebut secara gratis. Seperti bisa dilihat di screenshot di atas, kebanyakan dari mereka sebetulnya tidak mau memberi rating 5 bintang, tapi di bawah itu, mungkin 3. Mereka tetap memberikan rating 5 supaya mendapatkan gratisan.

Ah.. ternyata ini rating bohongan kalau begini. Gak jadi download deh 🙂 Mulai sekarang, saya tidak akan langsung percaya saja kalau ada aplikasi yang ratingnya tinggi. Tetap harus teliti. Jangan sampai install aplikasi hanya karena ratingnya bagus karena kalau ternyata aplikasinya jelek dan tidak berguna: rugi waktu, rugi bandwidth, dan bisa-bisa ada malware atau lainnya yang bisa merugikan.

Saya kurang tahu kalau hal yang sama bisa terjadi juga di AppStore-nya Apple. Pokoknya di mana pun juga, jangan hanya lihat rating yang bagus saja. Hati-hati!

Rating yang Menyesatkan di Google Play

Tidak ada komentar: