Minggu, 31 Januari 2016

isnuansa dot com: Mengenal Sekolah Favorit Untuk si Kecil di Sun Life Edufair

isnuansa dot com: Mengenal Sekolah Favorit Untuk si Kecil di Sun Life Edufair


Mengenal Sekolah Favorit Untuk si Kecil di Sun Life Edufair

Posted: 30 Jan 2016 09:31 PM PST

Sebagai emak-emak yang punya anak seumuran Diana, pastinya saya udah harus mulai banyak nyari info soal sekolah favorit buat si Kecil. Diskusi-diskusi sama suami sih udah, kalau ada artikel bagus di berbagai situs yang membahas soal pendidikan anak usia dini. Pencarian tentang sekolah ini juga udah mulai intensif dilakukan, tapi memang masih sebatas merangkum berbagai informasi sebanyak mungkin.

Begitu saya tahu melalui social media, teman-teman banyak yang share akan ada event Sun Life Edufair 2016 di Senayan City, saya dan suami langsung sepakat buat hadir. Di pameran kayak gini kan pasti nggak hanya satu atau dua sekolahan yang bakal ngisi, jadi cari informasi bakalan lebih efektif, nggak perlu keliling-keliling ke sekolah-sekolah tersebut, cukup di satu tempat saja.

Begitu sampai di Sun Life Edufair 2016, Diana langsung tertarik dengan Bricks4Kidz. Nggak mau pindah dari situ. Memang sekarung Lego yang bisa dimainin, membuat tenang Diana duduk manis anteng nggak ke mana-mana. Bricks4Kidz ini bagus juga buat kegiatan anak pra sekolah untuk mengenalkan berhitung, bentuk, warna, dan melatih motorik anak menggunakan Duplo.

Dari Bricks4Kidz, Diana minta mewarnai dan membuat gelang. Sun Life Edufair memang jago nyiapin event yang melibatkan orang tua dan anak. Jadi orang tua bisa keliling cari informasi tentang sekolah, sedangkan anak bisa anteng bermain tanpa kita perlu khawatir, karena di setiap booth ada pendampingnya masing-masing.

Selesai membuat gelang, Diana langsung terpukau dengan penampilan @CapoeiraJakarta. Gerakan yang atraktif dari kakak-kakak di atas panggung, membuat tak berkedip dan bertepuk tangan saat mereka selesai. Capoeira, seni bela dari Brazil ini cocok diikuti oleh anak-anak mulai usia 4 tahun. Dan saat saya tanya apakah Diana mau belajar Capoeira, Diana mengangguk mantap, “Iya, Mama.”

Saya juga ajak Diana ke booth HighScope Indonesia, yang sepertinya program Early Childhood-nya menarik. Diana betah banget main puzzle dan magnet di situ. Philosophy dalam belajarnya meliputi active learning, adult-child interaction, learning environment, daily routine dan assessment.

Trus, gimana soal biaya pendidikan anak?

Nah, ini sih sebenernya yang utama disiapkan para orang tua untuk pendidikan terbaik anaknya. Nggak bisa kan pakai pemikiran, ah, sekolahnya masih jauh, dipikirin nanti aja. Lhah, biaya pendidikan anak itu kan kenaikannya lumayan juga tiap tahunnya. Saya baca rata-rata sekitar 10% setiap tahunnya. Dan pendidikan terbaik buat anak ini adalah salah satu pondasi utama bekal kesuksesan anak di masa datang, kan?

Saya berusaha menyiapkan dana buat pendidikan anak sedini mungkin. Buat pendidikan tinggi dan kuliahnya nanti dari sekarang sudah ada investasi di pasar modal. Ya, walaupun masih kecil, tetapi sudah konsisten setiap bulan diisi rekeningnya. Rekening ini khusus ya, biar nggak tercampur dengan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Kenapa harus investasi? Karena investasi dan asuransi yang masuk dalam jenis simpanan jangka panjang adalah cara yang terbaik dalam mengelola dana sekolah anak.

Satu yang jelas saya ajarkan ke anak sejak kecil adalah soal berhemat dan menabung. Jajan dan belanja terus menerus itu nggak masuk dalam kamus harian kami. Menabung juga nggak harus dalam jumlah yang fantastis kok. Cukup sediakan aja celengan dengan gambar kesukaan anak, dan kasih tahu caranya memasukkan uang yang dimiliki ke dalamnya, anak akan dengan senang hati menabung setelah diajarkan kalau tabungannya boleh digunakan untuk membeli barang impiannya setelah penuh.

Nggak sulit kan sebenernya nyiapin biaya sekolah anak nanti? Jadi nggak perlu sakit kepala saat denger nominalnya nanti berapa. Hehehe.

Nah, kalau hari ini belum ada agenda acara, bisalah melipir sebentar ke Senayan City buat ikutan hari terakhir Sun Life Edufair 2016. Di sana akan ada berbagai macam stand sekolah favorit untuk si Kecil, tanpa harus repot keliling Jakarta buat cek kuota masih ada berapa. Nggak perlu panik juga buat cari sekolah terbaik.

Akan ada talkshow tentang Mengetahui Bakat dan Minat Anak di jam 14.00 WIB, juga dongeng anak dan berbagai performance dari beragam sekolah. Cuz yok!

The post Mengenal Sekolah Favorit Untuk si Kecil di Sun Life Edufair appeared first on isnuansa.com.

Tidak ada komentar: