Rabu, 03 Juni 2015

isnuansa dot com: Pengalaman Mengajukan Sponsorship Untuk Blog

isnuansa dot com: Pengalaman Mengajukan Sponsorship Untuk Blog


Pengalaman Mengajukan Sponsorship Untuk Blog

Posted: 03 Jun 2015 12:35 PM PDT

 

Sudah dua kali saya berhasil mengajukan sponsorship untuk blog saya. Sekitar awal April 2015 yang lalu, saya mendapatkan 10 tiket masuk Jungleland yang saya bagikan melalui giveaway, dan yang kedua adalah berupa menginap selama dua malam di sebuah hotel berbintang lima, seminggu yang akan datang.

Kedua sponsorship yang saya dapatkan itu adalah untuk blog saya JalanJalanYuk (JJY). Kenapa JJY, bukan blog isnuansa.com ini? Karena memang blognya lebih spesifik ya, jadi saya juga nggak bingung mau minta dan ngasih apa. Kalau blog saya yang ini, malah belom kepikiran menjalin kerjasama dengan siapa. Selama ini, ajakan kerjasama yang masuk ke blog pribadi juga sudah lumayan banyak, bisa-bisa semua advertorial jadinya kalau saya masih ngajuin sponsorship untuk isnuansa.com.

Oiya, terima kasih buat Mak Winda yang sudah menuliskan tip-tipnya buat mendapatkan sponsorship untuk blog. Saya makin PD buat ngajuin kerjasama yang kedua.

Pengalaman pertama mengajukan kerjasama dengan Jungleland dulu, hampir sama dengan apa yang ditulis oleh Mak Winda di blogpostnya. Saya sudah kenal duluan dengan salah satu social media specialist Jungleland saat mereka meminta saya menjadi buzzernya beberapa tahun lalu. Jadi CP-nya sudah ada duluan.

Saat mengajukan proposal ke pihak Jungleland, saya sama sekali belum tahu cara mengajukan sponsorship untuk blog sebelumnya. Pokoknya modal nekat aja kirim emailnya. Kenapa saya bilang nekat? Saya telusuri referensinya di Google ya nggak nemu tuh, bentuk contoh proposalnya seperti apa. Ya sudah bikin sendiri aja.

Proposal permohonan sponsorship ke Jungleland akhirnya berhasil saya buat dalam 3 halaman. Yap! Saya pikir saya nggak perlu kebanyakan nulis berpanjang-panjang. Cukup intinya saja, apa yang saya minta, apa yang bisa saja berikan, dan teknisnya bagaimana. Udah. Itu doang.

Alhamdulillah langsung mendapatkan respon positif tanpa harus kelamaan deg-degan nunggu hasilnya.

Pengalaman ngajuin proposal yang kedua, agak sedikit berbeda. Saya mencoba mengajukan kerjasama dengan hotel. Saya minta nginep gratis, nanti saya review. Udah intinya gitu doang sih. Saya coba cari targetnya. Kebetulan ada satu CP social media manager salah satu hotel. Ternyata email saya sampai saat ini belum mendapatkan respon.

Nggak patah semangat dong. Saya penasaran.

Lalu saya coba lagi. Kali ini justru saya nggak punya contact person. Tapi saya sudah punya target kota tujuan traveling. Saya buka Agoda. Ada hotel apa saja di kota tersebut? Muncul hasilnya, dan saya cari kontaknya. Mungkin kayak gitu yang disebut jodoh ya. Email saya kepada orang yang belum saya kenal sebelumnya malah bersambut positif.

(Sttt, mohon maaf, setelah postingan ini saya juga sama dengan Winda ya, tidak melayani shortcut yang bertanya CP langsung.)

Proposal Kerjasama Sponsorship Blog

Ini saya lampirkan screenshot email saya aja saat mengajukan sponsorship untuk blog. Gaya saya ya begitu itu. Bahasanya nggak resmi dan kaku. Dan nggak ewer-ewer kebanyakan basa-basi. Surat permohonan kerjasama yang terlampir di email tersebut juga cuma 1 halaman A4 (dalam bentuk pdf)!

Satu halaman tersebut sudah bisa menjelaskan secara singkat siapa saya, gambaran singkat blog yang saya kelola (termasuk statistiknya), apa yang saya minta dan apa yang akan saya berikan. Yap! Saya pikir statistik itulah yang mengantarkan saya pada keberhasilan mengajukan sponsorship yang kedua ini.

Memang ya, pengalaman saya baru seupil doang soal ngajuin sponsorship ke brand buat blog. Malu juga nih yang beginian aja ditulis. Padahal banyak banget yang sudah berhasil ngajuin sponsorship buat event-event gede dan berhasil.

Tapi meskipun baru seupil, semoga tulisan ini berguna ya buat teman-teman blogger yang memang berniat mencari sponsorship. Ternyata sebagai blogger kita juga bisa secara aktif mengajak brand bekerjasama. Nggak cuma nunggu ajakan doang, seperti saya selama ini.

Gutlak ya teman-teman yang mau nyari sponsor! 😉

The post Pengalaman Mengajukan Sponsorship Untuk Blog appeared first on isnuansa.com.

Tidak ada komentar: