Senin, 01 Juni 2015

isnuansa dot com: DANCOW EXCELNUTRI+ Perlindungan si Kecil Agar Berani Bereksplorasi

isnuansa dot com: DANCOW EXCELNUTRI+ Perlindungan si Kecil Agar Berani Bereksplorasi


DANCOW EXCELNUTRI+ Perlindungan si Kecil Agar Berani Bereksplorasi

Posted: 01 Jun 2015 08:22 AM PDT

Makanan terbaik bayi sejak lahir hingga 6 bulan hanyalah ASI saja. Kalau yang ini rasanya hampir semua bunda sudah tahu ya.

Tapi seberapa banyak dari Bunda yang sudah mengetahui, bahwa periode emas 1.000 hari pertama bagi bayi itu bukan dimulai sejak dilahirkan, melainkan sejak pra-konsepsi?

Sebelum hamil, kita juga sudah harus mempersiapkannya dengan mengasup makanan yang bergizi dan cukup nutrisi. Nutrisi ini akan membentuk fisik yang sehat.

Fisik anak yang sehat ini ditandai dengan tinggi dan berat badan yang cukup. Perawakan yang baik itu ibarat gadget dengan hardware yang canggih. Tapi semua itu juga harus didukung dengan software yang mumpuni bukan, untuk menjalankannya?

DANCOW EXCELNUTRI+

Dr. dr. Ali Sungkar, Sp.OG(K) menyebutkan, bahwa sangat penting ibu yang akan hamil tidak memiliki masalah malnutrisi. Ibu yang mengalami malnutrisi saat hamil, berisiko melahirkan anak yang kelak saat dewasa menjadi seorang yang pendek (stunting).

Efek jangka panjangnya, anak bisa kehilangan imunitas, kemampuan kognitif dan edukasionalnya tidak maksimal, dan yang terparah bisa rentan menderita berbagai macam penyakit kronis seperti diabetes, jantung dan stroke.

Apa saja nutrisi yang penting bagi ibu hamil? Pada trimester pertama, karena pembelahan sel terjadi sangat cepat, perkembangan organ dan perlu antisipasi kebutuhan perkembangan bayi, maka makanan yang tepat adalah yang mengandung protein, asam folat, vitamin B12 dan zink.

Di trimester kedua, terjadi 90% pertumbuhan janin, sehingga diperlukan asupan DHA untuk ibu hamil dalam jumlah yang cukup.

Bunda juga sudah tahu bukan, jika pada 1.000 hari pertama, otak anak sudah mencapai 80% pertumbuhannya dari otak dewasanya?

Agar tumbuh optimal, selain nutrisi yang membentuk fisiknya (biologis), juga penting bagi si Kecil mendapatkan stimulasi yang tepat dan kasih sayang.


 

Dr. dr. Soedjatmiko, Sp.A(K), Msi menjelaskan stimulasi diberikan kepada semua indera seperti pendengaran, penglihatan, sentuhan, membau, mengecap, gerakan kasar dan halus, komunikasi, emosi-sosial, kemandirian, berpikir dan berkreasi.

Stimulasi dilakukan dalam suasana yang menyenangkan ya. Bunda harus peka terhadap isyarat dan keinginan anak. Lebih baik memberi contoh tanpa memaksa, menciptakan rasa aman dan nyaman, juga memberi contoh yang baik dan benar, karena akan diingat dan ditiru oleh si Kecil.

dr. Vinka Desria menjelaskan ada 3 indikator penting yang bisa kita lihat dalam 1.000 hari pertama si Kecil:

1. Sistem daya tahan tubuh. Si Kecil masih rentan daya tahan tubuhnya hingga 2 tahun pertama. 80% sistem daya tahan tubuh ini ditentukan oleh saluran cerna di mana di sana terdapat kolonisasi bakteri yang membantu pematangannya.

2. Perkembangan otak. Di atas usia 2 tahun, perkembangan otak akan sangat lambat. Sudah 80% berat otak dewasanya terbentuk di usia 2 tahun!

3. Pertumbuhan. Di usia 1 tahun, berat badan si Kecil sudah 3x lipat berat lahirnya, lho! Dan usia 2 tahun, tinggi badan si Kecil sudah 50% tinggi dewasanya. Owh, wow! (Diana 2 tahun udah 85cm dan sekarang belom 3 tahun sudah 1 meter kurang dikiiit tingginya. Berarti bisa jadi peragawati dong nanti, hahaha.)

dra. Ratih Ibrahim, M.M., Psi menjelaskan, bahwa selain kesiapan fisik (healthy-ready dan nutrition-ready), persiapan lainnya menjadi orang tua adalah perlu emotional-ready, financial-ready, education-ready dan lifestyle-ready.

Anak harus dilatih disiplin dan mandiri ya, tidak hanya digendong dan dikekepin terus. Anak juga harus diajarkan untuk merasakan jatuh dan gagal.


 

DANCOW EXCELNUTRI+ menghadirkan Ranch Adventure di Kota Kasablanka 30-31 Mei 2015 kemarin. DANCOW EXCELNUTRI+ memberi kesempatan kepada si Kecil bersama dengan Bunda untuk mengenal lebih dekat dengan alam.

Kapan lagi cobak, bisa jalan-jalan di dalem mall yang adem, tapi bisa tetep ngasih makan domba, kelinci, foto dengan kuda poni, memerah susu sapi, memancing ikan hingga belajar menanam pohon?

Udah? Gitu doang? Ya enggak lah. Si Kecil juga bisa bermain di labirin, mencari jalan keluar. Bunda bisa konsultasi dengan ahli nutrisi dan psikolog seputar tumbuh kembang si Kecil. Bunda dan si Kecil juga bisa foto bersama di photo booth. Ada juga puzzle area. Pokoknya dijamin dapet banyak stimulasi deh dalam sehari kunjungan ke Ranch Adventure.

Di Ranch Adventure ini pengunjung juga bisa beli DANCOW EXCELNUTRI+ yang merupakan inovasi terbaru dari Nestle Research Centre. Formulanya sudah disempurnakan dan mengandung keunggulan nutrisi untuk perlindungan, perkembangan otak dan perlindungan fisik. DANCOW EXCELNUTRI+ ada 3 varian, 1+ untuk si Kecil yang berusia 1-3 tahun, 3+ untuk si Kecil yang berusia 3-5 tahun dan 5+ untuk si Kecil yang berusia 5-12 tahun. Lebih lengkap bisa dibaca informasinya di Website Dancow Parenting Center, follow twitternya di @DancowCenter dan like Facebook Fanpage.

Video Bakteri Baik Vs Bakteri Jahat #DANCOWLindungi

Apa saja sih, sebenernya penyakit yang sering menghampiri si Kecil? Daya tahan tubuh si Kecil itu sebagian besar tergantung dari kesehatan saluran cerna. Dari saluran cerna yang bermasalah, bisa timbul berbagai macam penyakit seperti diare, demam, batuk pilek dan alergi.

Ada bakteri baik dan bakteri jahat di dalam saluran cerna. Bakteri baik bahu-membahu melawan bakteri jahat. Sayang seringkali jumlah bakteri baik dan jahat tidak seimbang. Saat bakteri jahat lebih banyak jumlahnya di dalam saluran cerna, saat itulah si Kecil bisa jatuh sakit.

Tambahan bakteri baik bisa membantu memberikan perlindungan bagi saluran cerna si Kecil. DANCOW EXCELNUTRI+ mengandung Lactobacillus rhamnosus, Bifidobacterium longum dan serat pangan inulin. Dalam segelas susu, bisa dihasilkan triliunan bakteri baik, lho!

Jika saluran cerna si Kecil terlindungi, si Kecil pasti makin berani bereksplorasi.

The post DANCOW EXCELNUTRI+ Perlindungan si Kecil Agar Berani Bereksplorasi appeared first on isnuansa.com.

Tidak ada komentar: